SHARE

masker rambut dari susu telur madu dan minyak zaitunMasker untuk perawatan kulit wajah memang sudah tergolong umum, tapi masker rambut mungkin tidak terlalu banyak orang yang mencobanya. Nah, kali ini berbagisolusi.com coba membahas mengenai salah satu resep masker rambut yang sangat berkhasiat, yaitu masker rambut dari susu, telur, madu, dan minyak zaitun. Masker rambut ini tentunya sangat layak dicoba di rumah.

Masker rambut tidak hanya merawat rambut saja, tapi juga menjaga kulit kepala agar tetap ternutrisi dengan baik dan terjaga kelembabannya. Selain bahan-bahan masker rambut tersebut alami dan murah, cara membuat dan menggunakannya pun mudah dan tidak akan membuang waktu berharga Anda.

Khasiat Bahan-bahan Masker Rambut:

Sebelum mencoba membuat masker rambut ini, ada baiknya kita ketahui apa saja khasiat dari setiap bahan-bahan yang digunakan:

Khasiat susu untuk rambut.

susu untuk rambutSusu adalah salah satu bahan paling berkhasiat yang dihasilkan oleh alam. Khasiatnya tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kulit, serta tentunya untuk rambut juga. Khasiat susu untuk rambut antara lain:

  • Membantu merawat rambut kering, kusam, dan rusak.
  • Susu dapat dijadikan conditioner alami untuk rambut.
  • Susu dapat membantu menjadikan rambut lebih berkilau secara alami.

Khasiat Telur untuk Rambut.

masker putih telur untuk kulitTelur mengandung protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Ternyata, protein tersebut juga bisa berkhasiat untuk membuat rambut lebih kuat, lho! Dan ternyata tidak hanya protein, kandungan nutrisi lainnya dalam telur juga bermanfaat untuk rambut, antara lain:

  • Membantu memperbaiki kerusakan rambut.
  • Protein dalam telur membantu meningkatkan kekuatan rambut, helai demi helai.
    Dengan rambut kuat dan sehat, rambut akan lebih terjaga dari kerusakan.
  • Membuat rambut lebih halus dan lembab secara alami.

Khasiat Madu untuk Rambut.

madu untuk rambutBahan masker rambut berikutnya adalah madu. Madu merupakan makanan dengan khasiat yang sangat SUPER! Tidak hanya untuk kesehatan tubuh secara umum, tapi juga untuk rambut. Khasiat madu untuk rambut, di antaranya:

  • Madu dapat menghaluskan rambut secara alami. Artinya, madu dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk conditioner rambut.
  • Madu berperan sebagai antioksidan yang menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.
  • Madu dapat merangsang pertumbuhan rambut.
  • Madu juga dapat berperan untuk memperkuat helai rambut dan mencegah kerontokan rambut.
  • Selain sebagai antioksidan, madu juga bersifat antibakteri dan antiseptik, yang mencegah gangguan mikroorganiste terhadap rambut.
  • Membantu memperbaiki kerusakan rambut secara cepat, serta mengembalikan kilau alami rambut.

Baca pula: Masker Rambut dari Buah Alpukat.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut.

manfaat minyak zaitunTidak hanya sebagai bahan makanan, minyak zaitun dipercaya sejak lama sebagai bahan perawatan kecantikan kulit dan rambut. Khusus untuk rambut, minyak zaitun memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat, di antaranya:

  • Mencegah kerontokan rambut.
    Minyak zaitun dapat menahan produksi hormon DTH di rambut. Hormon DTH adalah hormon yang menyebabkan kerontokan rambut.
  • Menyehatkan kulit kepala.
  • Menjaga kondisi rambut tetap sehat, halus, dan lembut (sebagai kondisioner).
  • Mencegah jamur dan bakteri tumbuh di rambut serta kulit kepala.
  • Membantu melancarkan sirkulasi darah di bawah kulit kepala.

