Penyakit jantung merupakan penyebab kematian paling tinggi di Indonesia. Penyakit ini momok menakutkan karena bisa menimbulkan kematian mendadak. Meski penyakit jantung sering menyerang pria, namun bukan berarti perempuan bebas dari penyakit ini. Kaum perempuan berisiko menderita penyakit yang bisa menimbulkan kematian mendadak ini bila gaya hidupnya kurang sehat. Karena itu, hindari sejak dini penyebab munculnya penyakitnya jantung.

BerbagiSolusi.Com kali ini akan membahas tentang bahaya penyakit jantung bagi perempuan dan penyebabnya.

Penyakit jantung ada berbagai macam namun yang paling sering terjadi ialah jantung koroner. Jantung koroner adalah penyempitan arteri jantung atau pembuluh yang membawa darah ke jantung. Jantung koroner terjadi akibat adanya penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh arteri jantung. Penumpukan lemak itu lama-lama akan mempersempit pembuluh darah arteri jantung dan akhirnya terjadi penyumbatan. Karena adanya penyumbatan maka sebagian jantung tidak mendapat suplai darah yang cukup. Daerah yang tidak mendapat suplai darah itu lama-lama akan mengalami gangguan dan terjadilah kematian mendadak.

sakit jantung

Penyebab Utama Penyakit Jantung.

Banyak faktor yang bisa memicu jantung koroner. Berikut penyebab-penyebab yang memicu sehingga terserang penyakit jantung :

  • KADAR KOLESTROL TINGGI.
    Kolestrol darah yang berlebihan, sebahagian akan terkumpul di dalam pembuluh darah yang lama-lama akan membentuk sumbatan.
  • HIPERTENSI.
    Hipertensi akan menimbulkan tekanan tinggi pada pembuluh arteri.
  • KENCING MANIS.
    Penyakit kencing manis membuat kerusakan pembuluh darah di seluruh tubuh. Di jantung, kerusakan pembuluh itu memicu terjadinya penyumbatan.
  • KEGEMUKAN.
    Ini salah satu pemicu munculnya penyakit jantung koroner. Karena timbunan lemak dalam tubuh cukup banyak. Sehingga sangat berisiko tinggi terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.
  • MANOPAUSE.
    Perempuan yang telah manopause mengalami penurunan hormon estrogen.  Karenanya kondisi tersebut memicu terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.
  • GAYA HIDUP YANG TIDAK SEHAT.
    Gaya hidup tidak sehat adalah pemicu penyakit jantung. Misalnya, merokok, komsumsi makanan yang tidak menyehatkan seperti junk food, fast food dll. Makanan seperti itu memang lezat tapi kandungan kolesterolnya sangat tinggi.
  • STRESS YANG BERLEBIHAN.
    Stress adalah salah satu penyebab memicu penyakit jantung. Karena stress mempercepat ritme jantung.

Nah itulah beberapa penyebab yang memicu sehingga penyakit jantung bisa terjadi menyerang siapa saja dan paling rentan penderitanya adalah perempuan. Semoga dengan adanya artikel ini, akan lebih menambah wawasan anda tentang bahaya penyakit jantung utamanya pada perempuan.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website