Tips Hemat Berbelanja Perlengkapan Bayi. Salah satu aktivitas menyenangkan sambil menunggu kehadiran si kecil adalah berbelanja segala perlengkapannya. Belanja perlengkapan bayi bisa dilakukan pada usia kehamilan berapapun. Namun sebagian besar ibu hamil melakukannya saat usia kandungan memasuki trimester ketiga atau setelah 7 bulan. Adapun perlengkapan bayi yang dibeli ada banyak sekali ragamnya, mulai dari baju, celana, sleepsuit, selimut, sarung tangan, sarung kaki, celemek, popok dan masih banyak lagi. Pertanyaannya adalah, apakah semua barang tersebut harus dibeli setiap kali menyambut kelahiran si kecil? Bukankah biaya yang dikeluarkan untuk membelinya pun tidak sedikit? Lalu, bagaimana cara untuk menghemat saat berbelanja perlengkapan bayi?

Jika pertanyaan-pertanyaan tadi terlintas di benak anda, maka artikel berikut ini tepat sekali untuk dibaca. Karena berbagisolusi.com bakal membahas bagaimana sih tips hemat berbelanja perlengkapan bayi. Disimak yuk!

Tips Hemat Berbelanja Perlengkapan Bayi

Apakah setiap kali menyambut kelahiran si kecil (bayi) seorang ibu harus berbelanja segala perlengkapannya? Jawabannya tentu saja tidak. Belilah apa yang menjadi kebutuhan si kecil. Jika ini bukan merupakan anak pertama yang anda lahirkan, maka tentu saja anda sudah mempunyai pengalaman sebelumnya saat kelahiran si sulung. Tentang barang apa saja yang benar-benar penting atau diperlukan, dan barang apa yang kalaupun tidak ada juga tidak apa-apa. Hal tersebut harus diperhatikan. Mengapa? Karena harga perlengkapan bayi sekarang ini terbilang cukup mahal. Ada harga, ada pula kualitas. Anda tentu akan memilih barang dengan kualitas terbaik untuk kebaikan si buah hati, bukan?

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana tips hemat berbelanja perlengkapan bayi. Jika pengeluaran untuk belanja perlengkapan bayi dapat ditekan, maka uangnya bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat bukan? Jadi mari kita perhatikan tips berikut:

Manfaatkan Sisa Si Kakak

Adalah hal yang menguntungkan jika ini bukan kehamilan pertama anda. Karena si adik bisa menggunakan sebagian atau bahkan seluruh perlengkapan yang digunakan si kakak sewaktu bayi dulu. Terlebih lagi jika perbedaan usia antara si kakak dengan si adik tidak terlampau begitu jauh. Tentu kualitasnya pun masih sangat baik. Dengan catatan sebelumnya memang disimpan dan dirawat dengan benar. Anda bisa memanfaatkan perlengkapan bayi milik si kakak yang masih layak pakai. Hal tersebut tentu akan menekan pengeluaran belanja anda.

Belanja Perlengkapan Bayi Baru Lahir Secukupnya Saja

Sering kali karena terlalu semangat berbelanja, kita para ibu berlebihan saat membeli perlengkapan bayi baru lahir. Utamanya untuk produk-produk seperti: baju, celana, dan popok. Padahal beberapa item produk tersebut sangat rentan untuk urusan ukuran. Berdasarkan pengalaman, pakaian bayi baru lahir itu sangat sebentar waktu pemakaiannya. Hal ini disebabkan cepatnya pertumbuhan si kecil di usia-usia awal kelahirannya. Jadi pakaian yang dikenakannya akan terasa cepat kekecilan. Agar tidak sia-sia, sebaiknya beli perlengkapan bayi baru lahir secukupnya saja. Lebih baik jika anda membeli satu atau dua ukuran lebih besar di atasnya.

Lakukan Aktivitas Berbelanja Perlengkapan Bayi saat Trimester Ketiga

Meskipun tidak ada waktu yang ditentukan kapan saatnya berbelanja perlengkapan bayi, namun kami sarankan agar anda melakukan aktivitas tersebut saat hamil trimester ketiga. Semakin dekat waktu melahirkan malah semakin baik. Alasannya, lumayan agar anda semakin banyak berjalan. Dan alasan kedua, karena semakin dekat hari perkiraan lahir (HPL) maka semakin anda tahu pula berapa berat si kecil saat ini. Alasan kedua ini penting sebagai penentu pakaian ukuran sebesar apa yang nantinya akan dibeli. Jangan sampai anda membeli pakaian bayi baru lahir dengan size newborn, sementara hasil USG terakhir menunjukkan bahwa berat bayi Anda di atas 3kg atau terbilang cukup besar. Itulah mengapa berbelanja perlengkapan bayi sebaiknya dilakukan menjelang HPL, agar anda mengetahui bayi yang dilahirkan nanti tergolong berukuran mungil atau besar.

Manfaatkan Promo Diskon atau Cashback di Toko Perlengkapan Bayi

Para ibu di sini tentu paling paham urusan yang satu ini. Sekarang yang namanya promo diskon maupun cashback tidak hanya ada di toko-toko online, tetapi juga offline. Nah, manfaatkanlah kesempatan tersebut! Karena dengan adanya promo tersebut, maka anda bisa menghemat sekian rupiah untuk urusan berbelanja perlengkapan bayi.

Nah, itu tadi tips hemat berbelanja perlengkapan bayi yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat yaa. Dan yang terpenting, sehat terus bagi Anda dan si buah hati yang sedang dikandung :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website