Demikian itu sejumlah khasiat dan manfaat bahan-bahan masker rambut yang dibahas dalam artikel ini. Banyak sekali, bukan? Sekarang kita akan melangkah pada cara membuat masker rambut.

Cara Membuat Masker Rambut dari Susu, Telur, Minyak Zaitun, dan Madu

Bahan Membuat Masker

  • satu atau dua butir telur tergantung panjang pendek rambut
  • satu cangkir susu untuk rambut panjang atau setengah cangkir untuk rambut sebahu maupun pendek
  • perasan lemon secukupnya
  • dua sendok makan minyak zaitun

Langkah dan Cara Pembuatan Masker

  1. Jangan lupa untuk memisahkan kuning telur dan putih telur; kemudian kocok kuning telur di tempat terpisah.
  2. Setelah beberapa lama mengocok adonan kuning telur, tambahkan dua sendok makan minyak zaitun serta secangkir susu yang tadi sudah disiapkan; aduklah sampai benar-benar merata.
  3. Selanjutnya, tambahkan perasan lemon ke adonan sebelumnya; bahan ini dimaksudkan untuk menyegarkan kulit kepala.
  4. Jika sudah tercampur merata, adonan masker siap untuk digunakan. Cara penggunaanya adalah dengan mengambil adonan masker dengan tangan, usapkan pada rambut dan kulit kepala sambil memijat-mijat; mulailah dari akar rambut hingga ujungnya.
  5. Jangan langsung dibilas karena masker perlu dibiarkan sekitar lima belas menit. Pakailah penutup kepala dari plastik atau yang biasa disebut dengan shower cap kalau tidak ingin masker tersebut menetes ke mana-mana.
  6. Setelah lima belas menit, pastikan air hangat atau air dingin sudah siap untuk membilas rambut dan kulit kepala (jangan membilas dengan air panas); lakukan dengan benar dan sebersih-bersihnya. Jangan lupa bahwa rambut masih harus melewati proses keramas untuk benar-benar membersihkan rambut dan kulit kepala dari sisa-sisa adonan masker yang kemungkinan masih menempel.

Baca pula: Membuat Conditioner Alami untuk Rambut.

Beberapa Tips Lain

susu untuk rambut

  • Sehabis menggunakan masker, selalu pastikan bahwa rambut dibersihkan dengan benar apalagi bagi yang berambut cukup tebal dan panjang. Bilaslah berkali-kali sampai benar-benar yakin bahwa tidak ada lagi adonan masker yang tersisa baik di rambut maupun kulit kepala.
  • Karena masker terbuat dari telur, pasti ada tercium bau telur setelah dibilas dengan air biasa. Untuk itu, keramasilah rambut dengan shampo yang memiliki wangi buah atau semacamnya supaya bau telur dan bahan masker lainnya bisa hilang.
  • Bagi yang memiliki rambut kering dan kusut, sebaiknya memilih untuk menggunakan kuning telur sebagai bahan membuat masker rambut; sedangkan untuk rambut yang berminyak, putih telur akan lebih berguna. Jika memiliki rambut normal, gunakan telur utuh tanpa harus memisahkan putih dan kuningnya.
  • Tidak perlu menggunakan masker rambut ini setiap hari, cukup satu bulan sekali saja, apalagi kalau tidak kuat dengan baunya. Namun, jika merasa nyaman-nyaman saja, perawatan rambut dengan masker ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sebulan.
  • Ingat juga bahwa penggunaan jus lemon tidak boleh terlalu banyak karena kulit kepala bisa terasa terbakar; untuk itu, gunakan perbandingan 1:2 jus lemon ke kuning telur.

Anda tidak pernah salah memilih masker dengan bahan-bahan alami tersebut karena ada kandungan Vitamin B12, Vitamin D, Vitamin A, Potassium, asam lemak dan protein yang sangat mendukung pertumbuhan rambut sehat serta membuat rambut semakin bercahaya. Buktikan sekarang juga bahwa masker rambut dari susu, telur, madu, dan minyak zaitun sangat berkhasiat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here