Mengusir dan mengatasi nyamuk di rumah, yang sering digunakan biasanya adalah obat nyamuk. Baik itu obat nyamuk cair, spray, maupun obat nyamuk bakar. Padahal, setiap kita pasti sudah tahu kalau obat nyamuk dibuat menggunakan bahan kimia yang sangat berbahaya. Obat nyamuk tidak hanya menjadi racun bagi nyamuk, tapi juga racun bagi tubuh kita, yang bisa menyebabkan gangguan sistem pernafasan, merusak sistem saraf, hingga menyebabkan kematian.

Mencegah gigitan nyamuk, serta mengusir dan mengatasi masalah nyamuk, sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang lebih sehat dan aman tanpa obat nyamuk. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir dan mengatasi masalah nyamuk di rumah Anda. Semua cara-cara ini menggunakan metode alami, tanpa obat nyamuk. Disimak, ya!

cara sehat alami mengusir nyamuk

Cara Sehat dan Alami untuk Mengatasi dan Mengusir Nyamuk.

Beberapa metode dan cara alami untuk mengusir nyamuk yang mengganggu di rumah Anda, antara lain adalah sebagai berikut:

Membuat Perangkap Nyamuk Menggunakan Ragi dan Gula

Cara pertama untuk mengatasi nyamuk adalah dengan menggunakan perangkap nyamuk yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Perangkap nyamuk ini menggunakan bahan-bahan dan peralatan sederhana, di antaranya:

  • Botol plastik bekas minuman soda, ukuran 2 liter.
  • Gula pasir. Anda juga dapat menggunakan brown sugar.
  • Ragi.
  • Air.

Cara membuat perangkap nyamuk ini sangat mudah, yaitu sesuai langkah-langkah berikut ini:

  1. Potong botol menjadi 2 bagian. Potong agak dekat ke lengkung corong botol.
  2. Masukkan potongan botol yang berbentuk corong, ke dalam potongan botol yang lainnya secara terbalik. Eratkan menggunakan isolasi atau lakban.
  3. Bungkus sekeliling botol dengan koran bekas atau lakban, agar cahaya sulit masuk dan bagian dalam botol benar-benar gelap, sehingga lebih disukai nyamuk.
  4. Masukkan bahan-bahan ke dalam botol: gula, dan air. Lalu tambahkan ragi. Tidak perlu diaduk.
  5. Tempatkan botol perangkap nyamuk ini pada sudut-sudut ruangan yang sering didiami nyamuk.

Perangkap nyamuk ini bekerja dengan membuat gas karbondioksida yang sangat disukai nyamuk. Gas ini terbentuk dari reaksi kimiawi antara air, gula, dan ragi. Gas karbondioksida akan menarik perhatian nyamuk, sehingga nyamuk akan masuk ke dalam perangkap dan kesulitan keluar. Nyamuk yang sudah masuk akan terperangkap di air yang terdapat di dalam botol.

Diamkan perangkap selama beberapa minggu, dan Anda akan terkejut dengan ratusan atau ribuan nyamuk yang akan terperangkap di dalam botol.

Anda juga dapat mengikuti langkah-langkahnya seperti video berikut ini:



Mengusir nyamuk menggunakan Bunga Lavender dan Cuka

Anda juga dapat mengusir nyamuk menggunakan cara alami lainnya, yaitu menggunakan bunga lavender dan cuka. Bunga lavender sudah dikenal berkhasiat untuk mencegah gigitan nyamuk, sehingga sering digunakan pada produk-produk pencegah gigitan nyamuk. Cara membuat anti nyamuk dari bunga lavender dan cuka adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan-bahan, yaitu 1 genggam bunga lavender kering dan cuka (disesuaikan ukuran botol yang digunakan).
  2. Masukkan bunga lavender ke dalam botol plastik.
  3. Tambahkan cuka hingga setengah sampai 2/3 botol.
  4. Diamkan selama 2 minggu. Kocok 1 kali sehari agar zat anti nyamuk pada bunga lavender bisa larut dengan sempurna ke dalam cuka.
  5. Setelah 2 minggu, campuran ini sudah dapat digunakan dengan cara dioleskan di kulit atau disemprotkan ke sudut-sudut rumah yang sering dihinggapi nyamuk. Lakukan setiap hari sampai benar-benar tidak ada lagi nyamuk di rumah Anda.

Mengusir dan Mencegah Nyamuk Menggunakan Listerine

Listerine merupakan obat kumur yang sangat populer. Namun, siapa sangka bahwa Listerine juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dan mencegah gigitan nyamuk? Cara alami mengusir nyamuk menggunakan Listerine ini sangat mudah dan layak Anda coba di rumah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan 1 botol Listerine dan 1 botol spray. Anda dapat menggunakan botol bekas parfum yang sudah dibersihkan.
  2. Tuangkan Listerine ke dalam botol spray.
  3. Semprotkan ke area kulit yang ingin dilindungi dari gigitan nyamuk.
  4. Semprotkan pula ke sudut dan area ruangan yang sering dihinggapi nyamuk. Dalam beberapa minggu nyamuk akan benar-benar hilang dari rumah Anda.

mencegah nyamuk menggunakan listerine

Kandungan bahan menthol, thymol, dan eucalyptol, yang terdapat pada Listerine ternyata merupakan bahan yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Nyamuk akan segera pergi menjauh ketika mencium aroma dari 3 bahan tersebut. Karenanya, Listerine sangat ampuh digunakan untuk mengusir dan mengatasi nyamuk. Selain lebih sehat, aroma menthol pada Listerine juga lebih menyegarkan dibandingkan aroma anti-nyamuk yang banyak dijual di pasaran.

Tips: pilihlah Listerine yang berwarna kuning (Original), karena memiliki kandungan yang lebih kuat untuk digunakan mengusir nyamuk.

***

Ternyata, mengusir dan mengatasi nyamuk bisa dilakukan secara lebih sehat dan alami, bukan? Selamat mencoba. Mulai sekarang, tinggalkan penggunaan obat anti nyamuk yang tentunya sangat beracun dan berbahaya bagi kesehatan kita.

One thought on “Mengusir Nyamuk Cara Sehat dan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website