Berbagisolusi.com –¬†Perawatan kulit dengan menggunakan lulur merupakan salah satu resep kecantikan secara turun temurun. Sejak jaman dahulu, nenek moyang kita selalu memakai lulur agar kulit mereka selalu kencang dan cantik. Lulur yang digunakan berasal dari bahan-bahan alami dan terbukti ampuh untuk membuat kulit tampak cantik dan segar tanpa ada efek samping yang ditimbulkan.

Kulit cantik, bersih serta sehat tentu sangat diinginkan oleh setiap wanita. Anda dapat membuat lulur dari bahan yang sudah disediakan oleh alam dan yang jelas tidak ada bahan kimia tambahan yang membahayakan kesehatan kulit anda. Selain itu bahan-bahanya mudah untuk  didapatkan dan proses pembuatannya cukup mudah, jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat lulur sendiri di rumah dengan bahan alami.

bahan alami untuk lulur

Resep Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Lulur.

Berikut ini beberapa resep lulur dari bahan alami:

Lidah buaya

Lidah buaya mempunyai khasiat yang luar biasa, selain untuk menyuburkan rambut, lidah buaya juga bisa untuk menghaluskan dan melembabkan kulit. Hal ini disebabkan karena kangandungan selulosa yang mampu meresap ke dalam kulit serta dapat menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga kulit tidak cepat kering serta terjaga kelembabannya dan tidak mudah kendur, serta dapat membantu mencegah penuaan dini. Bahan untuk membuat lulur yaitu lidah buaya, tepung gandum, minyak zaitun, air mineral.

Alpukat

Buah Alpukat kaya akan vitamin E dan omega 3, sehingga dapat menjadi antioksidan untuk mencegah penuaan dini serta sebagai pelembab untuk kulit. Buah alpukat juga bersifat anti inflamasi sehingga berfungsi untuk mendinginkan kulit. Lulur dari buah alpukat sangat cocok untuk kulit yang kering. Bahan untuk lulur ini adalah buah aplukat matang dihaluskan, kemudian dicampur dengan tepung beras merah serta minyak zaitun. Oleskan secara merata keseluruh tubuh.

Selain dimanfaatkan sebagai masker dan lulur, alpukat juga dapat diproses untuk diambil minyaknya. Minyak alpukat merupakan minyak nabati yang sangat ampuh untuk merawat kulit kering. Baca selengkapnya di sini.

Coklat

Lemak coklat yang terkandung dalam lulur coklat berkhasiat untuk melembutkan dan menghaluskan kulit anda, selain itu lulur coklat juga dapat memutihkan atau mencerahkan kulit. Adanya kandungan katekin yang dapat mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan melindungi kulit dari polusi.

Teh hijau

Teh hijau terkenal akan khasiatnya yang mengandung antioksidan polyphenols, vitamin C dan vitamin E. Lulur teh hijau berfungsi untuk menutrisi kulit, melancarkan peredaran darah dan berkhasiat mencegah penuaan dini, menyegarkan kulit serta melindungi kulit dari polusi. Vitamin C didalamnya dapat mencerahkan kulit, dan vitamin E nya dapat melembabkan. Lulur teh hijau dapat digunakan untuk mencegah jerawat dan flek hitam.

Baca panduan perawatan kulit menggunakan teh hijau, pada artikel sebelumnya: Masker Teh Hijau untuk Kulit.

Susu

Susu kaya akan zat asam beta hydroxy alami, campuran susu dalam lulur tidak saja berguna sebagai peeling untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati, tetapi juga dapat mencerahkan kulit sehingga kulit anda terlihat lebih halus. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga berkhasiat melembabkan sekaligus melindungi permukaan kulit agar lebih halus dan kenyal.

Bengkuang

Lulur bengkuang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih. Kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal di kulit, selain itu lulur bengkuang juga dapat mengencangkan kulit supaya kekenyalannya terjaga. Untuk memperoleh kulit yang cantik, anda harus terlebih dahulu menghaluskan bengkuang kemudian gunakan sebagai lulur agar tubuh anda terlindung dari paparan sinar matahari.

Tulisan mengenai perawatan kulit dengan masker bengkoang sudah banyak dan sering diulas di situs BerbagiSolusi.com. Baca artikel-artikelnya, pada topik Masker Bengkoang.

Kalau Indonesia memiliki warisan untuk perawatan kecantikan, kenapa anda harus pergi ke luar negeri untuk melakukan operasi plastik. Indonesia kaya akan resep-resep tradisional yang terbukti ampuh untuk merawat kecantikan. Tinggal bagaimana kita dapat mengolahnya menjadi bahan berkhasiat untuk kulit.

One thought on “Membuat Lulur Dari Bahan Alami: Bengkoang, Susu, Minyak Alpukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website