Kali ini kita akan kembali mengulas mengenai bahan nabati yang dapat digunakan untuk merawat kulit, terutama untuk kulit berminyak. Bagaimana cara menghilangkan minyak di wajah dengan bahan nabati ini? Kita akan sama-sama bahas pada artikel kali ini:

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dengan Bahan Nabati.

Minyak di wajah sebenarnya memiliki khasiat, yaitu untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhindar dari masalah kulit kering. Namun, pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak, produksi minyak di kulit bisa lebih banyak, sehingga akan sangat mengganggu. Minyak dapat dengan mudah membuat wajah terlihat kusam, karena kotoran dan debu akan sangat mudah menempel di wajah. Untuk itu, kebersihan wajah perlu perhatian ekstra agar terhindar dari komedo, jerawat, dan berbagai infeksi kulit.

Untuk membersihkan wajah dari minyak dan kotoran, Anda dapat menggunakan produk pembersih yang sudah teruji dan banyak dijual di pasaran. Anda juga dapat menggunakan Masker Wajah Organik yang memang sangat baik dalam menyerap kelebihan minyak di kulit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan berbagai tissue penyerap minyak yang bisa Anda gunakan kapan saja untuk menyerap kelebihan minyak di wajah Anda.

Selain itu, alternatif lainnya untuk mengatasi dan menghilangkan minyak di wajah adalah dengan menggunakan sejumlah bahan nabati, di antaranya:

    Mentimun;

  • Pisang dan lemon;
  • Stroberi dan lemon;
  • Greentea dan aloevera;

Sejumlah bahan tersebut bisa sangat bermanfaat untuk membantu menyerap dan menghilangkan minyak, sekaligus membersihkan kotoran yang menempel di kulit.

Cara Membuat Masker Bahan Nabati untuk Kulit Berminyak

Berikutnya BerbagiSolusi.com akan menguraikan beberapa resep bahan nabati untuk merawat kulit berminyak. Resep-resep ini bisa Anda coba di rumah, dengan bahan yang mudah Anda temukan. Disimak, ya!

masker nabati mentimun untuk kulit berminyak

Masker Mentimun untuk Kulit Berminyak.

Masker pertama yang akan kita bahas adalah masker mentimun. Mentimun memiliki khasiat mendinginkan kulit, sehingga dapat membantu meredam produksi minyak di kulit. Selain itu, juga berperan sebagai antiinflamasi yang membantu mengatasi pembengkakan dan infeksi, yang rentan terjadi pada jenis kulit berminyak, seperti jerawat.

Bahan-bahan.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat masker mentimun ini antara lain:

  • 1 potong mentimun berukuran 2 – 5 cm, kupas bersih;
  • 1 butir telur, ambil putih telurnya saja;
  • 1 sendok teh sari jeruk lemon atau sari jeruk nipis;
  • 1 sendok makan kaolin. Apabila kesulitan mendapatkan kaolin, dapat menggunakan bedak bayi yang terbuat dari kaolin. Pilihlah bedak bayi yang tidak mengandung parfum.

Cara membuat.

Berikut ini cara membuat masker mentimun setelah semua bahan disiapkan:

  1. Potongan buah mentimun segera dicincang menggunakan pisau hingga halus.
  2. Campurkan dengan putih telur dan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan kaolin atau bedak bayi, aduk kembali hingga rata dan campuran menjadi pasta.

Bagaimana cara menggunakan masker mentimun ini pada kulit berminyak?

Balurkan secara merata di wajah, hindari area sekitar mata dan bibir. Diamkan selama 20 menit, lalu basuh menggunakan air hangat.

Gunakan masker mentimun ini 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Sebaiknya gunakan pada sore atau malam hari, karena air jeruk nipis atau air jeruk lemon sensitif terhadap sinar matahari.

masker nabati untuk kulit berminyak

Resep Membuat Masker Wajah dari Pisang, Madu, dan Lemon untuk Kulit Berminyak.

Resep membuat masker wajah berikutnya adalah masker yang dibuat dari kombinasi antara buah pisang, madu, dan jeruk lemon. Masker ini sangat cocok sebagai alternatif perawatan nabati untuk kulit berminyak. Berikut ini cara membuatnya.

Cara membuat masker untuk kulit berminyak dari bahan nabati pisang, madu, dan lemon:

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain 1/2 daging buah pisang yang sudah matang, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh air perasan jeruk lemon.
  2. Campurkan semua bahan. Pastikan pisang dilunakkan dan tercampur dengan madu dan sari jeruk lemon, hingga berbentuk pasta yang kental. Dinginkan sejenak di lemari pendingin, sekitar 5 menit.

Cara menggunakan masker pisang:

Masker pisang yang sudah dibuat ini bisa langsung digunakan pada kulit berminyak, terutama pada area wajah. Balurkan secara tebal dan merata pada wajah Anda. Jangan digunakan pada area sekitar bibir dan mata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air dingin.

Gunakan masker ini 1 atau 2 kali dalam seminggu, pada sore atau malam hari.

Sensasi sejuknya akan membuat kulit lebih nyaman, dan produksi minyak di wajah dapat dikurangi. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada buah pisang, serta kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat pada madu akan sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Vitamin C yang terkandung pada sari jeruk lemon juga dapat membantu mencerahkan wajah Anda.

Nah, selamat mencoba. Semoga tips mengatasi masalah kulit berminyak serta cara membersihkan kulit berminyak ini bisa memberikan manfaat bagi Anda. Baca pula artikel sebelumnya, yaitu Cara Membuat Masker Nabati untuk Kulit Kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website