Kulit bersih dan putih adalah hal yang diinginkan banyak wanita. Warna kulit dipengaruhi oleh pigment dalam tubuh, gen, atau terpapar sinar matahari. Warna kulit yang gelap dan kusam karena terbakar sinar matahari dapat diatasi dengan berbagai cara.

Bahan Terbaik Dari Alam

Bagi seseorang yang tinggal di daerah tropis yang mendapat sinar matahari penuh, masalah kulit gelap karena terbakar sinar matahari menjadi hal yang sering dihadapi. Pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan krim tabir surya atau sunblock saat pagi hari sebelum melakukan aktifitas. Kemudian ulangi pemakaian krim tabir surya saat siang hari. Minum banyak air putih juga sangat membantu untuk melembabkan kulit. Membersihkan kulit juga perlu dilakukan secara rutin, membersihkan kulit membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan mempercepat peremajaan kulit dan menghindari kusam.

pemutih wajah alami

Meskipun sekarang banyak produk-produk kosmetik pemutih yang beredar di pasaran, bahan-bahan alami sangat dianjurkan untuk pemutih kulit. Alam telah menyediakan banyak bahan yang mengandung zat-zat yang baik bagi kesehatan kulit dan hampir tidak menimbulkan efek buruk apapun terhadap kulit.

Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit dapat dengan beberapa macam buah-buahan dan sayuran. Banyak buah-buahan tropis yang juga  berguna bagi kesehatan kulit dan mencerahkan kulit, seperti bengkoang dan nanas. Makanan yang Anda konsumsi juga akan berpengaruh bagi kulit Anda, makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin terutama vitamin B1 dan vitamin C. Vitamin tersebut akan membuat kulit Anda menjadi lebih cerah.

Bahan-Bahan Alami Pemutih Wajah

Penggunaan bahan-bahan alami untuk membuat kulit putih dan cerah telah digunakan oleh nenek moyang kita sejak dahulu. Pengetahuan tentang cara membuat kulit putih secara cepat dan alami tersebut ditularkan secara turun-temurun. Biasanya bahan-bahan ini dibuat lulur atau masker untuk penggunaan dari luar. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan sebagi pemutih alami. Bahan-bahan tersebut butuh pemakaian secara teratur agar hasilnya cepat terlihat.

Bengkoang

Siapa yang tidak kenal bengkoang, hampir semua orang mengetahui manfaat bengkoang. Selain baik bagi kesehatan, bengkoang berguna untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin B1, vitamin C, rotenon, pachyrizon yang terdapat dalam bengkoang terbukti efektif untuk mencerahkan kulit. Meskipun ekstrak bengkoang sudah banyak dikemas menjadi produk kosmetik yang lebih praktis, namun penggunaan bengkoang alami lebih dianjurkan karena tidak mengandung bahan kimia.

Kunyit

Kunyit dapat dengan cepat membuat kulit tampak lebih cerah. Kunyit dapat mengurangi produksi melanin. Melanin menyebabkan warna kulit menjadi gelap. Anda dapat mencoba membuat masker atau lulur kunyit yang dicampur dengan bahan lain seperti susu, lemon, atau mentimun.

Susu

Susu adalah bahan yang mudah didapat dan sangat baik bagi kesehatan kulit. Gunakan susu sebagai masker secara teratur sebelum tidur, niscaya wajah akan cepat menjadi cerah.

Tomat

Tomat dapat memutihkan kulit karena kandungan vitamin C yang dapat menghambat pigmentasi dan baik bagi peremajaan kulit. Anda dapat mencapur tomat dengan air jeruk, kemudian gunakan campuran terrsebut sebagi masker.

Jeruk Nipis

Hampir sama dengan tomat, kandungan vitamin C jeruk lemon yang tinggi dapat membantu mengatasi hiperpegmentasi. Selain sebagai pemutih, jeruk juga berguna untuk mengurangi minyak wajah dan mengecilkan pori-pori kulit.

Yoghurt

Yoghurt juga berguna untuk mengurang pigmentasi yang berlebihan dan menghilangkan flek hitam. Gunakan yoghurt bersama madu untuk masker wajah.

Kunci dari memutihkan wajah secara cepat adalah kesabaran dan teratur. Pemakaian dengan bahan bahan apapun atau dengan produk apapun tidak bisa meksimal jika tidak teratur. Jadi, selamat mencoba yaa… :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website