SHARE

Melembabkan kulit secara alami bisa dengan bermacam cara serta berbagai macam bahan. Anda tidak perlu memakai obat-obatan atau pelembab dari bahan-bahan kimia yang seringnya membahayakan kulit anda sendiri, karena tidak semua bahan kimia bisa diterima oleh kulit. Dari beberapa riset dalam kedokteran telah ditemukan bahwa ada kandungan berbahaya dalam pelembab dan kosmetik berbahan kimia. Malahan ada yang mengatakan bahan kimia tersebut ada yang bisa menimbulkan gejala kanker kulit pada pemakainya. Untuk lebih amannya, ada baiknya anda menggunakan bahan-bahan alami dari alam untuk melembabkan kulit anda. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah anda tanpa perlu datang ke salon kecantikan.

Untuk beberapa wanita biasanya sangat rishi dengan kulitnya yang terkesan kering dan tidak lembab. Ada beberapa cara untuk melembabkan, yaitu biasanya dengan lotion pelembab kulit dan memakai sabun dengan ph yang rendah. Namun ada beberapa cara alami untuk melembabkan kulit, yang akan kita bahas berikut ini.

Melembabkan Kulit dengan Minyak Zaitun.

manfaat minyak zaitunMinyak zaitun adalah salah satu cara alami yang bisa anda praktekkan di rumah. Beberapa ilmuwan menjelaskan kalau minyak zaitun ini mempunyai kandungan senyawa alami yang biasa disebut dengan asam linoleat. Dimana asam linoleat ini bisa mencegah kandungan air dalam kulit untuk keluar, jadi kelembaban kulit anda akan tetap terjaga. Pada zaman dahulu, minyak zaitun ini biasa dijadikan sebagai campuran sewaktu mandi. Jadi sewaktu mandi, minyak zaitun ini dicampurkan dengan air dan dipakai untuk berendam.

Selain itu, minyak zaitun ini mempunyai kelebihan lainnya yang berguna bagi kulit anda. minyak zaitun ini dapat untuk mengurangi gejalan psoriasis, dermatitis dan juga eksim. Minyak zaitun ini juga berguna untuk melembabkan kulit yang tersengat matahari, dan mengurangi peradangan. Untuk wajah, minyak zaitun ini juga bagus. Apalagi asam linoleat pada minyak zaitun ini tidak akan mengurangi kadar minyak asli pada wajah pemakainya.  Namun sayang, kandungan asam linoleat ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh anda sendiri.

Merawat dan Melembabkan Kulit Menggunakan Madu.

masker madu untuk wajahMadu ini seperti datang dari surga saja, karena sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Rasa yang manis dari madu dapat anda konsumsi secara langsung dan juga bisa digunakan sebagai pelembab alami kulit yang kering. Madu ini dapat dikatakan sebagai bahan alami yang sangat sempurna untuk melembabkan kulit kering anda. Madu ini bersifat humektan atau mampu menarik air. Sehingga kalau madu ini dioleskan pada tubuh anda, madu ini akan mampu untuk mempertahankan kelembaban kulit anda. Sifat lain dari madu adalah anti bakteri dan anti iritasi, jadi akan sesuai dengan kulit kering dan kulit yang sensitif. Apalagi madu ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga madu ini akan sangat cocok untuk kulit manapun terutama untuk kulit wajah.

Cara perawatan alami madu untuk kulit yaitu hanya dengan mengoleskan madu ini pada kulit atau wajah anda. Bersihkan dahulu kulit yang hendak diolesi dengan madu. Lalu diamkan dahulu agar madu lebih meresap pada kulit anda. Terakhir, basuh kulit anda dengan air hangat dengan bersih. Anda lakukan cara ini berkali-kali untuk mendapatkan kulit yang lebih lembab dengan bahan madu ini.

Menggunakan Aloe Vera (Lidah Buaya) sebagai Bahan Pelembab Kulit.

masker lidah buayaSiapa yang tidak tahu bahan yang satu ini? Aloe vera atau biasa dikenal dengan lidah buaya memang dari dahulu terkenal mempunyai banyak manfaat. Lidah buaya bisa digunakan untuk kesehatan kuli kepala dan rambut, bisa dijadikan sebagai campuran makan, dan bisa untuk melembabkan kuli yang kering.

Cara melembabkan kulit dengan lidah buaya ini juga cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah prosesnya:

  1. Siapkan lidah buaya dan setengah cangkir air.
  2. Kupas kulit lidah buaya, dan ambil daging daunnya saja.
  3. Kemudian campukan secara merata kedua bahan ini.
  4. Oleskan pada kulit anda.

Tips:

  • Pilihlah lidah buaya yang sehat, berukuran cukup besar dengan daging yang tebal.
  • Anda bisa juga menyimpan dahulu campuran ini ke dalam lemari es agar lebih terasa sejuk.
  • Gunakan air matang yang sudah didinginkan sebagai campuran.

Setelah anda menggunakan lidah buaya ini, akan terasa perbedaannya, karena pada dasarnya lidah buaya ini merupakan bahan alami yang mampu mencerahkan kulit kusam anda kembali menjadi lembab.

Itulah beberapa cara melembabkan kulit secara alami tanpa harus menggunakan pelembab berbahan kimia. Selamat mencoba.

Baca pula artikel BerbagiSolusi.com sebelumnya mengenai cara efektif memutihkan kulit dengan bahan alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here