mengatasi rambut lepek berminyakRambut merupakan mahkota wanita,  karena itu setiap wanita selalu menjaga kecantikan rambut. Ada banyak masalah rambut yang bisa terjadi, mulai dari ketombe, rambut bercabang, rontok, sampai rambut lepek dan berminyak. Rambut berminyak dan lepek sangat mengganggu penampilan. Meski sudah berdandan, kadang penampilan tidak terlihat segar.

Pada kesempatan kali ini, kita akan sharing seputar rambut lepek; penyebab dan penanganannya.

Mengatasi Masalah Rambut Lepek dan Berminyak

Sebelum kita menjelaskan tips dan cara penanganan rambut lepek dan berminyak, ada baiknya kita mengetahui penyebabnya supaya kita bisa menghindarinya

Beberapa penyebab rambut berminyak dan lepek:

Malas keramas

Faktor utama penyebab rambut berminyak dan lepek adalah malas keramas. Rambut yang tidak dicuci atau dibersihkan secara teratur akan gampang sekali berminyak.

Salah memakai shampoo

Faktor penyebab lain adalah salah memilih shampoo. Pilihlah produk shampoo,  kondisioner dan bahan-bahan perawatan rambut yang  tidak  mengandung bahan kimia seperti dioxane, propylene glycol, lauryl sulfate, dll  yang dapat menimbulkan minyak pada rambut sehingga menjadikannya lepek.

Mengikat rambut saat basah

Rambut butuh udara segar agar tumbuh dengan baik. Mengikat rambut saat basah mengakibatkan minyak akan bergumpal pada kulit kepala dan menyatu dalam helai rambut

Mengonsumsi makanan berminyak secara berlebih

Mengonsumsi makanan berminyak dalam jumlah dan porsi yang banyak menjadi  salah satu pemicu rambut berminyak.

Tips Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

Tips 1: Keramas Secara Rutin    

Keramas secara rutin, setidaknya 2 hari sekali. Namun jika aktifitas di luar ruang Anda sangat padat dan sering berkeringat, maka keramaslah setiap hari. Gunakan shampo bayi atau shampo herbal untuk mencuci rambut. Bila perlu, Anda bisa konsultasi dengan pakar untuk mengetahui produk sampo yang dianjurkan. Ingat, pilih yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasarnya Pastikan bahwa Anda sudah membilas rambut sampai bersih, sehingga tidak ada sisa shampo yang menempel di kulit kepala.

Tips 2: Mengolekan Minyak Zaitun Sambil Memijat kulit kepala

Panaskan minyak zaitun, minyak kelapa dan sejenisnya beberapa saat. Kemudian oleskan pada kulit kepala sambil memijatnya dengan lembut. Bilas rambut secara menyeluruh sampai bersih setelah melakukan perawatan ini.

Tps 3: Makan makanan bergizi

Kesehatan rambut dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karenanya, perhatikan diet makanan yang tepat. Kurangi makanan berlemak dan berminyak untuk mengurangi kadar minyak pada kulit kepala dan rambut.

Tips 4: Tidak Menggunakan kondisioner

Rambut yang sangat berminyak, tidak cocok diberi kondisioner. Kalau pun memakai kondisione, gunakan pada ujung-ujung rambut saja.

Tips 4: Hindari gel atau serum rambut

Hindari penggunaan serum dan gel pada rambut, karena penggunaan serum dan gel pada rambut dapat membuat rambut menjadi semakin lepek dan berminyak.

Tips 5: Jeruk nipis setelah keramas

Jeruk nipis adalah bahan alami yang segar dan baik untuk perawatan rambut. gunakan  air perasan dan bilaskan setiap habis keramas. Jangan sampai kena kulit kepala. Perasan air jeruk nipis ini sebagai pemberi nutrisi atau pengganti kondisioner.

Tips 6. Menggunakan gel lidah buaya

Lidah buaya berkhasiat member nutrisi pada rambut sekaligus menyehatkan kulit kepala. Gosokkan secara rutin  untuk mendapatkan hasil maksimal. LIdah buaya mengandung banyak vitamin, antara lain A, B, C, dan E.

Tips 7: Tidak Terlalu sering menyisir rambut

Terlalu sering menyisir rambut dapat mendorong kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Pada akhirnya, ini akan membuat rambut jadi terlihat lepek dan kucel.

Tips 8: Tidak Menggosok Dengan Kasar

Jangan menggaruk kulit kepala atau menggosok rambut terlalu kencang. Hal ini bisa berakibat lecet, ketombe, dan dapat merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak sekresi minyak.

Demikian 8 Tips untuk mengatasi permasalah rambut lepek dan berminyak. Semoga Bermanfaat, dan dapat membantu Anda mengatasi masalah rambut yang Anda alami. Selamat mencoba. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website