BerbagiSolusi.com – Kulit berminyak adalah jenis kulit yang sangat mudah untuk mengeluarkan minyak, selain itu kulit wajah yang berminyak akan mudah kusam dan berkomedo serta berjerawat. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak di pori-pori wajah yang menumpuk menimbulkan komedo dan jerawat. Komedo merupakan salah satu masalah yang bisa dialami anda yang memiliki wajah berminyak. Walaupun kecil, komedo cukup mengganggu penampilan dan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri anda.

Bagi para wanita, tentu saja ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan tanpa jerawat.  Untuk anda yang memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat ada perawatan secara alami yang bisa anda coba di rumah, yaitu dengan cara membuat masker dari bahan alami yang berkhasiat untuk mencegah kulit berminyak dan menghilangkan komedo.

Masker Alami untuk Komedo dan Kulit Berminyak.

Berikut beberapa macam masker yang bisa anda gunakan, antara lain :

masker nabati untuk kulit berminyak dan komedo

Masker Mentimun

Selama ini ketimun hanya dianggap sebagai lalapan untuk makanan. Tetapi ternyata ketimun yang bisa dijadikan sebagai masker yang berkhasiat mengurangi produksi minyak di wajah anda. Ketimun mengandung zat astringent yang bisa digunakan untuk mengurangi minyak di wajah.

Baca lebih lanjut mengenai masker mentimun pada artikel sebelumnya: Cara Membuat Masker Mentimun.

Masker baking soda

Baking soda dapat membantu anda dalam membersihkan wajah dari kotoran maupun sel-sel kulit mati. Baking soda juga sering dipakai untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat. Cara membuat masker ini cukup mudah, anda cukup mencampurkan baking soda dengan air dan oleskan ke area yang bermasalah dan pijat secara perlahan lalu bilas dengan air hangat.

Masker madu

Madu sangat baik untuk digunakan dalam merawat wajah berminyak dan berkomedo, selain dapat melembabkan kulit madu juga sekaligus dapat mengencangkan pori-pori sehingga komedo tidak mudah kembali.  Anda juga bisa menggunakan madu sebagai scrub untuk wajah dengan cara mencampurnya dengan gula.

Masker tomat

Kandungan antiseptik pada buah tomat dapat membantu anda dalam mengatasi komedo dan membersihkan pori kulit. Caranya iris dan lembutkan tomat, lalu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo sebelum anda istirahat malam. Biarkan semalaman dan bersihkan dengan air bersih keesokan harinya.

Masker teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk kulit wajah anda. Cara membuat masker teh hijau adalah seduh teh hijau selama kurang lebih 1 jam, lalu diamkan air seduhan sampai menjadi hangat kuku dan oleskan air tersebut ke wajah selama 10 menit sampai mengering. Setelah itu basuh dengan air dan keringkan.

Baca selengkapnya tentang khasiat masker teh hijau serta cara membuatnya di sini.

Masker strawberry

Strawberry kaya akan alpha hydroxyl acids atau biasa disebut AHA, yang dapat mengangkat lapisan sel kulit mati diwajah dan mengontrol produksi minyak alami pada wajah anda. Buah strawberry juga memiliki kandungan asam salisilat yang dapat membersihkan pori – pori kulit serta menghilangkan komedo.

Lebih lanjut mengenai khasiat dan manfaat masker stroberi, serta bagaimana cara membuatnya, baca artikel sebelumnya: Khasiat dan Cara Membuat Masker Stroberi.

Tips Lainnya untuk Mengatasi Masalah Kulit Berminyak dan Komedo.

Tidak hanya melakukan perawatan dari luar yang bisa bermanfaat dalam perawatan wajah berkomedo dan berminyak, tetapi perawatan dari dalam juga sangat diperlukan untuk mengatasi wajah yang berkomedo dan berminyak. Untuk Anda yang memiliki wajah yang berminyak dan berjerawat hindarilah memakan gorengan karena akan menambah kadar minyak di wajah anda, serta makanan berlemak sebab lemak akan memicu timbulnya jerawat.

Selain itu kandungan lemak di wajah akan semakin banyak, yang menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat. Perawatan wajah berkomedo dan kulit berminyak membutuhkan cara yang tepat agar tidak berdampak lebih serius. Kulit berminyak ini merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat batu yang sangat berbahaya bagi kulit dan penampilan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website