Travelling sekarang bukan lagi sekadar cara melepas penat, tapi sudah mulai bergeser menjadi suatu gaya hidup. Banyak orang bahkan meninggalkan pekerjaannya demi bertualang mengunjungi tempat-tempat baru. Sekarang juga sering kita dengar istilah backpackers, yaitu orang-orang yang melakukan perjalanan dengan menekan biaya.

Tahukah Anda bahwa sambil travelling, Anda juga bisa tetap memiliki penghasilan? Baik sebagai traveller ataupun backpacker, Anda tetap dapat mendapatkan penghasilan dengan melakukan sejumlah pekerjaan sambil mengunjungi tempat-tempat baru. Keren banget sepertinya. Tetap bisa berpenghasilan, sambil jalan-jalan.

Nah, Pada artikel kali ini, BerbagiSolusi.com akan membahas sejumlah pekerjaan yang cocok dilakukan oleh pecinta travelling. Disimak, ya!

Bekerja di LSM sebagai Surveyor atau Penyuluh Masyarakat.

LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) biasanya bekerja dengan turun langsung di tengah masyarakat. Pada sejumlah bidang LSM, dibutuhkan pekerjaan yang membutuhkan orang-orang untuk turun mengambil atau mencari data (melakukan survey), ataupun melakukan pendampingan pada masyarakat.

Orang-orang yang bekerja di LSM pasti sudah tahu benar pekerjaan ini. Bagi Anda yang suka travelling, pekerjaan ini bisa sangat menyenangkan, karena pekerjaan Anda adalah mengunjungi tempat-tempat baru. Yang dilakukan kemudian biasanya berupa mengumpulan data, baik berupa wawancara, survei, atau pendataan wilayah. Juga pekerjaan lain seperti pendampingan dan penyuluhan masyarakat.

Siapa yang membayar Anda untuk melakukan pekerjaan ini? LSM dan lembaga donor.

Bekerja Sebagai Travel Writer ataupun Reporter.

Anda yang suka bertualang dan suka menulis bisa memilih pekerjaan ini. Anda bisa menulis apapun, baik berupa cerita perjalanan, review tempat-tempat wisata, review pelayanan umum, review hotel, dan lain sebagainya.

travel writer jobAnda bisa membuat media Anda sendiri, misalnya blog. Atau, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penulis pada berbagai media yang membutuhkan cerita-cerita perjalanan. Media online seperti jaringan portal blog, media tour & travel, biasanya membutuhkan tulisan-tulisan berupa cerita perjalanan.

Sejumlah LSM juga biasanya membutuhkan tulisan berupa reportase. Tulisannya biasanya dimasukkan pada media-media yang mereka miliki.

Anda mungkin juga pernah membaca majalah-majalah yang tersedia di kantong kursi kabin pesawat. Media-media semacam itu biasanya butuh penulis travel.

Kalau Anda punya media blog, Anda bisa menuliskannya di blog. Apabila Anda cukup populer, Anda berpeluang dikontak oleh hotel-hotel, agen perjalanan, restoran, dan pelaku bisnis lainnya, untuk menuliskan ulasan mengenai produk mereka.

Travel Fotografer.

travel photographer cewekSelain menjadi penulis, pekerjaan sebagai fotografer tampaknya juga menarik. Bermodalkan kamera, kemampuan fotografi, serta jalan-jalan ke tempat menarik, Anda sudah bisa menjadi fotografer.

Karya foto Anda bisa dipublikasikan di media-media online, majalah travel, dan lain-lain. Anda juga bisa berbisnis kartupos dari karya foto Anda, atau menjual foto-foto terbaik Anda di situs-situs stock photo.

Bekerja di Perkebunan.

pekerjaan travellerMungkin terdengar aneh, traveller bekerja di perkebunan. Tapi ini memang benar. Faktanya, di negara seperti Australia dan New Zealand, banyak pemilik perkebunan yang mencari pekerja paruh waktu (freelancer) untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kecil di perkebunannya.

Hal ini ternyata banyak menarik minat traveller, terutama backpacker dan mahasiswa yang datang dari negara lain. Selain pekerjaannya tidak terikat waktu, bayaran dari pekerjaan ini bisa membantu menghemat anggaran. Selain itu, bagi orang-orang yang suka bertualang di alam dan mengenal hal baru, pekerjaan di perkebunan bisa jadi pekerjaan yang menyenangkan.

Pekerjaan di perkebunan yang bisa dilakukan misalnya, memetik dan memanen buah, menyortir buah berdasarkan kualitasnya, mengemas hasil perkebunan, dan lain sebagainya.

Pekerjaan-pekerjaan Lainnya yang Mungkin Cocok untuk Traveller.

Selain pekerjaan-pekerjaan yang sudah diuraikan di atas, masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dan mungkin cocok untuk para traveller, misalnya:

  • Internet marketing;
  • Bekerja di kedai kopi;
  • Analis;
  • Guru bahasa; dll.

Nah, menarik sekali, bukan? Yang jelas, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa menjalani kegemaran travelling ANda. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website