SHARE

manfaat meditasiAlasan beberapa orang merasa stres berbeda-beda tapi kebanyakan adalah karena masalah pekerjaan, hubungan percintaan, ekonomi, maupun masalah keluarga; namun, apapun yang menjadikan stres itu muncul, atasi dengan beberapa tips relaksasi mudah yang bisa dipraktikkan setiap hari. Beberapa tips di bawah ini bisa membantu melepaskan ketegangan tubuh dan pikiran.

Cara Agar Tubuh dan Pikiran Lebih Rileks

  1. Ingin relaksasi dengan cara sendiri tanpa harus susah payah? Menggunakan minyak atsiri atau minyak-minyak aromatik tentu sangat berguna untuk menciptakan suasana yang nyaman dan relaks. Minyak yang dimaksud di sini adalah seperti minyak kamomil, lavender, frankincense dan patchouli yang bisa langsung dioleskan ke bagian tubuh yang diinginkan sambil dipijat-pijat sebentar.
  2. Ketenangan bisa diciptakan ketika bernapas dengan benar dan santai. Itulah mengapa bernapas pun ada tekniknya, apalagi yang bertujuan untuk merelaksasi. Bernapas dalam-dalam bisa dilakukan dengan teknik yang benar dan jika berhasil maka tingkat stres akan secara otomatis berkurang. Teknik pernapasan yang dimaksud di sini adalah dengan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung sambil mendorong perut keluar, lepaskan melalui mulut setelah hitungan ketiga. Ulangi beberapa kali untuk hasil yang lebih efektif.
  3. Para pecinta musik mempercayai bahwa musik adalah solusi stres terbaik. Jadi, tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik favorit Anda ketika stres itu datang. Hanya saja, biasanya jenis musik yang dianggap berhasil melunakkan dan mengurangi stres adalah musik yang pelan dan lembut sehingga membuat mood menjadi lebih baik. Ini adalah salah satu tips termudah karena hanya tinggal menyetel musik dari komputer atau ponsel saja, relaksasi bisa segera dimulai dan dirasakan hasilnya. Nikmati setiap alunan lagu dan stres itu pasti bisa hilang, atau paling tidak berkurang.
  4. Cara efektif lain yang bisa dicoba sendiri di rumah adalah mandi atau berendam di air hangat. Banyak orang telah membuktikan betapa air hangat bisa langsung melemaskan otot-otot tubuh yang tegang, jadi yang satu ini boleh langsung dicoba. Selain itu, akan jauh lebih baik kalau ponsel dijauhkan dari jangkauan Anda saat berendam di air hangat supaya tidak mengganggu proses relaksasi. Mengunci pintu kamar mandi akan sangat membantu dalam merasakan ketenangan yang diidamkan. Garam mandi herbal juga oke untuk ditambahkan supaya efektivitas dari cara relaksasi ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.
  5. Merelaksasi diri sendiri tidak harus selalu dengan tidur, berisitirahat di kamar, atau tidak melakukan apapun karena nyatanya beberapa orang melakukan olahraga sebagai proses relaksasi. Tidak perlu melakukan olahraga berat karena jalan santai saja sudah bisa membantu tubuh dan pikiran segar kembali. Selain itu, berlari-lari kecil di sekitar rumah atau melakukan yoga di dalam ruangan merupakan alternatif yang benar-benar efektif dalam mengurangi tekanan pada tubuh. Jika malas pergi keluar rumah, bisa mencontoh gerakan-gerakan yoga yang ada di video atau tinggal cari video-video yoga tersebut lewat internet.
  6. Menghabiskan waktu sendirian terkadang malah bisa membuat tambah stres bagi beberapa orang. Mungkin akan terasa lebih baik kalau bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan orang terdekat yang bisa membantu memberikan pijatan terbaiknya, atau yang bisa diajak mengobrol santai dan memberikan ketenangan lebih. Jika ada masalah yang menjadi beban pikiran, maka curhat ke teman di waktu santai dapat menjadi salah satu cara relaksasi.

Semua cara relaksasi ini sangat mudah untuk dilakukan di rumah dan itu berarti tidak perlu buang waktu dan uang untuk pergi ke salon dan semacamnya.

Sejumlah Manfaat Meditasi untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Meditasi adalah salah satu cara rileksasi yang sering dilakukan. Para ahli psikologi serta pakar kesehatan, baik dari bidang kedokteran maupun kesehatan tradisional (herbalist), sangat menganjurkan agar kita sering melakukan meditasi. Bahkan akan lebih baik jika dilakukan secara rutin, dan teratur setiap hari. Hal itu dikarenakan meditasi memiliki sejumlah khasiat yang sangat baik untuk tubuh, antara lain:

Meditasi dan Kesehatan Psikis/Mental.

