SHARE

Pada ibu hamil dan menyusui, tampil cantik tetaplah sebuah kebutuhan. Namun demikian, tidak boleh sembarangan memilih produk-produk kosmetik, karena tidak semua produk kosmetik terbuat dari bahan yang aman, baik untuk sang ibu, janin, atau pun bagi sang anak.

Terutama pada kehamilan trimester pertama, yaitu kehamilan pada bulan-bulan awal, kondisi janin belum stabil sehingga rentan terhadap resiko gangguan dari luar. Mulai dari guncangan, hingga paparan bahan kimia, termasuk dari bahan kosmetik. Paparan bahan kimia ini bisa masuk melalui udara yang terhirup oleh ibu, tertelan, ataupun dari sentuhan kulit.

Pada artikel kali ini akan dibahas apa saja dan bagaimana memilih produk-produk kosmetik yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Semoga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. Disimak, yuk!

kecantikan dan kehamilan

Tips Memilih Produk Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kita ambil dalam rangka memilih produk kosmetik yang aman saat sedang hamil:

Upayakan untuk membuat bahan perawatan kecantikan sendiri dari bahan alami.

Dengan membuat sendiri, bahan perawatan kecantikan maka dapat kita pastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami dan aman untuk kehamilan. Untuk mencerahkan kulit, dapat membuat bahan perawatan kulit dari bengkoang. Klik di sini untuk mempelajari cara memanfaatkan bengkoang sebagai bahan pemutih kulit yang alami.

Pilihlah produk yang terjamin menggunakan bahan alami.

Apabila kesulitan membuat sendiri produk perawatan kulit, Anda bisa memilih produk-produk perawatan yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Namun perlu diingat, produk tersebut harus bebas dari bahan-bahan yang berbahaya bagi kehamilan, antara lain: merkuri dan hidrokinon.

Paparan bahan merkuri dan hidrokinon dapat mengganggu kerja sel-sel, mulai dari sel kulit hingga sel pembentukan janin. Paparan berlebih dari bahan-bahan ini malah dapat menyebabkan kanker kulit dan kecacatan pada bayi.

Untuk itu, pilihlah produk yang sudah dijamin aman dan sebaiknya yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti bahan herbal dan aneka tumbuh-tumbuhan berkhasiat.

 

Tips: Rawatlah kecantikan sejak dini.

  • Sebaiknya, agar cantik bisa tahan lama, sebaiknya rawatlah kecantikan sejak dini. Dengan perawatan kecantikan sejak dini, Anda tidak lagi memerlukan kosmetik untuk tampil cantik, karena kecantikan yang dimiliki adalah kecantikan alami.
  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan warna kulit, karena tampil cantik tidak hanya dari kulit, tapi juga dari penampilan, termasuk gaya berpakaian. Pilihlah pakaian yang sesuai warna kulit, sesuai dengan suasana, dan tetap nyaman digunakan.
  • Pancarkan inner beauty. Kecantikan yang utama adalah kecantikan dari dalam, yang biasa disebut inner beauty. Kecantikan ini timbul akibat rasa percaya diri, kemampuan berkomunikasi, kecerdasan intelektual, dan kebiasaan baik yang dilakukan. Dengan inner beauty, dan dipadukan dengan penampilan yang baik, niscaya dengan kondisi bagaimanapun dan dalam suasana apapun, kita akan senantiasa cantik berseri.

Kecantikan Alami dari Seorang Wanita Hamil.

Tahukah Anda bahwa seseorang yang sedang mengandung akan terlihat lebih cantik dan menarik? Secara alami, seorang ibu hamil akan terlihat memiliki wajah yang lebih cerah, senyum yang lebih mengembang, dan tentu saja dengan keadaan seperti itu seorang ibu hamil akan terlihat jauh lebih menarik dari biasanya.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kerja hormon yang jauh lebih besar dari biasanya, sehingga sering kali kecantikan alami seorang ibu hamil disamakan dengan kecantikan alami yang tampak pada seseorang yang sedang jatuh cinta.

Nah, jadi mengapa harus bingung ingin cantik ketika hamil, padahal kecantikan alami akan lebih terlihat saat hamil? Tanpa kosmetik, pula! Hehehe…

Semoga artikel dan tips kali ini bermanfaat. Selamat melanjutkan aktivitas, dan senantiasa menambah ilmu pengetahuan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here