membuat lip balm alamiMenggunakan lip balm adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kelembaban bibir. Berbagai macam lip balm dengan beragam merk bisa dengan mudah didapatkan di toko perawatan kulit dan supermarket, namun tidak semua bisa cocok dan aman untuk kulit. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa bahan yang digunakan merupakan bahan yang aman.

Apabila Anda mempertimbangkan untuk menggunakan lip balm, mungkin Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membuat lip balm sendiri dari bahan-bahan alami.

Membuat Lip Balm untuk Melembabkan Bibir Kering dari Bahan Alami

Bahan Membuat Lip Balm.

Bahan yang digunakan untuk membuat lip balm, antara lain:

  • 1/4 gelas minyak kelapa (atau minyak almond)
  • 1/4 gelas cocoa butter
  • 1/4 gelas beeswax (lilin lebah)
  • Beberapa tetes minyak essensial orange, atau minyak essensial lainnya sebagai perasa alami.

Langkah Pembuatan Lip Balm Alami.

Untuk membuat lip balm ini, cukup dengan mengikuti beberapa langkah pembuatan sebagai berikut:

  1. Tempatkan minyak kelapa dan cocoa butter pada wadah tahan panas (misalnya mangkok kaca tahan panas/pyrex). Masukkan dalam microwave oven selama 1 – 2 menit hingga kedua bahan meleleh.
  2. Tambahkan beeswax, dan masukkan kembali ke dalam microwave selama beberapa menit. Hati-hati saat melakukan langkah ini, karena biasanya mangkok dalam kondisi sangat panas.
  3. Gunakan sendok untuk mengaduk campuran perlahan. Lakukan dengan gerakan memutar.
  4. Cek tingkat kekerasan campuran dengan cara mengangkat sendok, lalu didiamkan hingga bahan yang menempel di sendok mulai kering dan mengeras. Apabila campuran yang dibuat terlalu keras, tambahkan minyak kelapa sedikit demi sedikit. Apabila campuran terlalu lembut, tambahkan beeswax.
  5. Saat tingkat kekerasan yang diinginkan sudah didapatkan, segera tambahkan beberapa tetes minyak essensial, untuk menambah rasa dan aroma lip balm yang dibuat. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Segera tempatkan pada wadah bertutup rapat, seperti wadah cream atau wadah balsem. Biarkan wadah terbuka hingga dingin dan mengeras. Lip balm buatan sendiri ini sudah bisa digunakan. Tutup wadah setelah lip balm digunakan.

Resep membuat lip balm ini bisa Anda gunakan, baik untuk skala penggunaan pribadi, mapun skala industri untuk keperluan komersil. Anda cuma perlu menyesuaikan jumlah penggunaan bahan.

Tips Tambahan dalam Pembuatan Lip Balm.

Anda bisa mengganti penggunaan coconut oil (minyak kelapa) dengan jenis minyak lainnya, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau pun jenis vegetable oil lainnya. Pilihan ini disesuaikan dengan khasiat yang ingin didapatkan, karena tiap-tiap minyak memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Cari tahu lebih banyak mengenai kandungan dan khasiat berbagai jenis minyak tersebut. Misalnya, khasiat minyak zaitun untuk kulit antara lain untuk membantu regenerasi kulit, karena mengandung vitamin E, dan khasiat minyak lainnya yang tentunya berbeda-beda.

Anda juga bisa menambahkan aneka bubuk herbal untuk menambahkan rasa, aroma, serta khasiat tertentu pada lip balm yang Anda buat. Tambahan bahan yang mengandung SPF alami juga bisa dipertimbangkan, karena akan membantu melindungi kulit dari sinar UV yang bisa mengganggu kesehatan kulit.

 

Nah, semoga tips cara membuat lip balm alami untuk bibir ini bisa bermanfaat buat Anda. Baca pula artikel BerbagiSolusi.com sebelumnya mengenai cara merawat bibir kering agar senantiasa lembab dan terawat.

One thought on “Membuat Lip Balm untuk Bibir Kering dari Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website