SHARE

Rambut rontok bisa terjadi karena sejumlah faktor penyebab. Penyebab utama kerontokan adalah faktor diet atau pola makan, serta faktor genetik, yaitu kerontokan rambut yang diakibatkan karena riwayat keturunan. Meski demikian, harus diperhatikan pula bahwa masih ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Nah, kali ini BerbagiSolusi.com akan mengulas tuntas mengenai rambut rontok, penyebab rambut rontok, serta bagaimana mengatasi masalah rambut rontok menggunakan bahan alami.

Penyebab Kerontokan Rambut

solusi rambut rontokRambut rontok, seperti yang sudah disebutkan di atas disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

  • Faktor genetik. Rambut rontok akibat faktor genetik atau keturunan biasanya terjadi pada pria. Pria yang mengalami kebotakan biasanya akan memiliki anak yang rentan mengalami kebotakan pula setelah mencapai usia dewasa.
  • Faktor diet dan nutrisi. Seseorang terkadang mengkonsumsi makanan hanya untuk penampilan tubuh, misalnya agar tubuh tidak terlihat gemuk. Padahal, tidak hanya tubuh yang akan terpengaruh oleh perilaku diet tersebut, tetapi rambut juga. Untuk itu, selain memperhatikan nutrisi untuk tubuh, perlu juga memperhatikan nutrisi untuk rambut agar kesehatan rambut tetap terjaga dan terhindar dari kerontokan.
  • Faktor luar. Kerontokan rambut juga bisa terjadi akibat rangsangan dari luar, misalnya rambut terlalu sering terpapar sinar matahari, keringat dan kelembaban yang berlebihan, polusi udara, dan sebagainya.
  • Perawatan rambut yang kurang cocok. Faktor perawatan rambut yang kurang cocok juga bisa menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Penggunaan pewarna rambut, atau produk perawatan rambut lainnya, yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kerontokan. Termasuk juga terlalu sering mengganti produk perawatan rambut.
  • Gangguan dan perawatan medis. Kondisi kesehatan seseorang juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Juga penggunaan obat-obatan medis untuk perawatan ketika sakit juga rentan menyebabkan masalah kerontokan rambut.
  • Faktor stress dan kurang istirahat.

Mengatasi Kerontokan Rambut dengan Bahan Alami: Minyak Zaitun.

khasiat minyak zaitun untuk rambutDengan mengetahui penyebab kerontokan rambut, bisa dilakukan penanganan dan pencegahan sesuai dengan faktor penyebab kerontokan rambut tersebut. Namun, untuk mengatasi masalah kerontokan rambut ini secara umum bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami, yaitu minyak zaitun.

Minyak zaitun atau olive oil mengandung banyak sekali nutrisi, sehingga tidak hanya populer dikonsumsi (baik sebagai minyak goreng, maupun bahan tambahan makanan lainnya), juga digunakan untuk merawat kulit dan rambut. Minyak zaitun bisa menjadi solusi untuk masalah rambut rontok.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh rambut dari minyak zaitun ini, di antaranya:

  • Minyak zaitun berkhasiat menahan produksi hormon penyebab kerontokan rambut.
  • Kerontokan rambut, baik disebabkan oleh genetik, makanan dan nutrisi, maupun faktor stress dan pengobatan medis, terjadi karena produksi hormon DTH di rambut dan kulit kepala. Hormon ini adalah penyebab terjadinya kerontokan rambut. Untuk menahan ataupun mencegah produksi hormon DTH ini, bisa digunakan olive oil (minyak zaitun), baik digunakan dengan cara oral (dikonsumsi), maupun digunakan dari luar.

  • Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala secara umum.
    Penggunaan minyak zaitun secara benar pada rambut dan kulit kepala juga dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala secara umum dan menyeluruh, sehingga rambut tidak rentan terhadap kerusakan, kulit kepala pun terhindar dari berbagai gangguan seperti ketombe dan gatal.
  • Minyak zaitun berperan sebagai antiseptik di rambut dan kulit kepala.
    Minyak zaitun juga dapat berguna untuk mencegah tumbuhnya jamur serta bakteri di rambut serta kulit kepala, karena sifat minyak zaitun salah satunya adalah antiseptik serta antibakteri. Ketombe dan gatal yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti jamur dan bakteri, pun bisa dicegah.
  • Memperbaiki sirkulasi darah di kulit kepala.
    Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk minyak pijat, yang apabila digunakan secara benar dapat melancarkan sirkulasi darah di bawah kulit kepala. Sirkulasi darah berperan untuk suplai nutrisi ke seluruh organ tubuh, termasuk rambut. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat suplai nutrisi juga semakin baik.
  • Minyak zaitun berguna sebagai kondisioner alami untuk rambut.
    Penggunaan minyak zaitun di rambut dapat membuat rambut lebih halus, kuat, dan mudah diatur. Karenanya, sejak dahulu di berbagai negara, minyak zaitun adalah bahan utama untuk conditioner rambut.

