SHARE

Resep masker mentimun sebelumnya sudah kita bahas pada artikel resep lengkap membuat masker mentimun. Namun kali ini, kita akan kembali membahas resep hebat membuat masker mentimun untuk mengobati jerawat serta mengatasi masalah kulit berminyak. Disimak, ya!

Membuat masker mentimun untuk obati jerawat dan kulit berminyak sebenarnya cukup mudah dilakukan. Ada 2 bahan alami utama yang bisa Anda gunakan untuk membuat masker ini, yaitu mentimun dan oat. Mentimun dan oat akan menjadi kombinasi hebat untuk melawan berbagai masalah jerawat, serta merawat kulit berminyak Anda. Masker nabati alami ini juga sangat efektif untuk meredakan benjolan dan peradangan jerawat, karena masker alami ini merupakan kombinasi antara astringent dan exfoliant, yang sangat baik untuk kulit.

Masker nabati mentimun dan oat ini sangat baik digunakan setiap hari untuk merawat kulit berminyak, karena kemampuannya dalam membersihkan kulit serta mengurangi jerawat. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak berlebih, nutrisi pada masker ini bekerja mengurangi proses pembentukan minyak dan lemak di bawah lapisan kulit, sehingga juga membantu mengurangi resiko munculnya komedo.

Oat juga dapat berperan sebagai scrub alami yang membantu menghaluskan kulit dan berperan mengikis lapisan kulit mati yang menempel di kulit. Lapisan kulit mati ini harus rutin dibersihkan, karena biasanya terdapat kotoran seperti debu dan partikel kimia, yang apabila tidak rutin dibersihkan dapat menimbulkan noda di kulit. Kurang rutin membersihkan sel kulit mati juga dapat mengakibatkan kulit tampak kusam.

Cara Membuat Masker Mentimun untuk Jerawat dan Kulit Berminyak.

Bahan yang diperlukan.

Untuk membuat masker mentimun khusus jerawat dan tipe kulit berminyak ini, Anda perlu siapkan bahan-bahan berikut:

  • 1/2 buah mentimun.
    Pilihlah mentimun organik yang masih segar, dan tidak terlalu matang.
  • 2 sendok makan oat.
    Pilihlah oat plain.
  • Air perasan dari 1/2 buah jeruk lemon.
  • 1 sendok makan madu murni.

Metode dan langkah pembuatan masker.

  1. Bersihkan mentimun, lalu kupas dan masukkan ke dalam blender. Agar lebih mudah dihancurkan, potong-potong mentimun terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam blender.
  2. Tambahkan bahan yang lain: madu, air jeruk lemon, dan oat, ke dalam blender, lalu aktifkan blender hingga semua bahan benar-benar lumat dan tercampur rata.
  3. Setelah bahan lumat dan tercampur, campuran tersebut sudah dapat digunakan sebagai masker wajah. Balurkan di wajah diiringi dengan pijatan memutar dan lembut. Mulailah perlahan-lahan pada area dahi, lalu terus hingga ke seluruh area wajah. Anda juga dapat menjadikan masker tersebut pada area leher, dada, dan bahu.
  4. Diamkan selama 20 menit agar nutrisi bekerja dan diserap kulit, lalu bilas dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu.

Tips dan anjuran:

Sebaiknya masker ini digunakan pada sore atau malam hari, untuk menghindari sinar matahari. Kandungan lemon dapat memberikan reaksi tertentu di kulit apabila terkena sinar matahari.

Resep Peeling Mask Mentimun untuk Mengangkat Sel Kulit Mati.

Selain masker mentimun yang sudah dibahas di atas, ada 1 lagi resep masker mentimun yang akan BerbagiSolusi.com bagikan untuk Anda. Resep masker mentimun ini lebih menarik lagi, karena merupakan jenis peeling mask, yaitu masker yang bisa dikupas, layaknya peeling mask yang banyak dijual di pasaran. Masker peeling mask ini tidak memerlukan air untuk membersihkannya. Cukup dengan cara diangkat atau dikupas perlahan dari tepinya, hingga semua bagian masker terangkat dari wajah. Masker jenis ini sangat baik untuk mengangkat kotoran dan kulit mati yang menempel di kulit.

Berikut ini cara membuat peeling mask dari mentimun.

Bahan-bahan yang diperlukan.

  • 1/2 buah mentimun segar organik.
  • teh hijau (1 kantong celup).
  • 1/4 gelas gel aloe vera atau lida buaya
  • 1/2 gelas air, didihkan.
  • 1 sendok makan gelatin.

Proses pembuatan peeling mask mentimun:

  1. Tambahkan teh hijau ke dalam air yang sudah dididihkan.
  2. Tambahkan gelatin ke dalam air teh hijau, lalu encerkan. Panaskan kembali bila perlu.
  3. Bersihkan dan kupas mentimun, lalu lumatkan menggunakan blender, tuang ke dalam mangkok.
  4. Tuang campuran air teh hijau dan gelatin, ke dalam mangkok berisi mentimun yang sudah dilumatkan, lalu kocok cepat menggunakan sendok atau mixer.
  5. Tambahkan gel aloe vera, lalu kocok kembali hingga semua bahan tercampur rata.

Setelah semua bahan lumat dan tercampur, maka siap diaplikasikan sebagai masker.

Cara Menggunakan Peeling Mask atau Masker Kupas Mentimun.

cara membuat masker mentimun untuk kulit kering

  1. Setelah masker kupas ini selesai dibuat, segera basuh wajah Anda dan area sekitar leher dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih.
  2. Balurkan masker ke seluruh area wajah dan leher, kecuali pada sekitar mata dan bibir. Gunakan kuas kosmetik bila perlu, agar lapisan masker lebih merata. Diamkan hingga masker kering.
  3. Setelah semua masker benar-benar kering, kupas perlahan dari bagian tepi masker hingga semua bagian masker terkelupas.
  4. Basuh kembali wajah Anda dengan air hangat, bila perlu. Lalu, akhiri dengan membasuh wajah menggunakan air dingin.

Tips dan anjuran:

Selama proses mendiamkan masker ini di wajah, sebaiknya Anda mendiamkannya dalam posisi berbaring. Tutupi area sekitar mata dengan irisan buah mentimun, agar lingkaran hitam dan kantung mata bisa ikut teratasi.

**

Nah, demikianlah resep cara membuat masker mentimun untuk jerawat dan kulit berminyak. Ternyata sangat mudah, bukan? Baca pula artikel mengenai cara membuat masker mentimun sebelumnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here