SHARE

Ada beberapa makanan untuk hilangkan stress jika Anda mengalami stress berkepanjangan. Stress ini sendiri banyak sumbernya seperti misalnya ketika Anda telat bekerja, atau karena tugas menumpuk. Bisa juga karena masalah-masalah di rumah, misalnya karena sibuk pindah rumah, atau sedang dalam kondisi ekonomi rumah tangga yang sedang sulit. Stress dapat dengan mudah diketahui tanda-tandanya pada tubuh. Anda akan mengetahui kapan stress menyerang karena Anda bisa merasakan reaksi kimia yang membuat jantung semakin cepat dan otot mengencang.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress?

Mengatasi stress termasuk gampang-gampang sulit, karena sejumlah metode yang sudah berhasil pada seseorang belum tentu bisa berhasil pada orang lain. Namun, beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi stress, antara lain:

manfaat meditasi

  • Meditasi.
    Mengenai meditasi sudah dibahas pada artikel khusus mengenai meditasi (klik untuk membaca artikel). Salah satu khasiat meditasi adalah untuk menstabilkan kerja jantung, menenangkan pikiran, melatih fokus berpikir, serta untuk menghilangkan stress.
  • Melatih pikiran untuk fokus.
    Salah satu penyebab stress adalah tumpukan tugas, yang membuat Anda bingung harus mengerjakan tugas yang mana. Stress yang diakibatkan oleh hal seperti ini bisa diatasi dengan melatih diri untuk bisa berpikir dengan fokus, serta menyelesaikan masalah satu-demi-satu. Latihlah diri untuk mampu menilai dan menentukan prioritas berbagai hal dengan cepat, sehingga bisa lebih mudah menentukan masalah-masalah apa saja yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.
  • Memperbaiki mood saat pagi.
    Mood Anda pada pagi hari bisa menentukan mood Anda seharian, sehingga memperbaiki mood saat pagi hari sangat dianjurkan. Memperbaiki mood bisa dilakukan dengan olahraga ringan pada pagi hari, meditasi, sarapan yang benar, dan hal-hal kecil seperti mengecup orang yang kita sayangi. Selengkapnya mengenai ini juga telah dibahas tuntas pada artikel sebelumnya yang berjudul Tips Memperbaiki Mood pada Pagi Hari.
  • Rekreasi.
    Lepas sejenak dari rutinitas dan kesibukan bisa menjadi langkah yang paling mudah untuk mengatasi stress. Kunjungi tempat-tempat yang Anda sukai pada akhir pekan, dan lupakan sejenak mengenai pekerjaan. Dengan melakukannya, Anda akan mengurangi tingkat stress pada pikiran Anda. Pada hari berikutnya, Anda akan kembali memulai hari dengan mood dan perasaan yang lebih baik.
  • Mengkonsumsi makanan yang bisa menghilangkan stress.
    Sejumlah jenis makanan bisa dikonsumsi untuk menghilangkan stress. Makanan-makanan ini biasanya makanan yang bersifat anti-depresi, yang bersifat menenangkan. Makanan yang bisa menghilangkan stress tersebut akan dibahas di bawah.

Nah, itulah beberapa tips menghilangkan stress yang bisa Anda coba.

 

Mengatasi Stress dengan Mengkonsumsi Makanan yang Tepat

stress dan makananMeskipun stress adalah hal yang natural terjadi pada manusia, jika tidak diatur dengan baik dan dibiarkan begitu saja akan menimbulkan banyak efek negatif pada kesehatan. Hal tersebut juga akan menurunkan daya tahan dan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti masuk angin, meningkatnya tekanan darah, dan resiko diabetes serta depresi. Karena hal inilah, Anda harusnya melakukan olahraga atau terapi untuk menghilangkan stres yang juga bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan tertentu seperti:

Pisang

Selain bisa berfungsi sebagai panganan ringan yang sehat, pisang juga dapat digunakan sebagai bahan makanan yang mampu mengurangi stress pada seseorang. Dengan mengonsumsi pisang setiap harinya, seseorang akan bisa mendapat tambahan vitamin B6 yang mampu meningkatkan daya produksi serotonin oleh otak. Selain itu juga pisang mengandung zat yang mampu menurunkan tekanan darah, yaitu potasium.

Coklat Hitam

Jika mulai merasa stress menyerang Anda, segera manjakan diri dengan mengonsumsi sedikit coklat hitam. Pengurangan stress melalui konsumsi coklat hitam terjadi karena produksi serotonin otak yang disebabkan oleh antioksidan dalam coklat yang bernama resveratrol. Zat kimia tersebut adalah zat yang mampu mengubah mood seseorang dan telah terbukti melalui riset dapat membuat seseorang merasa lebih rileks dan bahagia. Bukan hanya antioksidan, tapi nutrisi yang ada pada coklat hitam dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanannya.

Mengandung hal-hal baik bukan berarti coklat hitam dapat dikonsumsi secara berlebih, karena sesungguhnya hanya dibutuhkan satu ons coklat hitam per hari untuk membantu menghilangkan stress. Terlalu banyak konsumsi coklat malah akan meningkatkan resiko diabetes pada seseorang. Para peneliti nutrisi menganjurkan untuk memilih coklat hitam yang mengandung paling tidak 70% coklat untuk hasil yang lebih baik.

Salmon

Zat baik yang ada pada salmon diberi nama omega-3, sebuah zat yang tidak hanya baik untuk jantung tapi juga untuk mengatur stress seseorang. Lemak baik yang ada pada salmon juga setelah diteliti mampu melindungin neuron seseorang dari kerusakan yang mungkin bisa timbul karena stress, merupakan hal baik bagi mereka yang terpaksa menghadapi stress kronis. Untuk hasil yang lebih baik, para dokter menyarankan mengonsumsi salmon, tuna, atau sarden sebanyak 2 kali sehari. Jika ikan bukanlah makanan kesukaan Anda, omega 3 juga bisa didapat dari konsumsi walnut.

Teh

Bagi orang-orang yang terbiasa melakukan aktivitas minum teh setiap pagi dan di waktu senggang terutama teh hijau dan hitam, mereka akan sulit terserang stress karena asam amino L-theanine yang diproduksi oleh teh tersebut. Asam amino yang terdapat pada teh tersebut akan meningkatkan produksi serotonin dan dopamin yang membuat otak merasa jauh lebih baik. Karena hal ini juga, meskipun segelas teh hijau punya kafein yang lebih banyak dibanding kopi, L-theanine akan menegasikan efek kafeinnya.

Stress mungkin tidak akan hilang secara instant, dan butuh waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya namun paling tidak Anda telah mencoba dengan meningkatkan konsumsi makanan untuk hilangkan stress.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here