SHARE

penyegar nafas buatan sendiriPenyegar nafas dari berbagai merk cukup banyak dijual di toko-toko. Rasa, aroma, dan kandungannya sangat bervariasi. Begitu pun dengan harganya. Anda dapat saja memilihnya, namun mungkin pula ada baiknya untuk mempertimbangkan membuat sendiri penyegar nafas (mouthwash) sendiri di rumah. Keuntungan yang bisa didapatkan dari mencoba membuat mouthwash ini antara lain, mulai dari upaya produktif dan penghematan, menambah keterampilan dan pengetahuan, hingga upaya peningkatan ekonomi (misalnya untuk industri).

Nah, sekarang bagaimana cara membuat mouthwash penyegar nafas ini? Ikut petunjuknya berikut ini:

Cara Membuat Sendiri Mouthwash/Penyegar Nafas

Bahan dan peralatan yang harus disiapkan

Persiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, berikut ini:

  • Botol kontainer berpenutup, untuk wadah mouthwash setelah selesai dibuat.
  • Setengah gelas air murni (distilled water).
  • 2 sendok teh baking soda.
  • 2 tetes tea tree essential oil.
  • 2 tetes minyak esensial peppermint.

Proses Pembuatan

Langkah Membuat Penyegar Nafas sangat sederhana. Setelah semua bahan disiapkan, masukkan semua bahan ke dalam kontainer, lalu kocok hingga 1 – 2 menit agar semua bahan tercampur rata. Campuran ini pun sudah bisa digunakan untuk berkumur. Ingat: seperti halnya produk mouthwash komersil, penyegar nafas buatan sendiri ini tidak boleh ditelan.

Setelah beberapa menit tidak digunakan, biasanya baking soda akan mengendap di dasar botol. Untuk itu, kocok bahan setiap sebelum digunakan.

Khasiat Mouthwash Buatan Sendiri

Mouthwash yang Anda buat ini memiliki sejumlah khasiat, antara lain:

  1. Membersihkan kotoran di sela gigi dan daerah yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.
  2. Menyegarkan nafas, dengan aroma peppermint yang berasal dari minyak esensial peppermint asli.
  3. Antibakteri alami, yang berasalĀ  dari minyak esensial tea tree.
  4. Menjaga kondisi kesehatan mulut secara umum.

Alternatif Bahan untuk Membuat Penyegar Nafas

Selain menggunakan bahan yang disebutkan pada langkah di atas, sejumlah bahan berikut ini juga bisa dijadikan alternatif untuk membuat penyegar nafas:

Daun Sirih

Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Air rebusan daun sirih ini juga sangat efektif untuk mengatasi sejumlah gangguan mulut, sariawan, bau mulut, hingga sejumlah gangguan di gigi. Ini tentunya berkaitan dengan kemampuan daun sirih sebagai antiseptik atau antibakteri, yang dapat membunuh sebagian besar bakteri penyebab gangguan mulut.

Namun perlu diingat, penggunaan daun sirih untuk mengatasi bau mulut tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena juga dapat membunuh bakteri baik yang dibutuhkan di mulut. Penggunaan yang dianjurkan, maksimal sebanyak 1 kali dalam sehari.

Air Putih

Salah satu penyebab nafas tak segar adalah dehidrasi (dan lapar). Saat seseorang merasa haus (dan lapar), enzim pengatur keasaman di mulut bekerja, sehingga dapat menyebabkan nafas tak segar. Untuk mengatasinya, cukup dengan minum yang cukup, hingga dehidrasi segera hilang.

Buah-buahan yang mengandung Vitamin C

Strawberry, orange, kiwi, dan aneka buah lainnya, bisa juga digunakan untuk mengatasi bau mulut, meski efeknya hanya bertahan sementara. Namun dengan penggunaan secara rutin, masalah bau mulut bisa diatasi sampai tuntas. Hal ini dikarenakan, buah-buahan tersebut mengandung air dangan kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Cara Membuat Penyegar Nafas dari Buah-buahan

mengatasi bau mulut

Penyegar nafas dari buah bervitamin C ini ternyata cukup mudah, yaitu dengan mengikut langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan buah-buahan yang diperlukan, yaitu: 5 buah strawberry, 1 buah jeruk orange, dan 2 buah kiwi.
  2. Cuci bersih buah-buah tersebut, lalu potong-potong seukuran dadu. Jeruk langsung dipotong-potong tanpa perlu dikupas.
  3. Masukkan buah-buahan tersebut ke dalam toples kaca berpenutup.
  4. Tambahkan air ke dalam toples hingga semua buah terendam. Sangat dianjurkan menggunakan air matang, namun bukan air panas/hangat.
  5. Tutup toples, eratkan.
  6. Simpan di dalam kulkas. Diamkan, agar nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam buah ikut larut dalam air.
  7. Setelah 1 malam, penyegar nafas ini sudah bisa digunakan. Minum air rendaman buah ini secukupnya pada pagi hari, terutama setelah bangun tidur. Ulangi bila perlu. Penyegar nafas ini bisa tetap digunakan selama 1 minggu.

Tentunya masih banyak bahan lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut, serta menyegarkan nafas, yang dapat dibuat sendiri di rumah. Selain menyenangkan dan menyehatkan, juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran.Selamat mencoba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.