SHARE

masker pisang untuk jerawatPisang ternyata tidak hanya baik untuk dimakan tetapi kita dapat memanfaatkan masker pisang untuk jerawat. Pisang mengandung vitamin serta nutrisi yang rupanya berguna untuk kecantikan. Contohnya seperti kandungan vitamin A pada pisang yang berguna untuk menghilangkan noda hitam serta mengatasi kulit kasar di wajah.

Dengan membuat masker pisang yang juga dicampur dengan bahan-bahan natural lain yang sama bernutrisinya untuk kulit, kita bisa membuat masker pisang untuk mengatasi jerawat beserta dengan noda-noda bekas jerawat di wajah. Berikut hal-hal yang harus dilakukan saat ingin membuat masker wajah dengan bahan utama yang terbuat dari buah pisang.

Masker Pisang untuk Atasi Jerawat dengan Tambahan Baking Soda dan Kunyit

Dengan campuran bahan-bahan alami seperti baking soda dan pisang, masker pisang akan semakin efektif dalam melawan jerawat serta menghilangkan noda bekas jerawat. Apalagi baking soda berguna sebagai pembersih wajah yang ampuh serta dapat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang biasanya menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat. Dengan penambahan baking soda pada masker pisang, bahan ini akan membersihkan pori-pori secara langsung sedangkan kunyit berguna sebagai anti bakteri penyebab jerawat.

Bahan Membuat Masker Pisang untuk Jerawat dan Bekas Luka Jerawat.

Berikut ini daftar bahan yang dibutuhkan:

  • Buah pisang secukupnya
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh kunyit

Cara membuat masker pisang.

Langkah pembuatan masker pisang adalah sebagai berikut:

  1. Kupas kulit pisang dan hancurkan buahnya sampai lembut dengan sendok. Masukkan ke dalam mangkok bersih.
  2. Masukkan dan campur baking soda serta kunyit ke masker pisang, kemudian aduk-aduk hingga rata. Tambahkan air sedikit jika masker pisang dirasa terlalu kental untuk dioleskan ke wajah.
  3. Sebelum menggunakan masker pisang, wajah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah.
  4. Ambil kuas wajah dan gunakan itu untuk mengoleskan masker pisang secara langsung ke wajah. Jangan gunakan jari Anda saat mengoleskan masker karena campuran kunyit di dalamnya bisa membuat jari tangan menjadi kuning.
  5. Baking soda akan terasa agak perih di kulit wajah, namun jangan kuatir mengenai hal itu. Diamkan masker pisang kurang lebih 10 menit sampai dengan 15 menit.
  6. Setelah 10 atau 15 menit berlalu, segera bersihkan wajah menggunakan air hangat namun tidak perlu gunakan sabun wajah untuk membersihkan wajah Anda. Setelah selesai, keringkan wajah menggunakan handuk bersih.
  7. Oleskan pelembab wajah yang sudah Anda pilih sendiri untuk mencegah wajah berminyak. Anda bisa menggunakan pelembab wajah bermerek yang dijual bebas di pasaran, namun pilih yang berkualitas.

Itulah tujuh langkah yang dapat segera dipraktekkan di rumah untuk membuat masker alami terbuat dari buah pisang. Lakukan cara ini maksimal 2 sampai dengan 3 kali seminggu dan jangan berlebih karena kandungan baking soda yang terdapat dalam masker pisang tidak baik untuk kulit jika berlebihan.

Tips Tambahan:

Sebagai saran tambahan, saat selesai memasker wajah dengan pisang ambil handuk bersih dan es batu. Gunakan es batu tersebut untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka dengan cara membungkusnya pakai handuk dan pijat-pijatkan ke kulit wajah. Cara ini selain efektif untuk mengecilkan pori-pori, juga dapat mencegah kotoran serta bakteri masuk ke pori-pori. Jika ingin cara yang lebih simpel, tinggal cuci saja wajah Anda dengan air dingin.

Selain berguna untuk menghilangkan jerawat berserta noda-nodanya. Masker pisang juga berguna sebagai anti-aging sehingga mengatasi kerutan serta membuat wajah kembali cerah bersinar. Tentunya ada bahan-bahan natural lain yang perlu ditambahkan dan berbeda dengan bahan-bahan alami yang digunakan dalam masker pisang untuk jerawat.

Khasiat Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat.

mengobati jerawat dengan kulit pisangTernyata tidak hanya daging buah pisang yang bermanfaat untuk kulit, melainkan juga kulit pisang yang biasanya berakhir di tempat sampah. Kulit pisang bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan memijat wajah menggunakan bagian dalam dari kulit pisang. Usap dan pijat wajah, terutama pada bagian yang terdapat jerawat.
Usap dan pijat beberapa kali di wajah. Bagian dalam kulit pisang akan segera berubah lebih gelap setelah diusapkan di wajah, yang menandakan kuman dan kotoran dari jerawat telah menempel di kulit pisang. Segera ganti kulit pisang ketika mulai berubah warna menjadi lebih gelap.Tips:Jangan langsung mencuci wajah setelah memijat menggunakan kulit pisang ini. Karena mencuci dan membilas wajah dapat membersihkan zat aktif anti bakteri dari kulit pisang yang menempel di kulit. Jadi, biarkan zat aktif ini bekerja di kulit selama 30 – 1 jam. Jika Anda menggunakannya pada malam hari, bersihkan wajah cukup ketika Anda hendak tidur saja.Pijatan menggunakan kulit pisang ini bisa Anda lakukan setiap hari. Khasiatnya juga dapat terlihat segera dalam 1 atau 2 hari. Cukup cepat, bukan?

Jadi, selain daging buah pisang tadi bisa dimakan atau dijadikan masker wajah, kulitnya jangan segera dibuang, yaa.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat. Baca pula artikel lainnya mengenai cara menghilangkan kerutan di wajah menggunakan buah pisang.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here