Stretch mark atau bekas guratan yang biasanya muncul di kulit, sering terjadi pada perempuan sehabis melahirkan. Stretch mark terjadi karena adanya tarikan dalam jangka waktu yang cukup panjang, akibat perut dan sejumlah bagian tubuh yang membesar selama terjadinya kehamilan. Tarikan-tarikan pada kulit ini akibatnya meninggalkan bekas di kulit, yang disebut stretch mark. Area kulit yang sering mengalami stretch marks biasanya adalah sekitar perut bagian bawah, panggul, bokong, paha, dan lengan bagian atas. Tidak hanya terjadi pada wanita hamil dan habis melahirkan, stretch mark juga sering terjadi pada seseorang yang mengalami kegemukan.

Bekas guratan atau stretch mark ini sering kali membuat tidak nyaman, karena dapat mengganggu penampilan dan dapat mengurangi kepercayaan diri. Padahal, ada lho cara alami untuk menghilangkan stretch mark, yaitu dengan menggunakan minyak nabati. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan minyak nabati:

Menyamarkan stretch mark dengan minyak zaitun.

Opsi pertama yang dilakukan untuk menghilangkan stretch mark sehabis melahirkan adalah dengan menggunakan minyak zaitun, karena minyak zaitun sangat berkhasiat dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

olive oil untuk stretch markMinyak zaitun mengandung vitamin E yang berperan sebagai moisturizer alami untuk kulit. Selain itu, vitamin E pada minyak zaitun juga dapat merangsang produksi kolagen di bawah jaringan kulit, sehingga memperbaikan ikatan-ikatan pada jaringan kulit, membuat kulit lebih elastis.

Khasiat vitamin E yang lainnya adalah untuk merangsang regenerasi sel kulit. Kerutan pada stretch mark merupakan kumpulan sel-sel kulit yang mati, sehingga dengan vitamin E pada minyak zaitun, sel-sel kulit mati tersebut akan diganti (diregenerasi) dengan sel-sel kulit yang baru.

Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Stretch Mark.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan stretch mark sehabis melahirkan, cukup mudah. Oleskan minyak zaitun pada area kulit yang mengalami stretch mark secara rutin setiap hari, utamanya pada malam hari menjelang tidur. Tidak perlu dibilas setelah mengoleskan minyak zaitun, karena tekstur minyak zaitun cukup mudah diserap oleh kulit.

Menggunakan Minyak Alpukat untuk Menghilangkan Stretch Mark pada Kulit Kering.

MINYAK ALPUKATMinyak nabati lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark adalah minyak alpukat. Minyak alpukat dapat digunakan untuk mengatasi stretch mark yang muncul pada tipe kulit kering, karena minyak alpukat memiliki kandungan lemak yang sehat dan baik untuk menjaga elastisitas alami pada kulit kering.

Sama seperti minyak zaitun, minyak alpukat juga dapat membantu merangsang produksi kolagen untuk membuat kulit lebih awet muda. Khasiat lainnya adalah untuk melembabkan kulit secara alami, yaitu lewat kandungan vitamin E yang cukup tinggi pada alpukat.

Minyak alpukat merupakan minyak nabati yang paling sering digunakan untuk merawat kulit kering. Penggunaannya bisa secara langsung, yaitu dioleskan di kulit, ataupun dengan cara oral (dikonsumsi).

Penggunaan umum minyak alpukat untuk menghilangkan stretch mark sehabis melahirkan adalah dengan cara oles, atau sebagai pengganti krim malam. Oleskan minyak alpukat pada area kulit yang terdapat stretch mark, secara merata. Diamkan, tidak perlu dibilas. Lakukan minimal 1 kali setiap hari, atau menjelang tidur.

Di mana bisa mendapatkan minyak alpukat?

Minyak alpukat bisa didapatkan di toko-toko online yang khusus menjual minyak alpukat, seperti minyakalpukat.com.

Anda juga dapat membuat sendiri minyak alpukat, namun cara yang dilakukan cukup rumit dan kuantitas minyak yang dihasilkan juga tidak banyak. Baca artikel sebelumnya mengenai cara membuat minyak alpukat apabila Anda tertarik untuk membuat minyak alpukat.

Nah, demikianlah beberapa tips menghilangkan stretch mark sehabis melahirkan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar dan berbagi pengalaman Anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website