Produk pembersih, seperti sabun dan produk perawatan kulit, rambut, kuku, hingga gigi, bisa dibuat dari berbagai bahan nabati yang merupakan bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Penggunaan bahan nabati ini tentunya bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tertarik pada penggunaan bahan-bahan alam untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Sejumlah Bahan Nabati yang Dapat Digunakan untuk Pembersih.

Alasan Penggunaan Bahan Nabati untuk Pembersih maupun untuk Keperluan Sehari-hari.

bahan nabati untuk pembersihAda banyak alasan mengapa penggunaan bahan nabati bisa benar-benar diterapkan untuk berbagai keperluan harian, termasuk untuk produk pembersih. Berikut ini sejumlah alasan mengapa menggunakan bahan nabati layak digunakan untuk produk pembersih:

Kaya ragam khasiat.
Bahan nabati memiliki beragam khasiat, tergantung jenis bahan yang digunakan serta teknik pengolahan bahan yang dilakukan.

Bahan nabati relatif aman digunakan.
Relatif aman digunakan, karena bebas bahan kimia anorganik. Bahan kimia anorganik dapat mempengaruhi kondisi tubuh, kondisi kulit, pada penggunaan di level tertentu. Penggunaan bahan kimiawi seperti ini juga harus lolos berbagai uji keamanan untuk bisa digunakan.

Bahan nabati lebih ramah lingkungan.
Bahan nabati tentunya jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bBahan kimia anorganik. Bahan kimia anorganik sangat sukar diurai secara alami oleh alam, sehingga pada kadar tertentu dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem (lingkungan). Berbeda dengan bahan kimia organik dari proses penggunaan bahan nabati, yang hampir seluruhnya dapat diurai oleh alam, baik melalui pembusukan, fermentasi, decomposting, atau juga masuk dalam rantai makanan.

Murah dan mudah didapatkan.
Bahan organik juga sangat mudah didapatkan. Di dapur, di halaman, di pasar tradisional, hingga di pasar swalayan, berbagai bahan organik yang dapat digunakan sebagai pembersih, bisa dengan mudah ditemukan. Selain itu, harganya relatif lebih murah.

Berikut ini sejumlah bahan nabati yang dapat digunakan langsung ataupun tidak langsung, sebagai bahan pembersih.

Bahan Nabati untuk Pembersih Lantai.

Ampas kelapa.

Untuk membersihkan lantai, Anda dapat menggunakan ampas kelapa yang didapatkan dari sisa pembuatan santan. Ampas kelapa yang biasanya dibuang setelah diperas dan diambil santannya, sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan lantai rumah Anda, terutama untuk lantai jenis ubin dan keramik.

bahan nabati ampas kelapa untuk pembersih lantai

Cara kerja ampas kelapa untuk membersihkan lantai adalah dengan menyerap debu-debu halus yang sukar dibersihkan jika hanya menggunakan sapu, sementara jika menggunakan pel lantai bisa memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Cara membersihkan lantai dengan ampas kelapa cukup mudah, yaitu dengan menaburkan ampas kelapa di lantai yang hendak dibersihkan, lalu gunakan sapu untuk menyapu ampas kelapa tersebut. Debu-debu halus akan segera menempel di setiap bulir ampas kelapa dan menjadi lebih mudah dibersihkan.

Ijuk dan Sabut kelapa.

Sabut kelapa serta ijuk bisa dimanfaatkan pula untuk membersihkan lantai, terutama lantai kamar mandi. Tekstur sabut kelapa maupun ijuk ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti sikat mengikis lumut-lumut tipis serta kotoran yang menempel di keramik kamar mandi.

Bahan Nabati untuk Membersihkan Kulit.

minyak kelapa dan vcoAneka Jenis Minyak untuk Membuat Sabun Organik atau Sabun Nabati.

Untuk membersihkan kulit, biasanya bahan yang digunakan adalah sabun. Tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat sabun dengan bahan yang sebagian besar adalah minyak nabati? Minyak nabati yang dapat digunakan untuk membuat sabun, antara lain:

Minyak-minyak tersebut tentunya memiliki beragam khasiat untuk kulit, seperti untuk mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, hingga membuat kulit menjadi awet muda. Minyak nabati yang bisa Anda buat sendiri di rumah, di antaranya adalah minyak alpukat. Baca artikel sebelumnya di BerbagiSolusi.com mengenai cara membuat minyak alpukat.

Bengkoang untuk Membuat Kulit Cerah dan Bersih.

Selain minyak nabati, ada pula bahan nabati yang bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kulit, misalnya bengkoang. Bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, yang merupakan bahan alami utama untuk membuat kulit lebih cerah. Jadi, tidak heran jika sejak lama bengkoang dimanfaatkan di banyak daerah sebagai bahan utama perawatan kulit.

lulur pemutih organikTekstur pati bengkoang yang halus juga membuatnya sering dijadikan bahan pembersih dan perawatan kulit yang sangat berkhasiat. Produk perawatan kulit yang berasal dari bengkoang, di antaranya adalah Masker Organik Sari Bengkoang dan Lulur Pemutih Organik. Kedua produk ini terbuat dari bengkoang asli dengan ramuan bahan tertentu, yang membuatnya memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit.

Beras sebagai Scrub Alami Pembersih Kulit.

Bahan lainnya yang sering dijadikan pembersih alami untuk kulit adalah beras. Beras dapat dihaluskan untuk diambil tepungnya dan digunakan sebagai scrub untuk membersihkan kulit. Tekstur tepung beras olahan ini biasanya cukup kasar, namun sangat efektif untuk mengikis lapisan kulit mati serta kotoran yang masih menempel di kulit.

Beras juga memiliki sifat netral yang menyebabkannya bisa digunakan bersamaan dengan bahan nabati lainnya untuk merawat kulit, seperti bengkoang, kunyit, hingga berbagai jenis minyak. Ramuan bahan-bahan ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan sel kulit mati.

Bahan Nabati yang Sering Digunakan untuk Pembersih Rambut.

MINYAK ALPUKATUntuk membersihkan rambut, cara alami yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan masker rambut. Bahan nabati yang bisa digunakan untuk membuat masker rambut ini adalah daging buah alpukat. Biasanya, daging buah alpukat ini dicampurkan dengan madu dan telur, lalu dibalurkan di rambut. Penjelasan lebih lanjut mengenai ini bisa Anda baca pada artikel sebelumnya berjudul Cara Membuat Masker Rambut Alpukat.

Anda juga dapat membuat masker rambut dari bahan-bahan lainnya, seperti:

  • Buah pisang;
  • Minyak zaitun;
  • Minyak kelapa;
  • Minyak alpukat.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba membuat minyak rambut klimis atau pomade, yang dapat membantu Anda merapikan rambut menggunakan bahan alami nabati.

Selamat membaca, semoga artikel mengenai bahan nabati untuk produk pembersih ini bermanfaat buat Anda. Baca pula artikel lainnya mengenai bahan nabati yang berjudul bahan nabati untuk perawatan kulit. Selamat membaca, selamat menjaga kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website