SHARE

Tipe kepala berminyak biasanya agak problematis. Jika tidak dirawat dengan benar, bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti rambut berminyak, ketombe, gatal, bahkan gangguan kulit kepala parah seperti dermatitis seborrheic. Minyak yang terlalu banyak di kulit kepala, disebut seborrhea, merupakan salah satu kelainan atau gangguan pada kulit kepala berminyak. Kulit kepala berminyak dapat membuat rambut terlihat dan terasa lengket, lepek, dan rambut menjadi lemas. Perawatan kulit kepala dan rambut berminyak bisa dilakukan dengan resep rumahan untuk perawatan rambut, atau juga dengan beberapa obat khusus. Pada kondisi yang lebih parah, lebih dianjurkan untuk melakukan perawatan langsung pada dokter kulit.

Gejala dan Penyebab Kulit Kepala Berminyak

Pada dasarnya, kulit dan kulit kepala memproduksi minyak alami atau sebum yang berguna untuk menjaga kulit dari dehidrasi. Minyak di kulit dan kulit kepala juga bisa muncul sebagai respon atas kondisi kulit dan kondisi sekitarnya, misalnya jamur dan lain-lain. Nah, pada jenis kulit kepala berminyak, produksi minyak ini terjadi secara berlebihan, sehingga biasanya sangat mengganggu. Produksi minyak berlebihan seperti ini menyebabkan rambut lengket dan lepek, serta kulit kepala gatal akibat kotoran yang mudah menempel, bahkan setelah keramas. Kulit kepala dan rambut berminyak yang kurang terawat dapat menyebabkan munculnya ketombe, yang bukan saja mengganggu tapi juga menyebabkan kerusakan rambut.

Resep Perawatan Alami untuk Rambut dan Kulit Kepala Berminyak.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa masalah rambut serta kulit kepala berminyak ini bisa dirawat dengan ramuan atau racikan alami. Ada beberapa resep alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut berminyak, yang akan diulas oleh BerbagiSolusi.com. Berikut ini ulasannya:

Ramuan Cuka Apel.

Cuka apel merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit kepala berminyak. Cara menggunakannya sama seperti menggunakan conditioner. Sifat keasaman cuka apel dapat meluruhkan minyak pada rambut dan kulit kepala, sekaligus juga dapat mengatasi masalah ketombe serta mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri di kulit kepala.

Alternatif apabila tingkat keasaman cuka apel terlalu tinggi, Anda juga dapat mencampurkan cuka apel dengan air hangat dengan takaran 50% – 50%. Tambahkan pula beberapa tetes minyak esensial favorit Anda, sebagai pewangi. Gunakan ramuan ini sebagai shampoo atau kondisioner. Diamkan sejenak, lalu bilas agar minyak dan kotoran ikut luruh bersama air.

Aloe vera.

Aloe vera merupakan bahan nabati alami yang paling populer digunakan untuk perawatan rambut dan kulit. Gel aloe vera ini dapat langsung digunakan sebagai masker rambut. Diamkan sejenak, sekitar 15 menit, lalu gunakan shampoo seperti biasa. Lakukan perawatan menggunakan aloe vera ini setiap kali sebelum Anda membersihkan rambut.

Alternatif lainnya, Anda dapat mencampurkan aloe vera dan air dengan takaran 2 air dan 1 aloe vera. Tambahkan pula hingga 20 tetes minyak esensial kesukaan Anda. Ramuan ini dapat dijadikan tonic rambut dan kulit kepala, yang dapat secara efektif mengatasi minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala Anda.

Teh Hitam.

Selain dikonsumsi sebagai minuman, teh hitam juga ternyata punya kegunaan lain, yaitu untuk mengurangi minyak di kulit kepala dan rambut. Hebatnya, penggunaan teh hitam meski efektif meluruhkan minyak, tidak membuat kulit kepala kering.

