SHARE

Tidak hanya kulit wajah saja yang perlu perawatan spesial, tapi juga rambut supaya tetap sehat dan berkilau; masker rambut dari pisang, minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu bisa dicoba karena khasiatnya sangat super. Perawatan murah nan sederhana yang bisa dibuat dan dilakukan di rumah tentu sangat menarik dan lebih dari itu, masker juga bekerja dengan efektif dan aman di kulit karena dari bahan alami. Seperti apa cara membuat masker yang mengandung Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, dan Potassium ini?

masker rambut dari pisang madu

Masker Rambut dari Pisang, Minyak Kelapa, Minyak Zaitun, dan Madu

Bahan Membuat Masker

  • dua buah pisang yang sudah matang sekali
  • satu sendok makan madu
  • satu sendok makan minyak zaitun. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggantinya dengan minyak alpukat. Klik di sini untuk mendapatkan minyak alpukat murah.
  • satu sendok makan minyak kelapa

Cara Membuat Masker

Untuk membuat masker rambut ini, bisa dilakukan dengan mengikuti langkah pembuatan sebagai berikut:

  1. Dua pisang yang sudah disiapkan bisa diblender hingga lembut sempurna. Setelah tekstur sudah dipastikan lembut, barulah madu, minyak kelapa dan minyak zaitun ditambahkan untuk kemudian dicampur dengan mengaduknya hingga rata atau memblendernya hingga tercampur dengan baik.
  2. Jika sudah puas dengan tekstur campuran adonan masker tersebut, jangan ragu untuk diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala dengan tangan yang sudah dicuci bersih. Akan lebih baik jika pengaplikasian masker dimulai dari akar rambut hingga ujung.
  3. Tidak perlu terburu-buru mencuci rambut karena Anda harus membiarkan kandungan masker tersebut terserap ke dalam rambut dan kulit kepala paling tidak lima hingga sepulih menit.
  4. Selanjutnya, tentu rambut harus dibilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Membilasnya berkali-kali tentu akan lebih baik supaya adonan masker tidak ada yang tersisa; pakai waktu Anda dan bilaslah dengan santai.
  5. Membilas dengan air hangat saja belumlah cukup. Keramaslah dan cuci rambut dengan shampoo yang memiliki wangi yang enak supaya bau dari masker tadi bisa dihilangkan (karena beberapa orang tidak akan suka dan nyaman dengan bau dari adonan masker).

Pilihan masker rambut lainnya: Membuat Masker Rambut dari Alpukat untuk Rambut Kering dan Rusak.

Tips yang Perlu Diperhatikan

Ikuti pula beberapa tips tambahan berikut ini, agar masker rambut dihasilkan bisa lebih baik dan lebih berkualitas.

  • Banyak mungkin yang heran mengapa harus pisang yang sudah matang sekali yang dipilih dan digunakan untuk masker dan bukan pisang yang matangnya normal. Alasan memilih pisang yang tingkat kematangannya lebih adalah supaya bisa dengan mudah diblender atau dihancurkan dan dilembutkan hingga menjadi bentuk pasta yang sempurna. Kandungan dan khasiatnya tetap sama meski terlalu matang, jadi tidak perlu khawatir.
  • Akan lebih santai jika Anda menggunakan waktu libur untuk membuat dan menggunakan masker rambut buatan rumah ini karena memang butuh waktu yang agak lama untuk menjadikan pisang terblender dengan baik sampai benar-benar halus. Kalau tidak ada waktu banyak atau tidak sabaran, ada bagian-bagian kasar yang tertinggal dan ketika diaplikasikan ke rambut akan susah juga waktu dibilas.
  • Membekukan pisang dan kemudian mencairkannya sebelum dicampur dan diproses bersama bahan lainnya akan membantu Anda ketika memblendernya. Hasilnya akan lebih cepat hancur.

Baca pula: Membuat Masker Rambut dari Susu, Telur, Minyak Zaitun, dan Madu.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa kandungan nutrisi penting di dalam masker ini yang pastinya akan membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Rambut yang kering pun akan diatasi dengan tepat karena folikel-folikelnya akan diperkuat juga. Kalaupun memiliki dobel masalah rambut, tidak masalah karena akan disembuhkan oleh kandungan potassium pada masker.

Tidak perlu susah-susah mencari bahan yang dibutuhkan untuk masker ini; selain itu, perawatan rambut dengan cara ini tidak akan menguras kantong. Masker rambut dari pisang, minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu ini bahkan bisa juga untuk mencegah kerusakan rambut; jadi, siapkah untuk memulai perawatannya hari ini?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here