mengatasi iritasi kulitSinar matahari memang sangat penting perannya dalam kehidupan, begitu pun bagi kesehatan. Namun, sinar matahari yang terlalu terik bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Iritasi kulit akibat terpapar sinar matahari ini biasanya ditandai dengan rasa perih seperti terbakar, terkadang ditandai pula dengan kulit yang menjadi lebih kering dari biasanya, serta rasa tidak nyaman ketika disentuh.

Untuk mencegah terjadinya masalah iritasi ini, Anda bisa menggunakan lotion yang mengandung tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Anda juga dapat menggunakan pelindung kulit, seperti payung, topi, atau pakaian tertutup, agar kulit tidak terpapar secara terus menerus di bawah terik matahari.

Bagaimana cara mengatasi iritasi akibat terpapar sinar matahari?

Apabila kulit sudah terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama, sehingga mengalami iritasi, Anda dapat membuat ramuan alami untuk meredakan iritasi tersebut. Resep ramuan pereda iritasi kulit ini bisa Anda buat dengan cukup mudah, yaitu dengan langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut:

Resep Pereda Iritasi Kulit Akibat Sinar Matahari.

Bahan-bahan

Dalam membuat pereda masalah iritasi kulit ini, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 batang/daun aloe vera berukuran besar, ambil gel/dagingnya saja.
  • 1 sendok teh minyak esensial lavender.
  • 1 cup minyak nabati.

Penjelasan khasiat bahan.

Aloe Vera.
Aloe vera dapat memberikan sensasi dingin, sehingga dapat dengan cepat meredakan rasa perih dan panas akibat iritasi di kulit. Aloe vera juga merupakan bahan utama yang paling sering digunakan untuk mengatasi berbagai jenis iritasi kulit. Gunakan aloe vera alami untuk menjamin kealamian bahan. Hindari memilih aloe vera yang sudah berbentuk gel, karena dikhawatirkan sudah tercampur dengan berbagai bahan non organik yang bisa jadi akan membuat iritasi semakin parah.

Minyak esensial lavender.
Minyak esensial lavender, berkhasiat untuk membuat kulit lebih rileks. Lavender essential oil ini juga dapat membantu untuk meredakan luka bakar ringan, serta untuk mengatasi iritasi akibat salah penggunaan kosmetik. Aroma minyak esensial lavender juga sangat nyaman dan menenangkan.

Minyak nabati.
Minyak nabati yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi iritasi kulit ini antara lain adalah minyak almond. Minyak nabati ini berperan sebagai moisturizer atau pelembab alami kulit. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun. Apabila Anda memiliki tipe kulit kering, Anda dapat menggunakan minyak alpukat sebagai pengganti minyak almond ini. Klik di sini untuk mendapatkan minyak alpukat.

Cara Membuat Pereda Iritasi Kulit.

Setelah semua bahan disiapkan, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membuat ramuan pereda iritasi kulit:

  1. Campurkan gel aloe vera dengan minyak nabati (minyak almond/minyak zaitun/minyak alpukat). Anda dapat menggunakan blender untuk mempercepat proses pencampuran.
  2. Tambahkan minyak esensial lavender ke dalam campuran.

Setelah semua bahan tercampur, ramuan ini sudah dapat Anda gunakan dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang teriritasi. Untuk mempermudah penggunaan, Anda dapat menggunakan botol spray untuk sebagai wadah ramuan. Dengan menggunakan botol spray, Anda dapat lebih mudah menggunakannya ketika diperlukan. Tinggal disemprotkan ke daerah kulit yang mengalami iritasi.

Ulangi penggunaan ramuan ini setiap 3 hinggal 5 jam hingga iritasi reda sepenuhnya. Simpan di dalam kulkas agar ramuan bisa lebih awet dan dapat digunakan jika sewaktu-waktu diperlukan.

Semoga artikel mengenai perawatan kulit yang iritasi akibat terbakar sinar matahari ini bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba. Baca pula artikel sebelumnya mengenai cara membuat masker bengkoang dan minyak alpukat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website