Cara penggunaan teh hitam untuk kulit kepala dan rambut berminyak cukup mudah, yaitu dengan langkah berikut:

  1. Rebus 2 kantong celup teh hitam dalam 3 gelas air mendidih selama 3 menit.
  2. Setelah itu, matikan api lalu diamkan hingga suhu air teh cukup hangat.
  3. Gunakan air teh ini sebagai air bilasan terakhir setelah Anda bershampoo.

Penggunaan air teh hitam sebagai air bilasan rambut dapat mengurangi minyak di kulit kepala dan rambut, sekaligus membuat rambut jadi halus dan berkilau. Penggunaan teh hitam untuk perawatan rambut ini sangat layak dicoba, selain karena khasiatnya yang sudah disebutkan tadi, tapi juga karena teh hitam cukup mudah didapatkan di toko-toko dan minimarket terdekat.

Menggunakan Air Perasan Jeruk Lemon.

Cara berikutnya untuk merawat rambut dan kulit kepala berminyak adalah dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Lemon memiliki kandungan asam (acid) yang tinggi, sehingga dapat digunakan untuk meluruhkan minyak pada rambut dan kulit kepala. Cara ini juga dapat membantu melawan ketombe, sekaligus membuat rambut lebih indah dan bouncy.

Bagaimana cara menggunakan air perasan jeruk lemon ini untuk mengatasi ketombe dan minyak di rambut? Ternyata, hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Campurkan 1 cup air perasan jeruk lemon, dan campurkan dengan 2 cup air.
  2. Setelah bershampoo, gunakan campuran yang sudah dibuat tadi untuk melumuri rambut dan kulit kepala Anda seperti halnya menggunakan tonic rambut.
  3. Lakukan pijatan di kulit kepala secara lembut dan merata. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih.

Lakukan perawatan rambut dengan lemon ini secara rutin 2 kali seminggu, agar minyak di kulit kepala dan rambut bisa rutin dibersihkan. Hal ini sekaligus juga dapat mengobati dan mencegah ketombe.

Tips Memilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat untuk Rambut dan Kulit Kepala Berminyak.

Alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang dijual di pasaran. Apabila Anda mencoba memilih dan menggunakan produk perawatan rambut untuk merawat rambut berminyak Anda, sebaiknya pilihlah produk yang tepat, agar kondisi rambut tidak semakin memburuk.

Berikut ini beberapa tips memilih produk perawatan rambut dan kulit kepala berminyak:

  • Pilihlah shampoo dan cleaners yang lembut dan bebas minyak. Pilih yang aman untuk digunakan dengan frekuensi yang cukup sering, karena kondisi kulit kepala berminyak harus rutin dibersihkan agar kotoran tidak mudah menempel.
  • Pilihlah shampoo yang mengandung coal tar dan selenium sulfida. Bahan-bahan ini bekerja mempertahankan kondisi sel kulit, sekaligus membantu meregenerasi sel kulit kepala. Bahan-bahan tersebut juga membantu mengurangi inflamasi, gatal, dan sejumlah gangguan di kulit kepala, seperti ketombe dan seborrheic dermatitis.
  • Pada tipe kulit kepala berminyak juga rentan terjadi pertumbuhan jamur, yang menyebabkan sejumlah gangguan pada kulit kepala Anda, termasuk akan meningkatkan produksi minyak berlebih. Untuk itu, pilihlah pula produk yang mengandung selenium sulfida dan zinc pyrithione, untuk mengontrol minyak berlebih yang diakibatkan oleh jamur. Jenis shampoo yang mengandung bahan-bahan ini biasanya berupa shampoo anti ketombe.
  • Hindari penggunaan bahan hair styling, seperti pomade dan gel rambut, agar kulit kepala lebih bebas ‘bernafas’.

***

Nah, demikianlah beberapa tips perawatan rambut dan kulit kepala berminyak, serta bahan-bahan yang dapat digunakan untuk merawat masalah rambut tersebut. Tidak perlu biaya mahal untuk mendapatkan rambut dan kulit kepala sehat, bukan?
Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here