SHARE

kondisioner buatan sendiriBanyaknya barang palsu atau zat kimia berbahaya yang digunakan pada conditioner memaksa kita membuat conditioner alami untuk rambut sendiri. Mungkin pembuatan conditioner alami ini bisa memakan biaya yang lebih banyak jika dibandingkan dengan hanya pergi ke supermarket atau minimarket dan membeli satu botol conditioner bermerk, tapi harga yang sedikit lebih mahal tersebut bisa ditukar dengan jumlah zat-zat serta vitamin baik yang muncul karena bahan alami yang digunakan.

Penyebab Kerusakan Rambut.

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk menggunakan conditioner. Salah satu alasannya adalah karena kondisi rambut yang sangat kering. Jenis rambut kering biasanya lebih sulit diatur dan ditata. Selain itu, rambut kering juga lebih cepat mengalami kerusakan.

Selain kondisi tersebut, kita juga harus mengenali beberapa penyebab kerusakan rambut, antara lain:

  • Paparan sinar matahari.
  • Pewarnaan rambut.
  • Penggunaan pengering rambut berlebih.
  • Penggunaan hair extension.
  • Terlalu sering bersisir atau menggunakan shampoo.

Nah, untuk mencegah kerusakan rambut akibat penyebab-penyebab yang sudah disebutkan itu, Anda bisa menggunakan conditioner rambut. Manfaat penggunaan kondisioner yang utama adalah untuk mengembalikan kondisi kesehatan rambut. Sayangnya, sekarang marak beredar conditioner palsu dengan komposisi yang lebih murah dan mungkin saja berbahaya bagi rambut, jadi akan lebih aman membuat conditioner sendiri.

Cara Membuat Conditioner Alami Untuk Rambut

Ada beberapa jenis conditioner yang bisa dibuat, antara lain:

Conditioner cuka apel.

Untuk membuat conditioner cuka apel, yang dibutuhkan hanyalah 1 sendok makan cuka apel dan 1 gelas air. Cara pembuatannya juga terbilang paling mudah, yaitu hanya campurkan keduanya dalam sebuah botol dan kocok hingga rata. Jika dirasa masih kurang, penambahan bahan dasar bisa dilakukan dengan bebas hingga kira-kira cukup.

masker rambut dari alpukat

Conditioner alpukat dan pisang untuk melembabkan dan menghaluskan rambut.

Alpukat mengandung lemak dan minyak alami yang sangat tinggi. Kandung dalam alpukat ini bisa dimanfaatkan untuk membuat rambut lebih lembab dan halus, sekaligus menjaga kulit kepala tetap lembab dan sehat.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kondisioner alpukat ini, antara lain:

  • Pisang
  • Alpukat
  • Telur
  • Madu
  • Minyak zaitun extra virgin.

Cara membuat kondisioner alpukat.

Cara membuat kondisioner rambut ini lumayan mudah, yaitu:

  1. Belah alpukat menjadi dua dan ambil daging buahnya menggunakan sendok, lalu tempatkan pada mangkok bersih.
  2. Haluskan daging buah alpukat tersebut hingga berbentuk seperti pasta.
  3. Tambahkan setengah potong buah pisang.
  4. Tambahkan pula 2 sendok makan minyak zaitun. Campurkan semua bahan tersebut dengan pasta alpukat tadi.
  5. Setelah itu, ambil sebutir telur dan campurkan pada campuran sebelumnya dengan menggunakan blender hingga halus.

Setelah tercampur rata dan halus, kondisioner ini sudah bisa diaplikasikan di rambut.

Conditioner pisang.

Tanpa alpukat, conditioner pisang sendiri dipercaya mampu menyembuhkan rambut rusak dalam waktu yang sangat singkat. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapat, yaitu pisang, telur, madu, susu, dan minyak zaitun.

Cara pembuatan conditioner ini adalah dengan mencampurkan pisang dan telur dengan tiga sendok makan madu. Setelah itu, tambahkan tiga sendok makan susu dan lima sendok makan minyak zaitun sebelum diaduk menjadi sebuah pasta lembut dengan menggunakan blender atau mixer.

Conditioner telur dan cuka.

Campuran telur dan cuka sebagai conditioner mampu menambah kemilau rambut karena bantuan telur, dan cuka bisa menjadi bahan alami bagus yang mampu menangkal rontoknya rambut. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat conditioner ini juga bukanlah barang langka, yaitu:

  • Telur
  • Minyak zaitun
  • Madu
  • Cuka
  • Jus lemon

Cara membuatnya adalah dengan mengaduk 2 hingga 3 kuning telur dan tambahkan 4 ons cuka dan 5 ons jus lemon. Setelah itu, masukkan 8 ons minyak zaitun dan 3 sendok makan madu lalu campur menggunakan blender.

Beberapa orang mungkin akan menyebutkan bahwa pembelian bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sendiri conditioner ini akan lebih mahal dibanding conditioner bermerek, tapi dengan jumlah vitamin dan kandungan serta khasiat yang dimiliki, akan lebih baik jika kita mampu membuat conditioner alami untuk rambut.

Selamat mencoba. Pastikan pula Anda membaca artikel Tips Menjaga Kesehatan Rambut bagi Wanita Berjilbab, dan Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek. Selamat membaca.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here