SHARE

wanita cantik asiaRahasia kecantikan yang harus diketahui wanita ada banyak hal. Karena paras cantik itu memang sangat diidamkan oleh semua wanita. Sehingga para wanita selalu berusaha untuk selalu tampil cantik di hadapan banyak orang. Terkadang beberapa wanita dapat mengatakan dirinya cantik kalau dia sudah dapat berdandan dan menutupi mukanya dengan make up. Atau wanita itu merasa sudah cantik kalau sudah mengatur rambutnya dengan model tertentu. Selain itu, mereka merasa dengan perawatan kulit dan kuku dapat menaikkan derajat kecantikan mereka.

Para wanita terkadang hanya memperhatikan pemolesan pada saat itu, tanpa tahu cara melakukan perawatan pada dirinya sendiri dan mengandalkan perawatan pada salon dan ahli-ahli kecantikan lainnya. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para wanita tentang rahasia kecantikan:

Perhatikan Pembersih Kulit yang Anda Pakai

Salah satu alat untuk menjaga kecantikan seorang wanita adalah pembersih kulit atau wajah. Pembersih ini sangat berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit. Namun Anda perlu berhati-hati terhadap pembersih kulit ini, karena terkadang bisa menimbulkan iritasi pada kulit pemakainya. Iritasi ini bisa menyerang pada kulit yang sehat, apalagi pada kulit yang cenderung sensitif. Untuk itu, Anda harus pandai dalam mengatasinya, yaitu dengan memakai pembersih yang lebih lembut dan tidak menimbulkan efek buruk pada kulit Anda. Carilah pembersih yang tanpa detergent, alkohol, dan wewangian. Karena biasanya bahan-bahan ini dapat menyumbat pori-pori pada kulit Anda. Kalau bisa, gunakanlah bahan-bahan alami yang biasanya tanpa efek samping bagi kulit Anda.

Penggunaan Retinoid Secara Optimal

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah tentang penggunaan retinoid. Istilah ini pertama kali digunakan untuk mendeskripsikan kandungan vitamin A yang mempunyai kemampuan untuk mengobati jerawat pada wajah. Namun setelah beberapa penelitian yang dikembangkan, retinoid ini atau biasa disebut dengan turunan dari vitamin A mempunyai beberapa khasiat lainnya. Diantaranya adalah menghaluskan garis-garis kerutan pada kulit, mengangkat sel-sel mati pada permukaan kulit, meningkatkan produksi keratinosit dan kolagen serta asam hyaluronic. Sehingga retinoid ini sering juga digunakan sebagai bahan campuran ramuan anti-aging pada pabrik kesehatan. Karena retinoid ini sangat sensitif pada sinar matahari, sebaiknya Anda gunakan retinoid ini pada saat malam hari. Namun beberapa wanita enggan menggunakan retinoid ini karena retinoid ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, kemerahan dan kulit terkelupas. Tetapi apabila Anda ingin tampil lebih baik, Anda harus berani mencoba memakai retinoid ini secara rutin untuk menghindarkan Anda dari efek samping tadi selam masih dalam masa transisi kulit Anda.

Penggunaan Scrub (Lulur) untuk Menghaluskan Kulit dan Wajah.

scrub wajahKotoran pada wajah akan sangat menganggu kesehatan kulit Anda, untuk itu hampir semua orang gemar membersihkan wajahnya dengan sabun. Namun, membersihkan wajah Anda dengan sabun saja dinilai kurang cukup. Untuk itu, gunakanlah scrub pada wajah Anda.

Tips Memilih Lulur/Scrub.

Terkadang pemakaian scrub akan tidak cocok untuk kulit tertentu, berikut adalah scrub yang tepat untuk jenis kulit Anda.

  1. Kalau Anda mempunyai tipe kulit normal, cobalah menggunakan scrub yang mengandung enzim papaya pada buah pepaya. Enzim yang terkandung di dalamnya dapat menghapus sel-sel kulit yang mati.
  2. Kalau Anda mempunyai tipe kulit cenderung kering, cobalah pakai scrub yang mengandung almond dan minyak zaitun. Almond dan zaitun ini mampu menciptakan cairan minyak alami pada kulit Anda sehingga membuat kulit kering Anda menjadi lebih lembut dan tidak kering.
  3. Bagi Anda yang mempunyai tipe kulit berminyak, cobalah memakai scrub dengan kandungan asam salisilat. Kandungan asam salisilat ini mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda karena pori-pori kulit yang terlampau besar.
  4. Kalau Anda mempunyai tipe kulit sensitif, cobalah memakai partikel scrub yang mempunyai butiran-butiran halus dan tidak kasar seperti scrub-scrub lainnya.

