Pada artikel kali ini BerbagiSolusi.com berbagi beberapa resep pembuatan masker racikan sendiri, yang bisa Anda buat di rumah. Masker wajah yang dibuat ini semua dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda temukan, seperti bengkoang, alpukat, madu, dan mentimun. Khasiatnya juga tegantung dari bahan-bahan yang digunakan. Disimak, yuk!

Masker Bengkoang untuk Memutihkan Kulit

bengkoang untuk masker racikan Bengkoang merupakan bahan yang sangat sering digunakan untuk memutihkan kulit. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara membuat masker bengkoang yang akan dibahas di sini.

Siapkan peralatan membuat masker, antara lain:
Mangkok, botol atau gelas tinggi (ukuran minimal setengah liter), blender (atau parut), dan saringan teh.

Siapkan bengkoang sebanyak 2 umbi yang cukup besar.
Pilihlah umbi bengkoang yang ukurannya cukup besar, karena semakin besar umbi bengkoang biasanya pati bengkoang yang bisa dihasilkan bisa lebih banyak.

Cara Membuat Sendiri Masker Bengkoang di Rumah:

  1. Ambil bengkoang, lalu bersihkan dengan cara disikat sampai sisa-sisa tanah dan kotoran benar-benar hilang dari kulit bengkoang. Kupas bengkoang setelah dibersihkan.
  2. Siapkan blender, lalu blender bengkoang hingga halus. Apabila tidak ada blender, bisa menggunakan alat parut kelapa, lalu parut bengkoang hingga tuntas.
  3. Peras dan saring bengkoang yang sudah diblender/diparut untuk diambil sari bengkoangnya saja.
  4. Simpan sari bengkoang yang sudah tersaring ke dalam wadah tinggi, berupa gelas.
  5. Diamkan sari bengkoang hingga semalam penuh agar didapatkan sari pati bengkoang.
    Tips: simpan di dalam kulkas (jangan simpan di freezer), agar sari bengkoang tidak basi dan berjamur.
  6. Setelah disimpan semalam penuh, sari bengkoang akan berwarna bening pada bagian atasnya, sementara di bagian bawah terdapat endapan. Buang air yang bening secara perlahan, dan sisakan endapannya saja. Endapan inilah yang disebut sari pati bengkoang.

Endapan sari pati bengkoang yang telah didapatkan bisa langsung digunakan atau dioleskan di wajah.

Masker Mentimun untuk Mengecilkan Pori dan Mengencangkan Kulit

mentimun untuk masker wajah Mentimun merupakan buah yang sangat banyak khasiatnya untuk kulit, di antaranya adalah untuk mengecilkan pori sekaligus membuat kulit lebih kencang. Selain itu, masker buah mentimun juga bisa digunakan bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang terasa terbakar akibat terpapar sinar matahari, terutama bagi Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan. Kabar baiknya adalah, Anda bisa membuat sendiri masker mentimun yang hebat ini di rumah.

Cara Membuat Masker Mentimun

Berikut ini beberapa langkah pembuatan masker mentimun di rumah:

  1. Siapkan 1 buah mentimun yang segar dan sehat, cuci bersih, dan kupas kulitnya sampai tuntas.
  2. Cincang buah mentimun tersebut sampai halus dan cairannya mulai keluar. Anda juga dapat menggunakan blender agar lebih cepat, namun biasanya hasilnya terlalu halus.
  3. Tambahkan madu sebagai anti inflamasi.
    Madu bisa berkhasiat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Kulit yang terbuka sangat rentan terjadi peradangan seperti jerawat dan infeksi, sehingga madu sangat baik digunakan untuk mencegah peradangan ini. Tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam mentimun yang sudah dicincang halus, aduk hingga rata.

Setelah langkah di atas selesai, masker mentimun sudah bisa digunakan. Sebaiknya masker mentimun ini diaplikasikan di wajah dengan posisi tubuh berbaring, agar masker tidak jatuh saat diaplikasikan. Gunakan secara merata di seluruh wajah, di sekitar lingkar mata, leher, dan lengan. Diamkan selama 15 – 30 menit, lalu bersihkan menggunakan air dingin.

Lulur Mentimun untuk Menghilangkan Selulit di Paha.

Kali ini bukan masker wajah, melainkan lulur untuk menghilangkan selulit di paha. Cara menghilangkan selulit di paha ternyata cukup mudah, yaitu menggunakan lulur yang dibuat dari mentimun. Cara membuat lulur penghilang selulit juga ternyata sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan mentimun dan madu, seperti langkah yang diuraikan di atas pada pembuatan masker mentimun. Lalu tambahkan setengah gelas bubuk kopi ke dalam campuran mentimun dan madu. Aduk hingga semua campuran menyatu dan rata.

Balurkan campuran yang sudah dibuat ke area yang terdapat selulit, lalu pijat secara perlahan selama 30 menit. Bersihkan sisa-sisa lulur menggunakan air hangat.

Gunakan lulur mentimun penghilang selulit ini secara rutin sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Selulit perlahan akan hilang dan penampilan menjadi semakin menarik.

Masker Alpukat untuk Elastisitas Kulit

masker alpukatIngin memiliki kulit yang elastis, kenyal, dan terasa lembab dan halus? Alpukat bisa membantu mewujudkan keinginan Anda itu. Alpukat merupakan sumber banyak sekali nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E,  dan vitamin K. Selain itu alpukat juga dapat menjadi sumber mineral yang dibutuhkan tubuh dan kulit, antara lain zat besi, potassium, kalsium, sodium, copper, dan magnesium. Hebatnya, alpukat dapat terserap oleh kulit hingga pada lapisan kulit terdalam, dan memberikan nutrisi yang membuat kulit menjadi lebih elastis. Masker alpukat ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit kering sekalipun.

Langkah Membuat Masker Alpukat di Rumah

Untuk membuat sendiri masker alpukat, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1/2 buah alpukat yang cukup matang dan sehat (tidak terdapat bagian yang busuk).
  • 2 sendok makan air panas.
  • 1 sendok teh madu murni.

Cara membuat dan menggunakan masker alpukat ini sebagai berikut:

  1. Hancurkan daging buah alpukat menggunakan sendok atau garpu hingga berbentuk pasta.
  2. Larutkan madu ke dalam air panas, lalu campurkan ke dalam pasta alpukat yang sudah dibuat. Aduk/kocok hingga rata.
  3. Selagi campuran masker alpukat masih hangat, balurkan di kulit wajah menggunakan kuas atau ujung jari. Pijat perlahan agar pori-pori terbuka. Diamkan 10 menit.
  4. Setelah masker didiamkan 10 menit di wajah, basuh menggunakan air hangat.

Gunakan masker alpukat ini secara rutin 3 kali dalam seminggu agar didapatkan hasil yang diinginkan secara maksimal.

Nah, demikianlah beberapa masker dan lulur yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Ternyata, cantik tidak perlu mahal, kan? Tapi kalau Anda tidak mau repot, gunakan saja Masker Wajah Organik – Sari Bengkoang untuk mewujudkan keinginan Anda memiliki kulit putih alami, karena hasilnya sudah banyak dibuktikan oleh para penggunanya. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Selamat melanjutkan aktivitas, dan tetap cantik!

Tuliskan komentar dan pertanyaan Anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah, dan baca pula artikel kecantikan lainnya pada link artikel terkait di bawah tulisan ini.

One thought on “Masker Buah Racikan Sendiri untuk Kulit Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website