Hampir semua bagian dari buah kelapa dapat dimanfaatkan. Sabut kelapa bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi bahan karung goni, sementara tempurung kelapa dapat digunakan sebagai bahan baku aneka kerajinan. Air kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman sehat dan menyegarkan, serta sebagai bahan dasar pembuatan nata de coco. Sementara, daging buahnya dapat dikonsumsi, dijadikan kopra, diambil santannya, hingga dijadikan minyak kelapa.

Pada tulisan kali ini BerbagiSolusi.com akan membahas mengenai manfaat yang ditulis terakhir, yaitu minyak kelapa: apa saja jenis-jenis minyak kelapa, bagaimana cara membuatnya, serta berbagai manfaat dan kegunaan minyak kelapa. Disimak, yuk!

Jenis-jenis Minyak Kelapa (Coconut Oil).

Minyak olahan dari buah kelapa umumnya dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Minyak kelapa biasa, yaitu minyak kelapa yang diproses dengan cold pressing (dari kopra), maupun dengan proses pemanasan santan.
  • Virgin coconut oil (VCO), yaitu minyak yang dihasilkan dengan cara alami tanpa proses pemanasan.

Khasiat dari minyak kelapa dan virgin coconut oil.

Minyak kelapa dan vco termasuk minyak ajaib, yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, baik sebagai minyak konsumsi (minyak goreng), minyak tambahan makanan (misalnya salad), bahan utama untuk membuat aneka minyak herbal, hingga dijadikan bahan tambahan untuk industri (misalnya sabun, bahan perawatan kulit dan rambut, serta lain sebagainya).

Banyaknya jenis penggunaan minyak kelapa dan virgin coconut oil ini tentunya juga memberikan manfaat dan keuntungan, terutama untuk kesehatan. Minyak kelapa merupakan minyak konsumsi yang paling sehat dan menyehatkan, karena dapat menetralisir kadar kolesterol dalam darah, dan berbagai manfaat lainnya, seperti:

  • Perawatan penderita diabetes, gangguan jantung, masalah letih dan lesu, gangguan usus besar, hingga perawatan untuk penderita alzheimer.
  • Minyak kelapa dan vco juga sering dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas).
  • Menu diet untuk menjaga berat badan ideal.

Khasiat Minyak Kelapa dan VCO untuk Kulit dan Rambut.

Minyak kelapa dan vco juga memiliki khasiat untuk kulit dan rambut, sehingga sering dijadikan bahan industri pembuatan kosmetik, perawatan rambut, serta perawatan kulit. Khasiat utamanya adalah untuk menjaga kondisi kulit dan rambut tetap sehat, meningkatkan kelembaban, dan membuat rambut lebih halus. Khusus untuk kulit, minyak kelapa dan vco juga sering dimanfaatkan untuk mengobati gangguan kulit psoriasis.

Pada sejumlah daerah di berbagai negara, termasuk Indonesia, minyak kelapa sering dijadikan bahan utama untuk membuat minyak gosok herbal, di antaranya adalah digunakan sebagai minyak pijat dan urut dengan aneka khasiat.

Cara Membuat Virgin Coconut Oil (VCO).

Virgin coconut oil (VCO) dibuat tanpa melalui proses pemanasan maupun proses pengeringan. Pembuatan dilakukan langsung dengan memisahkan kandungan air dan minyak dari santan secara alamiah. Langkah pembuatan VCO secara lengkap dan mudah, adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 10 hingga 20 butir kelapa. Pilih yang sudah berusia cukup tua, ditandai dengan warna kulit yang lebih gelap.
  2. Kupas batok kelapa, ambil daging buah kelapa, buang air kelapa.
  3. Parut daging buah kelapa, baik menggunakan mesin parut, alat parut manual, maupun blender makanan.
  4. Rendam hasil parutan dengan air bersih hingga semua bagian terendam.
  5. Aduk dan remas-remas rendaman hasil parutan, agar santan bisa keluar dari ampas kelapa.
  6. Saring dan peras ampas kelapa agar bisa diambil santannya. Sebaiknya tempatkan dalam wadah transparan.
  7. Diamkan santan yang sudah didapatkan ini selama 10 hingga 20 jam dalam suhu ruangan.
  8. Setelah 10 – 20 jam, akan terbentuk setidaknya 4 lapisan: Lapisan paling bawah biasanya adalah ampas dan kotoran berat, sisa dari pasir maupun batok kelapa yang luput dibersihkan. Lapisan di atasnya adalah air. Lalu di atas air terdapat lapisan krim santan. Lapisan paling atas adalah minyak kelapa murni (VCO).
  9. Siapkan corong yang bagian dalamnya sudah dilapisi dengan kapas dan kain kasa, letakkan corong pada wadah penampungan.
  10. Secara perlahan, ambil lapisan minyak (lapisan paling atas), lalu tuang ke atas corong. Secara perlahan kapas dan kain kasa akan menyaring kotoran dan residu yang terikut pada cairan minyak. Proses ini membutuhkan kesabaran, karena proses penyaringan ini berlangsung sangat perlahan.

Setelah proses penyaringan ini, VCO murni sudah bisa digunakan. VCO yang baik ditandai dengan warnanya yang bening dan bersih.

Membuat Minyak Kelapa.

Setelah membuat virgin coconut oil mengikuti langkah di atas, Anda bisa lanjut membuat minyak kelapa biasa, yaitu dengan memproses krim santan yang dihasilkan pada proses pembuatan vco di atas.

  1. Setelah lapisan minyak (VCO) selesai diambil, lapisan krim santan yang terdapat pada proses pembuatan vco ini bisa diambil dan ditempatkan pada wadah yang lain. Pisahkan secara perlahan dari lapisan air yang terdapat di bawah lapisan krim santan. Krim santan ini bentuknya creamy seperti selai.
  2. Panaskan penggorengan (wajan) yang ukurannya cukup untuk menampung jumlah krim santan. Tuang krim santan ke atas penggorengan. Aduk-aduk terus selama proses pemanasan ini.
  3. Selama proses pemanasan ini, minyak perlahan akan keluar dan terpisah dari krim santan. Teruskan hingga ampas/krim santan menjadi lebih padat dan berwarna kecokelatan. Biasanya proses berlangsung antara 30 – 45 menit.
  4. Matikan api ketika warna ampas sudah kecokelatan, dan diamkan hingga suhunya mulai turun.
  5. Setelah suhu mulai turun, siapkan corong yang bagian dalamnya sudah dilapisi kapas dan kain kasa. Saring minyak agar terpisah dari ampasnya. Minyak yang dihasilkan bisa ditampung pada wadah tertutup.

Berbeda dengan vco yang berwarna bening cerah, minyak kelapa yang dihasilkan pada proses ini berwarna kuning keemasan dengan aroma khas kelapa.

Berikut ini adalah foto hasil produksi VCO dan minyak kelapa yang dilakukan oleh tim BerbagiSolusi.com, sesuai dengan uraian langkah-langkah pembuatan di atas.

minyak kelapa dan vco

Nah, setelah mengetahui informasi mengenai jenis minyak kelapa, khasiat, hingga cara membuatnya, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Mudah, kok! Setelah mulai lancar membuatnya, mungkin sudah saatnya untuk mengganti minyak goreng Anda di rumah dengan minyak kelapa buatan Anda sendiri.

Baca pula tulisan sebelumnya mengenai pemanfaatan minyak kelapa untuk membuat sabun wajah. Selamat mencoba!

4 thoughts on “Minyak Kelapa dan Virgin Coconut Oil (VCO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website