Meditasi dapat memberikan rasa tenang dan damai, serta keseimbangan pikiran. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan emosional, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meditasi dapat dijadikan sebagai terapi bagi orang-orang yang mengalami kesulitan dalam mengontrol emosi, seperti sering marah, sering sedih, dan perasaan bimbang. Efeknya tidak hanya dirasakan saat dan setelah meditasi saja, tapi juga bisa dirasakan untuk jangka panjang, apabila dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

meditasi

Saat Anda melakukan meditasi, Anda membersihkan pikiran Anda dari beban dan energi negatif, yang sebelumnya terlalu banyak memenuhi pikiran, sehingga Anda dapat berpikir lebih jernih dan lebih fokus. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengontrol emosi dan tindakkan.

Khasiat meditasi untuk psikis atau emosional, juga termasuk:

  • Membuat Anda lebih bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang,
  • Meningkatkan kemampuan mengelola stress,
  • Meningkatkan ketelitian, serta self-awareness,
  • Meningkatkan kesadaran dan kemampuan fokus,
  • Mengurangi energi negatif (emosi negatif).

Meditasi dan Kesehatan Fisik.

Tidak hanya secara efektif mampu menyehatkan psikis/mental, meditasi juga mampu meningkatkan kesehatan fisik tubuh.

Meditasi sangat baik dilakukan apabila Anda mengalami masalah kesehatan yang sedang tidak baik, misalnya sedang sakit, terutama sakit yang bisa diperparah oleh stress. Meditasi dapat membantu penyembuhan, untuk beberapa gangguan kesehatan seperti berikut ini bisa

  • Gelisah,
  • Asma,
  • Berbagai penyakit kanker,
  • Depresi,
  • Gangguan jantung,
  • Tekanan darah tinggi,
  • Nyeri dan perih,
  • Gangguan tidur.

Bentuk Meditasi.

Meditasi bisa dilakukan dengan berbagai bentuk dan cara, namun pada intinya adalah menyeimbangkan antara pikiran dan tubuh. Beberapa bentuk meditasi berikut ini bisa dilakukan, antara lain:

Meditasi dengan ‘Mantra’.

Mantra yang dimaksud di sini adalah kalimat-kalimat positif yang membangun dan menenangkan. Kalimat ini biasanya diucapkan dengan sungguh-sungguh dan berulang-ulang, sambil menenangkan diri dan pikiran. Pada level ketenangan tertentu, ‘mantra’ ini akan tertanam ke dalam diri dan pikiran sebagai energi positif, yang mampu meningkatkan kualitas seseorang.

Tai Chi.

Tai Chi adalah salah satu jenis bela diri. Dalam Tai Chi, Anda melakukan gerakan-gerakan tertentu secara perlahan, dan dibarengi dengan pikiran yang fokus dan tenang. Tai Chi berasal dari negeri China.

tai chi sebagai bentuk meditasi

Qi Gong.

Latihan ini secara umum menggabungkan meditasi, rileksasi, gerakan fisik, dan latihan pernapasan, untuk memperbaiki dan membangun keseimbangan antara fisik dan pikiran.Yoga.Dalam Yoga, tubuh dilatih untuk melakukan gerakan tertentu hingga batas tertentu, untuk melatih fleksibilitas tubuh. Dalam Yoga juga dilakukan latihan pernafasan, serta membutuhkan ketenangan dalam rangka upaya menjernihkan pikiran.yoga sebagai bentuk meditasi

Ibadah.

shalat sebagai meditasi dan terapiIbadah juga bisa dikategorikan sebagai meditasi, karena dalam ibadah dibutuhkan pikiran yang jernih untuk dapat berkomunikasi langsung dengan Tuhan. Dalam shalat, misalnya. Pikiran harus jernih untuk sampai pada level khusyuk (fokus), diiringi dengan bacaan-bacaan doa yang sangat membangun, serta dilakukan dengan gerakan-gerakan yang secara medis sangat menyehatkan. Selain itu, shalat juga diwajibkan untuk dilakukan secara rutin setiap hari, dengan waktu-waktu yang sudah ditentukan (5 kali sehari), sehingga dapat berkhasiat sebagai terapi diri dan pikiran. Khusus mengenai ibadah dan meditasi, juga dibahas dalam artikel tips memulai hari agar lebih positif dan semangat.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai meditasi dan relaksasi. Melepaskan ketegangan pikiran dan tubuh, sekaligus menyehatkan keduanya tidaklah sulit, bukan? Tips meditasi dan relaksasi tersebut pasti bisa sangat membantu.

Selamat mencoba tips meditasi di atas. Uraikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah, dan pastikan Anda tetap sehat setiap hari.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here