SHARE

minyak biji anggur untuk kulitMinyak biji anggur atau kadang disebut grapeseed oil atau grape seed oil adalah salah satu jenis minyak nabati yang dihasilkan dari ekstraksi biji anggur. Minyak biji anggur ini selain dimanfaatkan untuk minyak konsumsi, juga cukup populer digunakan untuk perawatan kulit. Apa saja khasiat grapeseed oil atau minyak biji anggur ini untuk kulit? BerbagiSolusi.com kali ini akan berbagi informasi dan membahas tuntas khasiat minyak biji anggur ini untuk kulit. Berikut ini ulasannya!

Manfaat Minyak Biji Anggur atau Grapeseed Oil untuk Perawatan Kulit

Grapeseed Oil untuk Mengatasi Jerawat

Salah satu khasiat utama minyak biji anggur untuk kulit adalah untuk melawan dan mengatasi jerawat. Grapeseed oil mengandung sejumlah antooksidan serta bahan anti-inflamasi, yang keduanya dapat bekerja melawan jerawat. Minyak biji anggur ini juga mengandung linoleic acid, yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit secara umum, sehingga tidak mudah terserang jerawat dan sejumlah gangguan kulit.

Minyak Biji Anggur Berkhasiat untuk Mengecilkan Pori-pori Kulit

Selain berkhasiat untuk merawat jerawat seperti yang sudah dibahas sebelumnya, grapeseed oil juga dapat membuat pori-pori kulit mengecil. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah komedo yang disebabkan pori-pori kulit yang terbuka, minyak biji anggur ini bisa menjadi salah satu solusi alami untuk mengatasi masalah kulit Anda. Ingat, pori-pori yang terbuka dapat menyebabkan komedo, serta membuat kotoran mudah masuk ke dalam pori, mengendap dan menimbulkan peradangan seperti jerawat dan bisul.

Mengatasi Lingkaran Hitam di Sekitar Mata.

Lingkaran hitam di sekitar mata atau biasa disebut mata panda dapat membuat wajah Anda terlihat kusam, tampak lelah dan kurang semangat. Masalah mata panda tersebut bisa diatasi dengan mudah menggunakan minyak biji anggur (grapeseed oil) ini. Oleskan minyak biji anggur secara tipis dan merata di sekitar mata Anda ketika sedang bersantai setiap hari hingga masalah mata panda ini bisa teratasi.

Grapeseed Oil Dapat Membantu Melembabkan Kulit

Khasiat lainnya dari minyak biji anggur adalah untuk melembabkan kulit. Minyak biji anggur ini dapat membantu melembabkan berbagai jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Teksturnya yang sangat halus dan tidak lengket juga tidak akan membuat pori-pori tersumbat. Sangat baik untuk digunakan sebagai terapi atau perawatan bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Minyak Biji Anggur untuk Membantu Mencegah Penuaan Kulit.

Tanda penuaan yang tampak di kulit adalah hal yang normal seiring bertambahnya usia. Namun, tanda penuaan yang terjadi pada usia yang relatif lebih muda harus Anda perhatikan lebih serius, karena bisa jadi hal ini karena kulit Anda kurang nutrisi. Bagi Anda yang mengalami masalah penuaan dini di kulit ini, cukup dengan mengoleskan minyak biji anggur pada malam hari menjelang tidur. Kandungan nutrisi dalam grapeseed oil ini dapat diserap oleh kulit, dan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Masalah kerutan dan garis halus di kulit pun bisa diatasi dengan lebih alami.

Berbagai Cara Penggunaan Minyak Biji Anggur/Grapeseed Oil untuk Kulit

Untuk mendapatkan khasiat minyak biji anggur untuk kulit, beberapa metode penggunaan berikut ini bisa Anda aplikasikan, antara lain:

Dikonsumsi.

Cara pertama dan utama adalah dengan cara dikonsumsi, yaitu dengan menjadikan minyak biji anggur sebagai minyak konsumsi. Anda dapat menjadikan grapeseed oil sebagai bahan tambahan pada konsumsi harian Anda, misalnya sebagai minyak salad, olesan roti, minyak olesan pada barbekyu dan lain sebagainya. Dengan cara ini nutrisi pada minyak biji anggur bisa diserap oleh tubuh lewat saluran pencernaan Anda.

Dengan cara dioleskan di kulit.

Cara berikutnya untuk mendapatkan khasiat grapeseed oil di kulit adalah dengan cara mengoleskannya secara langsung pada kulit yang ingin dirawat. Cara ini sangat efektif digunakan untuk mencegah dan mengatasi jerawat, untuk mengencangkan kulit, mengatasi mata panda dan lain sebagainya.

Sebagai Minyak Pijat.

Sebelum mandi ada baiknya juga menggunakan minyak biji anggur sebagai pengganti minyak pijat Anda. Selain dapat berguna untuk rileksasi otot-otot tubuh, nutrisi pada minyak biji anggur ini juga dapat diserap oleh kulit sehingga manfaatnya untuk kulit bisa langsung dirasakan.

Minyak Biji Anggur Digunakan Pada Pembuatan Sabun.

Cara lainnya untuk memanfaatkan minyak biji anggur adalah digunakan sebagai bahan campuran pembuatan sabun. Seperti yang kita ketahui, minyak nabati merupakan salah satu bahan utama yang diperlukan dalam membuat sabun mandi. Salah satu jenis minyak yang sangat baik digunakan dalam pembuatan sabun adalah minyak biji anggur.

Digunakan Sebagai Campuran Bahan Kosmetik

Sejumlah kosmetika juga kini mulai banyak menggunakan minyak biji anggur sebagai bahan aktifnya. Bentuk hasil pembuatan kosmetika ini antara lain adalah krim perawatan kulit.

Di Mana Membeli dan Mendapatkan Minyak Biji Anggur atau Grapeseed Oil ini?

Nah, setelah mengetahui khasiat dan manfaat minyak biji anggur, serta bagaimana cara menggunakannya, pertanyaan berikutnya adalah di mana bisa mendapatkan minyak ini. Sejumlah toko online kini sudah ada yang menjual minyak biji anggur, namun biasanya bentuknya yang berupa cairan akan menjadi kendala dalam proses pengiriman. Untuk itu, sebaiknya Anda mencarinya di toko-toko atau supermarket besar yang menjual berbagai minyak nabati. Berdasarkan pengalaman penulis, minyak biji anggur bisa ditemukan di toko/supermarket yang menjual bahan-bahan pembuatan kue karena minyak ini juga banyak dimanfaatkan pada pembuatan kue.

Berminat mencoba grapeseed oil ini untuk kulit Anda? Segera cari di toko atau supermarket terdekat di kota Anda. Baca pula tulisan mengenai khasiat minyak zaitun serta artikel tentang cara membuat minyak kelapa dan vco pada tulisan sebelumnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here