cara membuat masker rambut dari alpukatBagi yang memiliki masalah dengan rambut kering dan mudah rusak, ini saatnya mencoba masker rambut dari alpukat yang dipercaya sanggup mengatasi masalah rambut yang memerlukan nutrisi lebih. Alpukat sendiri memang telah diketahui sebagai buah yang membawa keuntungan kesehatan bagi banyak meski banyak juga yang percaya bahwa buah satu ini bisa membuat gemuk. Ada antioksidan di dalamnya yang tentu sangat baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Cara Membuat Masker Rambut dari Buah Alpukat

Bahan Membuat Masker

  • pastikan satu buah alpukat kecil yang sudah matang
  • setengah cangkir susu
  • satu sendok makan minyak almond atau minyak zaitun

Langkah-langkah Membuat Masker Rambut dari Alpukat

  1. Seperti biasanya Anda membuat masker untuk wajah, masker untuk rambut juga sama. Alpukat harus diblender hingga adonan berbentuk cair dan halus dan sama sekali tidak ada gumpalan dari bagian dagingnya. Setelah benar-benar bertekstur lembut sempurna, minyak almond atau minyak zaitun bersama dengan secangkir susu bisa dimasukkan dan dicampur kembali hingga merata.
  2. Ketika sudah jadi, itu berarti adonan masker rambut siap untuk dipakai. Ambil adonan dengan tangan dan usapkan secara merata ke rambut, mulai dari akar sampai ke ujung rambut. Biarkan kandungan sehat dan nutrisi pada masker meresap sempurna ke dalam rambut dan kulit kepala; jika tidak ingin adonan masker menetes ke mana-mana, kenakan shower cap dan Anda bahkan bisa mandi lebih dulu sambil menunggu masker bekerja.
  3. Lima belas menit berlalu, rambut siap untuk dibilas dengan air hangat. Pijat dan sisir rambut ketika membilasnya sehingga rambut tercuci bersih dan tidak ada sisa-sisa masker di sana. Untuk hasil rambut yang benar-benar bersih, keramaslah; menggunakan shampo yang bukan organik lebih disarankan.

Baca pula: Cara Membuat Masker Wajah dari Buah Alpukat.

Tips Lainnya

Beberapa tips tambahan berikut ini juga bisa Anda lakukan dalam rangka membuat dan menggunakan masker rambut dari buah alpukat:

  • Tidak perlu ragu untuk memilih buah alpukat yang sudah terlalu matang untuk dijadikan masker karena buah yang terlalu matang akan lebih mudah menjadi halus ketika diblender. Penggunaan buah alpukat yang sudah kematangan tidak akan mengurangi nutrisi dan kandungan penting lainnya yang bisa menyehatkan rambut; serta, hal ini tidak akan membahayakan rambut dan kulit kepala karena tidak ada efek samping.
  • Ketika sudah dibiarkan selama lima belas menit dan waktunya mencuci rambut, setiap bagian rambut harus dipastikan dicuci dan dibilas dengan benar sehingga sisa masker atau pun malah gumpalan buah alpukat tidak tertinggal di rambut.
  • Adonan masker bisa juga ditambahkan sedikit susu saja; tidak perlu setengah cangkir kalau merasa takaran tersebut terlalu banyak yang akan membuat masker terlalu encer, gunakan saja seperempat cangkir.
  • Setelah mencuci rambut, biasanya Anda akan disarankan untuk menggunakan kondisioner supaya rambut terjaga kelembaban dan kelembutannya, tapi kali ini beda. Masker alpukat ini sendiri sudah melembabkan dan melembutkan secara otomatis dan alami, jadi tidak perlu lagi menggunakan kondisioner sehabis keramas.

Alpukat pada kenyataannya tidak hanya enak dimakan, menguntungkan bagi kesehatan, dan segar untuk masker kulit wajah, tapi juga berkhasiat untuk rambut yang kering. Merevitalisasi rambut dan kulit kepala, meremajakannya, melembabkan serta memelihara agar tetap sehat dan ternutrisi tidak lagi perlu ke salon dan bayar mahal karena ada masker rambut yang bisa dibuat dari buah alpukat. Ada banyak kombinasi masker rambut dari alpukat yang tentu bisa dicoba kapan saja di rumah, seperti mengombinasikannya dengan yogurt atau kuning telur, tergantung kebutuhan dan masalah rambut Anda.

Selain membuat dan menggunakan masker rambut dari buah alpukat ini, Anda juga bisa menggunakan minyak alpukat untuk merawat rambut Anda. Minyak alpukat ini bisa Anda buat sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijabarkan pada artikel Cara Membuat Minyak Alpukat. Minyak alpukat bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut, kulit kepala, sekaligus merawat kecantikan alami wajah Anda. Ssst,… Alpukat juga bisa dijadikan bahan untuk membuat conditioner alami untuk rambut, lho!

Selamat membaca, dan semoga artikel cara membuat masker rambut ini bermanfaat buat Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

2 thoughts on “Masker Rambut dari Alpukat untuk Rambut Kering dan Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website