Tips: upayakan untuk lebih memprioritaskan penggunaan lulur maupun masker wajah organik, yaitu yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Pemakaian Scrub pada Tubuh

body scrubMemanjakan wajah Anda dengan berbagai perawatan dan pemakaian scrub terkadang menjadi sebuah hal utama untuk menjaga kecantikan seorang wanita. Namun kecantikan tiu tidak hanya dilihat dari wajah, tetapi juga dari selutuh tubuh. Maka dari itu, Anda juga perlu memperhatikan bagian tubuh Anda yang lain seperti bagian kaki, siku dan lengan Anda. Jangan sampai Anda memanjakan wajah namun kulit kaki Anda malah kering dan bersisik. Anda terlalu memperhatikan kehalusan wajah Anda tetapi malah mengabaikan perawatan kulit tubuh Anda yang lain.

Ada banyak sabun dan scrub yang bisa Anda gunakan dalam perawatan kulit tubuh Anda. Ada yang berbahan kimia, ada juga yang alami dan bisa Anda buat sendiri di rumah. Seperti pemanfaatan minyak kelapa atau gula yang bisa Anda campur menjadi scrub alami. Namun setiap usaha kecantikan tidak bisa langsung instant, melainkan harus dengan perawatan secara rutin dan berkelanjutan.

Perawatan Kuku

tips perawatan kuku
Setelah konsen pada kecantikan wajah, dan kulit wajah, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kuku. Perawatan kuku bisa dilakukan di salon atau mungkin bisa juga dilakukan sendiri di rumah dengan treatment yang tepat. Persiapkan air hangat untuk merendam kuku kaki Anda dan mulailah bersihkan setiap bagian kaki, tangan, jari-jari, dan kuku Anda. Cobalah menggosok kaki menggunakan jelly petroleum dan bungkus kaki Anda. Perawatan pada tangan juga hampir sama, dan gunakanlah air yang hangat dan bersih untuk membersihkan tangan Anda. Pastikan seluruh bagian tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan tepi kuku, dibersihkan dengan sempurna.

Perawatan pada Rambut

perawatan rambutMahkota seorang wanita ada pada rambutnya. Sehingga setiap wanita pasti mendambakan rambut yang sehat dan indah berkilau. Kerusakan pada rambut biasanya dikarenakan penggunaan sampo yang salah dan kurangnya perawatan rutin pada rambut Anda. Hindarkan rambut anda dari bahaya kaporit. Jadi kalau anda hendak berenang, usahakan rambut dibasahi terlebih dahulu, atau gunakan penutup kepala khusus renang. Lalu sesudah berenang, bilaslah rambut sampai bersih.

Selain itu, kerusakan rambut biasanya juga disebabkan karena teriknya sinar matahari, oleh karena itu gunakanlah kondisioner atau minyak lain untuk melindungi rambut. Perhatikan juga kerusakan rambut karena ketombe pada kulit kepala. Hal ini dapat menimbulkan gatal-gatal pada kulit rambut dan buruknya dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut.

Tips: hindari pemakaian hair dryer yang terlalu lama karena dapat merusak sel-sel rambut Anda. Jadi kalau menggunakan hair dryer usahakan pada saat rambut Anda sudah mulai kering dan tidak terlalu basah.

Cantiknya seorang wanita juga terkadang dilihat dari panjang atau pendeknya rambut. Hampir semua wanita menyukai rambut panjang terurai dan lurus. Namun tidak semua wanita mempunyai rambut yang lurus, jadi seringnya mereka melakukan rebounding pada rambut agar terlihat lebih lurus. Terkadang para wanita juga perlu memperhatikan bentuk wajah, dan menyesuaikan potongan rambut yang anda miliki sesuai bentuk wajah. Beberapa cocok dengan potongan rambut pendek, namun juga malah akan terlihat sangat tidak cocok dengan rambut pendek.

Itulah beberapa rahasia kecantikan yang harus diketahui wanita, bukan hanya kadar make up yang mereka pakai tetapi tentunya juga ada faktor lainnya. Baca pula artikel sebelumnya mengenai tips cantik tanpa make up, spesial dari BerbagiSolusi.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here