Migrain atau sakit kepala sebelah sering kali menyerang, terutama pada orang-orang yang aktif bekerja menggunakan pikiran, yang tidak diimbangi dengan istirahat cukup. Penyebab migrain bisa bermacam-macam, begitupun cara penyembuhannya. Maka dari itu, ketahui apa saja potensi penyebab migrain dan cara mengatasinya seperti yang dibagikan di sini.

penyebab migrain

Macam-macam Penyebab Migrain yang Bisa Terjadi

Faktor Gaya Hidup

  1. Terlalu sering berolahraga dengan waktu yang lama akan membutuhkan energi yang cukup besar dan jika tidak kuat, maka migrain bisa terjadi karena teorinya adalah tekanan udara serta detak jantung yang meningkat. Namun, terlalu sedikit atau jarang berolahraga juga bisa jadi salah satu pemicu migrain.
  2. Banyaknya tekanan entah itu bersumber dari masalah pekerjaan atau masalah lain bisa membuat gelisah dan pada akhirnya menimbulkan sakit kepala sebelah atau migrain.
  3. Mengenakan kacamata yang tidak sesuai dengan resep dari dokter mata dapat membuat pusing ataupun migrain. Begitu juga dengan penggunaan kacamata yang terlalu kencang dan kacamata hitam yang kemungkinan bisa menghambat pandangan.
  4. Gaya rambut juga ternyata bisa jadi pemicu migrain. Tidak semua wanita nyaman memakai jepit rambut dan bando karena aksesoris tersebut dapat membuat kepala jadi migrain. Misalnya, kunciran yang dibuat terlalu kencang akan membuat kepala tidak nyaman dan pada akhirnya menyebabkan pusing. Potongan poni setara dengan mata juga tidak nyaman karena akan menghalangi pandangan.
  5. Tidur terlalu lama, tidak cukup tidur, mengganti jam tidur, dan menggunakan bantal tidak nyaman dan pas untuk leher dan kepala juga bisa menyebabkan sakit migrain.

Faktor Lingkungan

  1. Kualitas penerangan dari lampu yang digunakan. Entah di rumah atau di kantor, tempat-tempat tersebut adalah dua tempat yang disinggahi paling lama dan ketika penerangan terlalu redup atau justru terlalu terang akan sangat mengganggu. Lampu neon serta lampu yang terus berkedip akan membuat pusing. Sinar matahari yang terlalu terik serta terlalu lama berada di depan komputer atau ponsel adalah penyebab lain yang harus diperhatikan.
  2. Cuaca yang berubah-ubah termasuk salah satu penyebab migraine. Selain itu, penyebab alergi seperti debu dan serbuk sari juga dapat memicu sakit migrain.
  3. Bau yang menyengat dari bensin, parfum serta asap rokok bisa mengganggu penciuman beberapa orang dan akhirnya malah membuat pusing.

Faktor Makanan/Nutrisi

  1. Minuman beralkohol juga dapat menimbulkan sakit kepala seperti migrain.
  2. Minuman yang mengandung kafein tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering, seperti teh, cokelat, soda, dan kopi karena memicu sakit kepala sebelah.
  3. Makanan tyramine yang tinggi seperti roti beragi, alpukat, buah jeruk, keju yang diawetkan, serta makanan fermentasi dapat sebabkan migrain.

Bisa disimpulkan bahwa penyebab dari migrain itu sangat beragam; bisa dari apa yang kita lakukan setiap hari, apa yang kita makan, cium atau kenakan. Tenang saja karena tidak semua penyebab yang tertulis di atas akan terjadi pada seseorang karena mungkin hanya beberapa saja yang dapat membuat Anda tidak nyaman dan menimbulkan migrain. Kalau tidak yakin dengan apa yang menyebabkan migrain Anda sendiri, buatlah jurnal supaya lebih mudah menemukannya atau langsung saja temui dokter.

Solusi untuk Mengatasi dan Mengobati Sakit Migrain

Cara mengatasi migrain bisa dengan pergi istirahat dan tidur sejenak, tapi mungkin ada beberapa orang yang tetap merasa tidak baik meski telah beristirahat. Jika setelah bangun tidur masih merasa pusing, maka minumlah obat khusus untuk migrain. Untuk sekadar meredakan nyeri, bisa minum obat anti nyeri seperti paracetamol atau asam mefenamat. Temui dokter jika migrain masih berkelanjutan dan cari tahu lebih tentang penyebab migrain dan cara mengatasinya dengan obat dari dokter.

