SHARE

Ada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif sehingga mudah bereaksi terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik. Tidak jarang orang mengalami alergi pada suatu produk kosmetik tertentu dan jika dibiarkan mungkin akan semakin parah. Ini dia beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam mengatasi dan mencegah reaksi kulit akibat kosmetik.

2 Jenis Reaksi Kulit Terhadap Produk Kosmetik

Ketahui lebih dulu tentang dua jenis reaksi kulit terhadap produk kosmetik supaya bisa segera mencegah kondisi menjadi lebih parah atau bisa segera mengatasinya:

Allergic Contact Dermatitis

Allergic Contact Dermatitis adalah tipe reaksi kulit yang pertama dimana kulit menjadi sensitif dan alergi terhadap bahan kimia tertentu yang terkandung di dalam kosmetik. Penyebab reaksi kulit ini biasanya adalah pengawet dan wewangian; lalu apa yang akan terjadi pada kulit? Anda akan merasa gatal-gatal, kulit kemudian menjadi bengkak dan kemerahan. Namun, jangan menganggap bahwa produk kecantikan ada yang tidak memakai wewangian karena pada dasarnya semua menggunakannya untuk menutupi bau dari bahan kimia; hati-hati karena reaksi alergi bisa tetap terjadi sekalipun tidak tercium bau yang terlalu wangi.

iritasi kulit akibat kosmetik

Jika ingin tahu apakah ada bahan wewangian yang termasuk di dalam produk kosmetik yang ingin dibeli, coba cek dan baca baik-baik kemasannya karena biasanya ada label yang tertulis di sana. Jika saat dibaca label tertulis tanpa parfum atau bebas pengharum, maka mungkin lebih aman bagi kulit Anda. Selain itu, pengawet selalu ada dan digunakan dalam membuat produk kosmetik dan biasanya bisa memicu reaksi alergi meski tidak dialami oleh semua orang.

Irritant Contact Dermatitis

kulit iritasi akibat kosmetikIrritant Contact Dermatitis adalah tipe reaksi kedua dan ini adalah tipe yang paling umum ditemui. Lakukan tes produk kecantikan sedikit saja ke kulit sebelum membelinya karena jika tidak cocok maka daerah kulit yang diolesi dengan kosmetik tersebut akan menjadi merah, gatal, dan terasa panas seperti terbakar. Waspadalah apabila jenis kulit yang dimiliki kering dan hati-hati jika kulit sedang terluka karena reaksi akan lebih kuat dan bisa lebih parah.

Tips Aman untuk Mencegah Reaksi Negatif Kulit Terhadap Bahan Kosmetik dan Perawatan Kulit

Simak juga beberapa tips aman untuk menjauhi reaksi kulit yang berlebihan terhadap produk kosmetik apapun seperti berikut ini:

  1. Cek apakah ada tulisan yang bisa menjamin bahwa produk kosmetik tersebut tidak menimbulkan iritasi, contohnya seperti apakah sudah melalui tes sensitivitas, sudah dites juga oleh dermatologis, dan tertulis hypoallergenic.
  2. Jika memakai minyak wangi, sebaiknya disemprotkan ke pakaian bukan ke kulit apalagi kulit tangan seperti yang kebanyakan orang lakukan. Risiko reaksi kulit akan diminimalisasi dengan cara ini sehingga tidak membahayakan kulit.
  3. Lakukan tes sebelum membeli produk (karena biasanya selalu ada sampel produk), jika dalam 48 jam terasa gatal atau terjadi kemerahan dan bengkak, produk tersebut memang tidak cocok buat Anda.
  4. Produk dengan sedikit bahan kimia akan lebih aman.

Sebenarnya tidak hanya produk kosmetik seperti lotion atau minyak wangi saja yang bisa menyebabkan reaksi kulit atau alergi, tapi produk cat kuku, lipstik, shampo, makeup untuk mata, deterjen, sabun, dan deodorant pun juga termasuk produk yang harus diwaspadai. Produk kecantikan tidak hanya itu saja, cat rambut juga termasuk yang bisa berbahaya bagi kulit kepala karena di dalamnya terkandung p-phenylenediamine serta ammonium persulfate; tanpa bahan tersebut, rambut tidak akan terlihat terang setelah dicat. Setelah mengetahui beberapa tips mengatasi dan mencegah reaksi kulit akibat kosmetik, semoga Anda lebih bijak dalam memilih produk dan jika iritasi berkelanjutan segera hubungi dokter.

Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati iritasi kulit akibat kosmetik.

Sejumlah bahan alami bisa digunakan untuk mengobati iritasi kulit, misalnya:

  • Minyak zaitun, sebagai anti oksidan serta bahan yang dapat membantu regenerasi kulit,
  • Madu, sebagai anti inflmasi,
  • Minyak alpukat, sebagai anti oksidan yang sangat kuat untuk mencegah reaksi kulit dari gangguan dari luar.

Baca pula tips cara mengatasi penipisan kulit akibat kosmetik pada artikel sebelumnya, yang membahas cara alami mengobati iritasi kulit akibat salah penggunaan kosmetik. Baca pula khasiat minyak zaitun serta manfaat minyak alpukat, sebagai bahan alami untuk perawatan kulit yang mengalami iritasi. Pada artikel tersebut juga bisa didapatkan informasi mengenai cara mendapatkan minyak alpukat serta bagaimana cara membuatnya.

Selamat membaca kembali, dan jangan lupa tinggalkan komentar.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.