SHARE

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Varicella-zoster.  Virus ini menginfeksi manusia dengan sifat sistemik, maksudnya virus ini menimbulkan reaksi menyeluruh, bukan bersifat lokal.

Cara Penularan Penyakit Cacar Air.

Penderita cacar air menularkan penyakitnya ke orang lain melalui cara:

  • Droplet (partikel cairan yang dikeluarkan dari mulut pada waktu bersin, batuk, atau berbicara yang mengandung kuman penyakit, yaitu virus Varicella-zoster) yang masuk ke tubuh orang sehat.
  • Melalui kontak langsung, bersentuhan dengan penderita

Setelah masuk ke tubuh manusia, virus akan memperbanyak diri dan menyebar ke jaringan setempat melalui aliran darah dan aliran getah bening. Virus memperbanyak diri kembali hingga virus menyebar ke seluruh tubuh dan terutama mencapai kulit dan selaput lendir. Periode menular 1-2 hari sebelum, sampai 5-6 hari setelah timbulnya ruam.

Gejala Penyakit Cacar Air.

url

Berat ringannya gejala cacar air sangat ditentukan oleh daya tahan tubuh, yaitu imunitas tubuh. Tanda awal umumnya berupa: demam yang tidak tinggi, tidak enak badan, sakit kepala, yang dialami 1-3 hari sebelum munculnya ruam atau plentingan. Ruam berair muncul, makin lama makin banyak hingga sekujur tubuh, termasuk di rongga mulut, mata, telinga, hidung. Munculnya ruam ini tidak khas dari bagian tubuh tertentu. Bisa pertama muncul di lengan, punggung, atau perut.

Pada cacar air di seluruh tubuh dapat ditemukan bermacam-macam bentuk ruam, ada yang masih berupa ruam kemerahan, ruam berair yang berisi cairan jernih, ruam bernanah, hingga ruam yang sudah menjadi keropeng. Ruam berangsur mengering seluruhnya hingga pulih setelah 1-3 minggu.

Penyakit ini lebih berat dan sering menimbulkan komplikasi pada bayi, dewasa, dan orang dengan daya tahan tubuh yang jelek. Setelah sakit, pasien kebal seumur hidup. Komplikasi bervariasi antara 5- 10% kasus, dapat mengenai sistem saraf pusat, paru-paru, telinga bagian tengah, dan infeksi kulit yang parah. Penyakit ini dapat sembuh sendiri.

Cara Mengobati Cacar Air.

khasiat_daun-jarak

Berikut ini adalah cara mengobati cacar air secara alami:

  1. Ambillah segera daun jarak, yang biasa ditanam di pagar rumah di pedesaan
  2. Rebuslah daun jarak tersebut, setelah airnya agak hangat (sekuat kulit kita menahannya), pergunakanlah untuk memandikan si penderita
  3. Gosokkanlah daun jarak yang di rebus tadi pada kulit si penderita
  4. Lakukanlah itu selama 3 hari berturut-turut dan lihat hasilnya

Selamat mencoba, dan semoga penyakit cacar air yang diderita dapat segera terobat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here