SHARE

Tahukah Anda bahwa sebagian besar handbody moisturizer yang dijual di pasaran, mengandung minyak (mineral oil/produk turunan minyak fosil) sebagai bahan pembuatannya? Padahal, Anda juga bisa membuat handbody racikan sendiri di rumah, lho. Tentunya, handbody racikan ini dibuat menggunakan bahan alami, yang lebih aman untuk kulit.

Nah, pada artikel kali ini BerbagiSolusi.com akan berbagi pengetahuan mengenai cara membuat handbody racikan alami di rumah. Selamat membaca.

handbody moisturizer racikan

Membuat Handbody Racikan Sendiri dengan Bahan Alami

Handbody racikan alami ini bisa dibuat dengan cara sederhana menggunakan bahan berikut ini:

  • 1 bagian beeswax.
    Beeswax merupakan lilin yang dihasilkan dari olahan sarang lebah madu. Beeswax banyak dijual di toko penjual madu alam, atau juga dibeli di peternak lebah madu. Biasanya dijual dalam bentuk padat.
  • 1 bagian coconut oil (minyak kelapa) atau minyak zaitun.
    Coconut oil maupun minyak zaitun (olive oil) memiliki khasiat untuk menghaluskan serta mengunci kelembaban kulit. Selain itu, juga berguna untuk mencegah beeswax berubah bentuk menjadi padat.

Langkah pembuatan handbody alami.

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan telah tersedia, Anda bisa mulai dengan mengikuti langkah-langkah pembuatannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Beeswax biasanya dijual dalam bentuk padat seperti lilin, sehingga Anda harus melelehkannya terlebih dahulu. Gunakan wadah anti lengket, untuk memanaskannya. Gunakan api kecil, dan sebaiknya jangan gunakan microwave.
  2. Selagi beeswax dilelehkan, Anda juga bisa memanaskan minyak kelapa (coconut oil) atau pun minyak zaitun. Takaran minyak ini dan beeswax harus sama.
  3. Setelah beeswax meleleh dan minyak sudah cukup panas, campurkan keduanya menggunakan wadah yang cukup lebar, lalu dinginkan.
    Tips: pada langkah ini Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial dari bunga mawar ataupun melati, untuk menambah aroma alami handbody buatan Anda.
  4. Setelah campuran ini dingin, tempatkan pada wadah berpenutup rapat untuk menjaga daya tahan produk. Handbody siap digunakan.

Cara Menggunakan Handbody Racikan.

Anda sudah bisa menggunakannya sebagai handbody moist locker, yaitu untuk mengunci kelembaban kulit. Gunakan 2 kali dalam seminggu. Jangan gunakan terlalu sering, karena penggunaan yang terlalu sering dapat membuat kulit terasa kering. Agar hasilnya bisa maksimal dan tidak salah dalam penggunaannya, Anda sebaiknya melakukan cara yang benar dalam menggunakan handbody ini, yaitu sebagai berikut:

Bersihkan Tangan dan Kulit dengan Sempurna.

Sebelum menggunakan handbody ini, sebaiknya tangan dan area kulit yang akan diolesi harus dalam kondisi bersih agar bahan handbody bisa menempel dengan sempurna di kulit.

Pertama, bersihkan tangan dan kulit Anda dari berbagai kotoran, menggunakan air bersih. Bila perlu Anda bisa menggunakan hand scrub untuk membersihkan area kulit tangan dan lengan Anda. Scrub alami untuk membersihkan tangan bisa Anda buat sendiri menggunakan campuran brown sugar (gula merah bubuk) serta sedikit minyak (boleh minyak kelapa, minyak zaitun, maupun minyak biji anggur). Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak esensial jeruk untuk menambah aroma dan kesegaran scrub yang Anda buat. Selain itu, esensial jeruk bisa melunturkan minyak yang mungkin menempel ketika Anda membersihkan kulit Anda.

Gunakan campuran bahan tersebut sebagai scrub untuk membersihkan tangan dan lengan Anda. Lakukan pijatan dan usapkan dengan lembut selama sekitar 1 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Atasi Kekeringan di Kulit.

Setelah membersihkan kulit dengan scrub, mungkin jenis kulit tertentu akan mengalami sedikit rasa kering di kulit. Apabila Anda mengalaminya, gunakan 1 – 2 tetes minyak zaitun untuk menghindari kulit dari kekeringan. Tapi apabila kulit Anda tidak terasa kering, Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Gunakan Pelembab Alami untuk Tangan dan Kulit Anda.

Nah, karena handbody yang dibuat pada langkah di atas adalah sebagai pengunci kelembaban, maka kulit Anda harus lembab terlebih dahulu sebelum menggunakan handbody tersebut. Untuk melembabkan kulit Anda, gunakan pelembab alami yang bisa Anda buat sendiri, yaitu menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 1 sendok makan gel lidah buaya (aloe vera),
  • 1 sendok makan air matang,
  • beberapa tetes essential oil (minyak esensial). Anda bisa menggunakan minyak esensial lavender, melati, maupun bunga mawar.

Capurkan semua bahan tersebut, lalu gunakan sedikit demi sedikit untuk diusapkan dan dibalurkan di area kulit yang diinginkan. Anda mungkin akan merasa agak lengket dan sedikit berminyak sesaat setelah menggunakan campuran moisturizer ini, namun tidak perlu dirisaukan karena rasa lengket dan berminyak itu akan hilang dengan sendirinya. Namun, apabila rasa lengket terasa berlebihan, Anda bisa menambahkan sedikit air.

Tips: Apabila campuran yang Anda buat masih tersisa, Anda bisa tempatkan di wadah tertutup dan simpan di lemari pendingin untuk digunakan lagi kemudian hari.

Setelah langkah ini selesai, Anda bisa mulai menggunakan handbody yang sudah dibuat pada langkah pertama.

Mudah, bukan? Nah, semoga tips cara menghaluskan kulit dengan pelembab dan handbody racikan ini bisa bermanfaat buat Anda. Bagikan resep handbody ini di social media yang Anda miliki, agar bisa juga bermanfaat bagi orang-orang yang Anda cintai.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here