SHARE

Rokok mengandung nikotin, yaitu senyawa yang sangat beracun untuk kulit. Kandungan radikal bebas pada nikotin dapat menyebabkan kerusakan kulit apabila kulit rutin terpapar atau terkena asap rokok. Kerusakan kulit akibat nikotin bisa bermacam-macam, dan sering terjadi pada sejumlah tempat di kulit, seperti bibir dan kantung mata.

rokok dan masalah kulit

Kerusakan kulit pada sekitar bibir yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok biasanya ditandai dengan berubahnya warna bibir. Nikotin menyebabkan bibir kehilangan warna alaminya, sehingga berubah menjadi lebih gelap. Pada kondisi yang lebih parah, bibir akan terlihat sangat gelap dan menghitam. Pada tepi bibir juga akan terlihat kerutan-kerutan, mulai dari kerutan halus hingga kerutan yang lebih tegas.

Untuk mengatasi masalah bibir gelap dan keriput akibat rokok ini, biasanya perokok wanita menutupi dengan lipstik. Namun, cara ini tidak dapat menyelesaikan masalah. Cara terbaik untuk mengatasinya tentunya dengan secara total berhenti dari kebiasaan merokok. Apabila Anda tidak bisa berhenti merokok, mungkin beberapa tips dan cara alami berikut ini bisa membantu mengatasi bibir hitam akibat kebiasaan merokok Anda. Disimak, ya!

Mengatasi Bibir Hitam dan Gelap akibat Rokok

Menggunakan aneka buah berry.

Buah jenis berry, seperti raspberry atau strawberry dapat menjadi solusi pertama untuk mengatasi masalah kulit bibir yang gelap akibat merokok. Campurkan madu, raspberry atau strawberry, serta daging aloe vera, lalu jadikan campuran yang berbentuk pasta. Anda dapat menggunakan blender, atau dengan mencincang halus semua bahan tersebut. Oleskan dan balurkan campuran tersebut pada sekujur bibir Anda, diamkan 5 – 10 menit, lalu bilas. Lakukan secara rutin setiap hari, atau setiap habis merokok.

Agar hasilnya lebih maksimal, oleskan lip-balm pada bibir Anda setelah menggunakan campuran di atas. Baca tulisan sebelumnya: cara membuat lip-balm alami untuk bibir Anda.

Campuran Gliserin, Madu, dan Perasan Jeruk Nipis

Cara berikutnya yang efektif mengatasi bibir gelap akibat rokok adalah dengan mencampurkan madu, gliserin, dan air perasan jeruk nipis, lalu dioleskan pada bibir Anda. Untuk hasil yang terbaik, lakukan pada malam hari menjelang tidur.

Anda juga dapat mencoba mencampurkan kelopak bunga mawar yang dihancurkan, dengan gliserin secukupnya. Oleskan di bibir pada malam menjelang tidur.

Buah Delima dan Strawberry

Cara lainnya agar bibir tidak hitam meski rutin merokok adalah dengan menggunakan resep campuran buah delima dan strawberry. Buah delima dan strawberry dapat memberikan warna merah alami yang dimilikinya untuk merangsang kembalinya warna alami bibir.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan buah delima dan stawberry menggunakan blender, lalu disaring untuk diambil sarinya. Gunakan sari campuran buah delima dan buah strawberry ini sebagai lip-balm alami sementara untuk bibir Anda. Bilas dengan air dingin dan bersih setelah 20 menit. Setelah itu oleskan gliserin atau lip-balm untuk menjaga bibir agar tetap lembab.

Minyak Almond dan Minyak Kelapa

Berikutnya adalah dengan menggunakan minyak almond dan minyak kelapa untuk mengembalikan warna alami bibir. Gunakan almond oil (minyak almond) untuk memijat bibir Anda setiap hari agar warna gelap di bibir bisa berkurang. Saat menjelang tidur, pijat kembali bibir Anda dengan almond oil atau minyak kelapa, dan biarkan selama semalam penuh. Cara ini tidak hanya mengurangi warna gelap di bibir serta membuat bibir kembali cerah, tapi juga sekaligus membuat bibir terjaga kelembaban alaminya.

Mengatasi Masalah Kantung Mata Akibat Rokok

Masalah kulit lainnya yang bisa terjadi akibat rokok adalah kerusakan kulit di area mata, terutama pada bagian di bawah mata. Gangguan dan kerusakan kulit ini tampak dari munculnya kantung mata, yaitu area kulit di bawah mata yang tampak kendur, lebih keriput, dan tampak muram. Masalah kantung mata ini tentu sangat mengganggu penampilan Anda.

Untuk mengatasi masalah kantung mata akibat rokok ini, bisa dengan menggunakan beberapa cara berikut:

Krim pengencang kulit

Cara pertama yang mungkin paling mudah adalah dengan menggunakan krim pengencang kulit. Ada banyak produk krim pengencang kulit yang bisa Anda pilih. Pilihlah produk yang dapat meningkatkan produksi kolagen, agar kulit sekitar mata bisa kembali kencang.

Vitamin E: Minyak Zaitun dan Minyak Almond

minyak kelapa dan vcoCara berikutnya adalah dengan mengoleskan minyak nabati yang mengandung vitamin E di sekitar mata. Minyak yang bisa Anda gunakan antara lain minyak zaitun dan minyak almond. Minyak lainnya yang mungkin juga bisa Anda pilih adalah minyak kelapa dari jenis VCO (Virgin Coconut Oil). Baca tulisan sebelumnya mengenai cara membuat vco untuk mengetahui cara mendapatkan virgin coconut oil ini.

Aneka minyak nabati ini apabila rutin digunakan, dapat mengikis lapisan kulit mati di sekitar kantung mata. Selain itu, juga menjaga kulit di sekitar kantung mata agar senantiasa lembab dan terawat.

Menggunakan Masker Wajah Organik.

masker bengkoangUntuk mengatasi keriput di kulit serta masalah kantung mata, Anda juga dapat menggunakan Masker Wajah Organik, yang kaya akan vitamin E dari minyak zaitun untuk merawat wajah Anda. Masker organik ini dapat membantu mempercepat regenerasi kulit sekaligus mengangkat lapisan kulit mati di wajah. Klik di sini untuk pemesanan Masker Wajah Organik.

Demikian tips mengatasi gangguan rokok di kulit, seperti perubahan warna bibir serta masalah kantung mata. Selamat mencoba. Ingatlah, solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan berhenti merokok. Tetap jaga kesehatan dan jaga pula kecantikan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here