Mengatasi Migrain Tanpa Obat

Migrain juga bisa diatasi tanpa obat, yaitu dengan sejumlah treatment dan terapi. Treatment maupun terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi migrain, antara lain:

Akupunktur.

terapi akupunktur untuk migrainTerapi akupunktur bisa dijalankan sebagai terapi untuk mengobati migrain, terutama apabila migrain sangat sering menyerang, ataupun sudah dalam taraf mengganggu. Akupunktur merupakan metode pengobatan dari negeri China, yaitu dengan cara menusukkan ujung-ujung jarum ke sejumlah titik di tubuh. Metode akupunktur saat ini merupakan metode yang paling efektif untuk mengobati migrain. Namun, akupunktur tidak boleh dilakukan sembarangan, melainkan harus dilakukan oleh ahlinya. Ahli akupunktur berlisensi sekarang sudah banyak ditemui di berbagai kota di Indonesia.

Biofeedback.

Tubuh biasanya merespon rasa sakit dengan perubahan fisik tertentu, misalnya perubahan atau percepatan detak jantung, otot tegang, maupun rasa dingin pada telapak tangan. Dengan biofeedback, sensor menangkap setiap perubahan fisik ini dan memberikan informasi kepada pasien berupa cahaya berkedip maupun suara/nada tertentu.

Dengan informasi itu, pasien akan berlatih melakukan relaksasi untuk menangkal rasa sakit (migrain) tersebut. Sejumlah studi menunjukkan, terapi biofeedback ini secara efektif mengurangi tingkat nyeri migrain, serta mengurangi frekuensinya.

Terapi Pijatan.

terapi pijatSecara studi, terapi pijatan tidak membuktikan secara klinis mengenai hubungan antara pijatan dengan penyembuhan migrain, namun menunjukkan bahwa terapi pijatan mampu menurunkan jumlah penderita sakit kepala. Meski demikian, terapi pijatan tidak efektif jika dilakukan saat migrain baru menyerang.

Dengan teknik tertentu, pijatan bisa mengurangi maupun melepaskan stress, yang merupakan salah satu penyebab utama migrain. Jadi, meski tidak terbukti secara klinis, pijatan tetap bisa menjadi salah satu alternatif cara untuk mengatasi migrain.

Teknik Relaksasi dan Meditasi.

Relaksasi dan meditasi sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Cara ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mengurangi nyeri migrain, yaitu dengan menyeimbangkan pikiran dan tubuh, dengan cara-cara tertentu. Baca artikel sebelumnya tentang khasiat relaksasi dan meditasi sebelumnya.

meditasi

Olahraga Rutin dan Teratur.

Olahraga dapat meningkatkan kerja jantung, serta memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke kepala. Olahraga tidak menyembuhkan migrain, namun jika dilakukan secara teratur dapat mengurangi frekuensi munculnya migrain. Lakukan olahraga ringan, misalnya jogging ataupun aerobik, hingga tubuh mengeluarkan cukup keringat serta detak jantung mulai meningkat. Lakukan secara rutin hingga tubuh mulai bisa menyesuaikan diri dengan tingkatan-tingkatan olahraga tertentu.

Pijat Tengkuk dan Kepala.

pijat di tengkukPijatan pada tengkuk dan kepala terbukti merupakan cara cepat mengobati migrain. Meski cepat meredakan rasa nyeri akibat migrain, cara ini tidak dianjurkan dalam dunia kedokteran, karena dianggap dapat menyebabkan cedera serius, serta dapat mengganggu fungsi saraf yang banyak terdapat pada tengkuk, kepala bagian belakang, serta pada tulang punggung. Jadi, apabila Anda ingin mencoba cara ini, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.

Tidur.

Tidur juga dapat dijadikan sebagai solusi mengatasi migrain, karena dengan tidur yang benar seseorang dapat segera lupa pada rasa sakit dan nyeri, sehingga pada saat bangun tidur migrain sudah hilang. Namun, tidak semua jenis tidur bisa mengobati migrain. Tidur yang salah malah dapat memperparah rasa nyeri. Tidur yang dianjurkan adalah tidur yang cukup dan tidak terganggu.

Demikianlah beberapa informasi mengenai migrain, penyebab migrain, serta bagaimana cara mengatasinya tanpa obat. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. Baca pula artikel sebelumnya mengenai cara memperbaiki mood. Selamat membaca.

2 thoughts on “Penyebab dan Cara Mengatasi Migrain tanpa Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website