SHARE

Memiliki wajah yang mulus, halus, lembab, dan sempurna tanpa kerusakan sedikit pun mungkin merupakan hal yang sangat sulit didapatkan, kecuali Anda benar-benar dianugerahi wajah dan kulit yang sempurna 100%. Sulitnya mendapatkan kulit dan wajah yang sempurna itu dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi kulit, seperti faktor hormonal, kotoran, debu yang tak kasat mata, berbagai mikroorganisme, kondisi kesehatan tubuh, dan lain sebagainya.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan upaya untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan indah, karena Anda bisa melakukan perawatan yang bisa memberikan khasiat untuk kesehatan dan keindahan kulit Anda. Anda bisa mengunjungi dokter kulit dan ahli kecantikan, menggunakan berbagai kosmetik dan bahan perawatan kulit yang banyak dijual di pasaran, atau pun melakukan upaya-upaya perawatan alami untuk kulit wajah Anda.

Pada artikel kali ini, BerbagiSolusi.com kembali akan membahas mengenai perawatan alami untuk kulit, yaitu menggunakan buah pala dan susu. Tips perawatan kali ini adalah dengan memanfaatkan buah pala dan susu sebagai masker wajah alami. Disimak, ya!

Khasiat Biji Buah Pala, Madu, dan Susu, untuk kulit.

Pala adalah rempah-rempah yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Anda bisa membelinya di pasar, maupun di supermarket yang menjual aneka bahan nabati, maupun bahan bumbu dan rempah-rempah. Meski lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan bumbu masakan, buah pala juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Khasiat buah pala untuk kulit adalah untuk memudarkan bekas luka, dan melawan kerusakan kulit. Jadi, bagi yang memiliki masalah bekas luka di kulit, seperti bekas luka jerawat maupun luka goresan, tips perawatan kulit dari bahan nabati ini pasti bisa sangat membantu.

biji pala untuk kulit

Sementara, madu bermanfaat untuk mengatasi iritasi, dan menyembuhkan luka. Penambahan madu pada resep masker ini sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya iritasi yang mungkin disebabkan akibat penggunaan buah pala. Alternatif selain penggunaan madu adalah dengan minyak zaitun, karena khasiatnya yang hampir sama.

Setelah pala dan madu, satu lagi bahan yang digunakan pada masker wajah ini adalah susu. Susu berkhasiat untuk melembabkan, mencerahkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati pada lapisan luar kulit. Susu juga dapat mendinginkan kulit, sehingga memberikan rasa nyaman ketika menggunakan masker ini. Alternatif selain susu adalah menggunakan yogurt.

Nah, gabungan ketiga bahan ini membuat masker wajah ini dapat memberikan manfaat yang hebat untuk kulit: mengobati kerusakan kulit, menghilangkan bekas luka, mencerahkan kulit, sekaligus membuat kulit terasa lebih nyaman.

Cara Membuat Masker Alami.

Bahan dan Komposisi

Siapkan bahan-bahan dengan komposisi dan takaran:

  • 2 sendok makan bubuk pala.
    Apabila cuma tersedia biji buah pala, dapat diparut terlebih dahulu hingga berbentuk bubuk.
  • 2 sendok makan madu.
  • 1 sendok makan susu cair murni.

Langkah membuat dan menggunakan masker biji buah pala

Untuk membuat dan menggunakan masker ini cukup mudah:

  1. Campurkan 3 bahan yang sudah disiapkan.
  2. Tekan-tekan campuran ini menggunakan bagian bawah sendok, agar bubuk pala bisa lebih lumat.
  3. Setelah campuran masker sudah siap, balurkan secara merata di wajah yang sudah dibersihkan.
  4. Diamkan selama 10 – 15 menit.
  5. Bilas menggunakan air bersih.
  6. Akhiri dengan menggunakan pelembab favorit Anda.

Lakukan secara rutin beberapa kali dalam seminggu, agar hasil yang dicapai bisa lebih maksimal.

Jangan lupa, bagikan tips mudah membuat masker alami ini dengan teman-teman Anda, karena selain mudah dilakukan khasiatnya juga sangat hebat. Tuliskan pertanyaan, komentar, dan pengalaman Anda seputar masker alami dari buah pala ini, pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here