Baca pula: Membuat Kondisioner Alami untuk Rambut Anda.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

masker rambut dari susu telur madu dan minyak zaitunSetelah mengetahui khasiat minyak zaitun, saatnya mengetahui cara penggunaan minyak zaitun untuk mengatasi masalah rambut rontok. Ada 2 metode yang umum digunakan untuk mengobati rambut rontok menggunakan minyak zaitun, yaitu:

Metode Hot Oil Treatment.

Hot oil treatment adalah salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok menggunakan minyak zaitun. Metode tersebut dapat dilakukan dengan langkah berikut ini:

  1. Panaskan setengah gelas kecil minyak zaitun. Panaskan hingga suhunya hangat-hangat kuku.
  2. Panaskan handuk lembab dengan memanfaatkan uap air panas.
  3. Setelah suhu minyak cukup hangat, segera gunakan untuk memijat kulit kepala dan rambut. Lakukan pijatan secara merata selama 10 – 15 menit.
  4. Setelah selesai memijat kepala, segera bungkus rambut dan kepala menggunakan handuk hangat yang sudah disiapkan. Diamkan selama 15 menit atau hingga suhu hangat tidak lagi hangat.
  5. Setelah itu, bilas dan bersihkan kepala dan rambut menggunakan air bersih.

minyak zaitun untuk rambut rontok

Dengan menggunakan metode hot oil treatment ini, nutrisi minyak zaitun akan lebih mudah diserap oleh rambut. Penggunaan handuk hangat juga membantu untuk mengunci kelembaban di rambut.

Tips: untuk menambah aroma bisa ditambahkan minyak esensial saat menghangatkan minyak.

Minyak Zaitun sebagai Masker Rambut Pencegah Kerontokan Rambut

masker rambut dari minyak zaitunSelain dengan metode hot oil treatment, minyak zaitun juga dapat digunakan dengan memanfaatkan minyak zaitun sebagai masker rambut dengan menambahkan beberapa bahan, seperti kuning telur dan sari jeruk lemon. Langkah pembuatan masker rambut dari minyak zaitun adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan setengah gelas minyak zaitun, campurkan dengan kuning telur dan 2 sendok makan sari jeruk lemon. Kocok hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial (lavender, melati, atau lainnya), untuk menciptakan aroma yang lebih segar.
  3. Setelah semua bahan tercampur rata, segera balurkan di rambut hingga setiap helai rambut tertutupi oleh masker rambut ini.
  4. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.
  5. Lakukan keramas dengan shampoo, lalu akhiri dengan menggunakan kondisioner seperti biasa.

Baca pula: Membuat Masker Rambut dari Susu, Telur, dan Minyak Zaitun.

Selain mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, dengan menambahkan kuning telur akan membuat rambut lebih kuat dan memperbaiki kerusakan pada helai-helai rambut. Selain itu, juga dapat merangsang pertumbuhan rambut agar lebih subur.

Tips Mencegah dan Mengatasi Kerontokan Rambut.

meditasiSelain melakukan perawatan menggunakan minyak zaitun seperti di atas, untuk hasil lebih maksimal ada baiknya juga untuk mengikuti tips-tips mencegah kerontokan rambut berikut ini:

  • Kurangi stress. Lakukan meditasi, istirahat yang cukup, serta sesekali melakukan rekreasi. Selain menyehatkan pikiran dan tubuh, hal-hal ini juga dapat secara efektif mengatasi masalah kerontokan rambut. Ingat: stress adalah salah satu pemicu kerontokan rambut yang sering terjadi.
  • Perbaiki nutrisi untuk rambut. Perhatikan pola makan serta asupan nutrisi, yang tidak hanya sehat untuk tubuh tapi juga menyehatkan rambut. Asupan vitamin E, vitamin C, serta makanan dari berbagai seafood, almond, dan susu ataupun yogurt, sangat baik untuk menyehatkan rambut.
  • Hindari sinar matahari. Meski sinar matahari juga dibutuhkan oleh tubuh, paparan sinar matahari yang terlalu sering dapat membuat rambut lebih cepat rusak. Untuk itu, apabila melakukan kegiatan di luar ruangan, tutupi rambut menggunakan payung, syal, atau penutup lainnya. Namun, jangan menutupi rambut terlalu ketat (misalnya menggunakan jilbab), karena keringat berlebih di kulit kepala serta kelembaban yang terlalu tinggi juga dapat merusak rambut. Apabila menggunakan jilbab, sesekali melepas jilbab (misalnya ketika berada di kamar atau ruangan tertutup) agar rambut dan kulit kepala bisa ‘bernafas’ lebih lega.
  • Perhatikan produk perawatan rambut yang digunakan. Produk perawatan rambut yang Anda gunakan bisa jadi tidak cocok dengan rambut Anda. Hentikan penggunaan apabila memang tidak cocok, lalu biarkan beberapa hari sebelum mengganti produk. Gonta ganti produk perawatan rambut terlalu sering juga dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Prioritaskan penggunaan bahan alami untuk merawat rambut Anda.

Nah, itulah beberapa informasi seputar rambut rontok: tips mengatasi kerontokan rambut, cara menggunaan minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok, dan informasi lainnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here