Apa bisa mencerahkan kulit cuma dengan masker rumahan dan bahan-bahan alami? Tentu saja bisa! BerbagiSolusi.com kali ini akan membahasnya secara tuntas untuk Anda. Baca terus, yaa.

Bagaimana cara mencerahkan kulit dengan masker rumahan?

Kunci utama dalam mencerahkan kulit adalah dengan membuat kulit bersih dari kotoran dan sel kulit mati yang menempel di kulit. Kotoran dan sel kulit mati ini mungkin sangat tipis, namun dapat membuat warna kulit lebih gelap. Ketebalan kotoran dan sel kulit mati yang tidak merata, menyebabkan warna kulit tidak merata alias belang-belang. Kondisi inilah yang sering kali menyebabkan munculnya bercak-bercak hitam di kulit.

Nah, jadi agar warna kulit bisa lebih cerah adalah dengan membuat kulit lebih bersih. Selain itu, gunakan pula beberapa bahan alami yang memang berkhasiat meningkatkan kecerahan warna kulit, sebagai masker wajah alami untuk kulit Anda. Berikut ini berapa masker alami untuk membuat kulit lebih cerah, bersih dari kotoran dan kulit mati.mencerahkan kulit dengan bengkoang

Masker Wajah Bengkoang untuk Mencerahkan Kulit.

Masker wajah pertama yang paling sering dicoba adalah masker bengkoang. Bengkoang merupakan bahan nabati yang kaya akan vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan sekaligus agen pencerah kulit. Tidak heran kalau di toko-toko kosmetik dapat dengan mudah ditemukan berbagai produk perawatan kulit yang terbuat dari bengkoang. Salah satunya adalah: Masker Wajah Organik Sari Bengkoang, yang diproduksi sendiri oleh tim BerbagiSolusi.com.

Apakah masker bengkoang bisa dibuat sendiri di rumah?

Tentu saja masker bengkoang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu Anda lakukan dalam rangka membuat masker bengkoang untuk mencerahkan kulit:

Persiapan bahan.

Pertama adalah persiapan bahan. Siapkan bahan-bahan untuk membuat masker, antara lain:

  • 1 buah bengkoang yang sudah cukup tua, berukuran besar. Kupas dan bersihkan, lalu potong-potong dadu.
  • 1 gelas air matang.
  • 1 sendok susu cair murni.

Langkah membuat masker bengkoang.

Berikutnya adalah langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Gunakan blender untuk menghancurkan bengkoang. Tambahkan 1 gelas air untuk mempermudah proses ini.
  2. Setelah bengkoang lumat, peras dan saring menggunakan alat saring santan, untuk diambil santan atau sari bengkoangnya. Tempatkan sari bengkoang yang dihasilkan dalam gelas kosong.
  3. Diamkan santan atau sari bengkoang selama 1 malam di dalam kulkas. Tapi ingat, jangan simpan di freezer yaa. Cukup simpan di kulkas, agar sari bengkoang tidak basi.
  4. Setelah didiamkan selama 1 malam, sari bengkoang akan mengendap di bagian dasar gelas. Endapan inilah yang disebut pati bengkoang, dan akan digunakan sebagai masker wajah. Secara perlahan buang semua air bengkoang dari gelas, hingga tersisa pati/endapannya saja.
  5. Tambahkan 1 sendok susu cair murni ke dalam endapan pati bengkoang dalam gelas, lalu aduk hingga rata.

Campuran pati bengkoang dan susu ini siap diaplikasikan di wajah Anda sebagai masker untuk mencerahkan kulit.

Cara Menggunakan Masker Bengkoang untuk Mencerahkan Kulit.

Setelah masker selesai dibuat dan siap digunakan, berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara menggunakan masker bengkoang secara benar. Berikut ini cara-caranya:

  1. Pertama, basuh wajah Anda dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit. Cara ini akan mempermudah proses pembersihan kulit hingga ke dalam pori.
  2. Berikutnya, balurkan masker bengkoang yang sudah Anda buat, di wajah Anda. Balurkan pula pada area sekitar leher, dada, dan pundak. Lakukan pijatan selama 1 – 2 menit, agar kotoran dan sel kulit mati dapat terkikis dari kulit.
  3. Setelah selesai membalurkan masker dan melakukan pijatan, diamkan hingga masker keras dan mengeras, sekitar 30 menit. Selama proses ini, bahan masker (vitamin C dan mineral pada susu) akan bekerja mencerahkan kulit.
  4. Setelah 30 menit, basuh dan bilas wajah sebanyak 2 kali: pertama, basuh wajah dengan air hangat hingga semua bahan masker luruh dan bersih dari kulit, lalu basuh kembali dengan air dingin (air normal) agar pori-pori kulit kembali menutup.

Gunakan masker 2 kali seminggu, pada malam hari menjelang tidur.

Masker Rumahan Lainnya yang Dapat Mencerahkan Kulit.

Selain masker bengkoang yang sudah dibahas di atas, beberapa masker rumahan lain bisa juga digunakan untuk mencerahkan kulit Anda. Dengan adanya beberapa pilihan masker, Anda dapat menentukan dan mencoba jenis-jenis masker tertentu yang sesuai untuk jenis kulit wajah Anda.

Berikut ini beberapa masker wajah nabati lainnya yang dapat Anda pilih:

Masker buah alpukat.

Masker buah alpukat sangat cocok digunakan untuk membersihkan dan merawat wajah dengan tipe kulit kering. Kandungan lemak dan sejumlah mineral dan vitamin pada buah alpukat sangat tepat digunakan sebagai perawatan kulit kering Anda.

Lebih lanjut mengenai masker buah alpukat dapat Anda baca pada artikel Cara Membuat Masker Alpukat.

Sebagai alternatif untuk kulit kering, Anda juga dapat menggunakanminyak alpukat yang lebih simpel dan efektif. Klik di sini untuk informasi cara mendapatkan minyak alpukat.

Aneka Masker Buah untuk Perawatan Kulit.

Beberapa masker buah juga bisa Anda gunakan untuk merawat wajah Anda agar senantiasa terlihat cerah. Baca artikel sebelumnya: Masker Buah Racikan untuk Kulit, untuk mengetahui beberapa jenis masker buah yang dapat Anda coba buat dan aplikasikan untuk wajah Anda.

Beberapa jenis masker buah yang dapat dijadikan masker untuk mencerahkan wajah, di antaranya adalah masker stroberi dan masker mentimun.

Lulur dan Masker Wajah Racikan Kami.

Selain beberapa resep masker wajah yang sudah diuraikan penjelasannya di atas, Anda juga dapat mencoba beberapa produk masker yang kami miliki, yang sudah terbukti membantu banyak pelanggan mendapatkan kulit yang cerah. Produk masker dan lulur racikan kami, di antaranya adalah:

  • Masker Wajah Organik – Sari Bengkoang, yang terbuat dari bengkoang dan aneka racikan bahan herbal, untuk mencerahkan kulit wajah dan membuatnya tampak lebih putih merona; serta
  • Lulur Pemutih Organik – Susu, Beras, Bengkoang, yang terbuat dari 3 bahan utama: susu, beras, dan bengkoang, ditambah sejumlah minyak nabati yang dapat membantu meningkan tone kulit menjadi lebih cerah, dan tampak lebih putih alami.

**

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mencerahkan wajah menggunakan masker racikan rumahan. Selamat mencobanya di rumah. Jika memiliki pertanyaan seputar resep ini dan produk yang kami miliki, silakan ajukan pada kolom komentar di bawah.

3 thoughts on “Mencerahkan Kulit dengan Masker Rumahan dari Bengkoang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website