SHARE

resep jamu perawatan kulit

Berbagisolusi.com – Indonesia merupakan Negara yang kaya akan rempah-rempah dan aneka tanaman obat. Banyak anda temui resep obat-obatan tradisional yang dibuat secara turun temurun dari nenek moyang  dan sudah terbukti sangat ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, dengan tanaman obat itu juga telah diciptakan berbagai macam obat kecantikan serta awet muda.

Ada berbagai macam resep yang bisa kita dapatkan, salah satunya adalah jamu tradisional yang merupakan resep andalan bagi para orang tua agar tetap memiliki kulit yang kencang dan tubuh yang sehat. Untuk mendapatkan resep jamu, anda tidak perlu repot karena merupakan resep yang umum dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain itu jamu bukanlah sembarang minuman, melainkan salah satu ramuan tradisional alami yang terbuat dari tanaman.

Merawat Kulit dengan Jamu Herbal Tradisional

Berikut beberapa resep jamu yabg biasa digunakan untuk merawat kecantikan kulit, antara lain :

Jamu untuk mencegah penuaan dini

Pertama anda harus menyiapkan bahan seperti kentang, wortel, mentimun, apel dan madu. Kemudian cuci bersih semua bahan dan iris tipis-tipis untuk mempermudah pengolahan. Masukkan semua bahan ke dalam blenderdan haluskan secara perlahan agar bahan tercampur dengan baik, setelah benar-benar halus tuangkan jamu ke dalam gelas dan tambahkan madu sesuai selera. Jamu siap untuk diminum. Dengan mengkonsumsinya setiap hari, maka kulit anda akan terasa lebih kencang dan sehat.

Jamu beras kencur

Komposisi utama dari resep jamu ini adalah olahan beras dan kencur, kemudian anda campur dengan asam, kunyit, jahe, kapulaga serta kedaung. Jamu beras kencur berkhasiat untuk membuat badan menjadi lebih sehat, karena dapat mengatasi rasa nyeri, pegal dan linu. Beras kencur juga sering digunakan untuk mengatasi batuk. Selain itu, jamu ini juga dapat membuat kulit anda lebih cerah dan kencang.

Jamu kunyit asam

Bahan yang anda butuhkan untuk membuat jamu ini adalah kunyit dan buah asam. Biasanya bahan ini sering diracik bersama daun asam muda, temulawak, biji kedaung serta perasan jeruk nipis. Manfaaat dari jamu kunyit asam adalah untuk mencegah panas dalam dan sariawan, serta mencegah nyeri perut ketika anda sedang haid.

Jamu pahitan

Bahan dasar jamu pahitan adalah sambiloto, bisa juga anda tambahkan racikan bahan lain seperti brotowali, widoro laut dan daun adas. Walaupun mempunyai rasa yang pahit, tapi jamu ini berkhasiat mencegah jerawat serta bau badan. Di samping itu, jamu pahitan juga sering dikonsumsi untuk mengatasi rasa pusing, gatal dan perut kembung.

Selain dari resep-resep jamu diatas, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat anda tampak awet muda tanpa membutuhkan obat, yaitu seperti menghindari asap rokok dan membiasakan untuk tidur yang cukup. Merokok selain berakibat buruk pada kesehatan organ dalam anda, juga bisa menyebabkan penuaan dini. Zat yang terkandung dalam rokok akan membuat kulit anda tampak tidak segar, selain itu jangan membiasakan diri untuk begadang karena akan berakibat buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit anda. Orang yang kurang tidur tidak akan pernah memiliki kulit yang segar serta kencang, kulit mereka cenderung layu dan kusam.

Rawatlah kulit anda sejak dini agar tidak menyesal kemudian, karena wajah kusam dan keriput yang akan anda dapatkan akibat tidak pernah merawatnya. Biasakan untuk hidup sehat dan mempelajari cara membuat jamu awet muda secara tradisional tanpa efek ada samping, untuk memperoleh kulit kencang secara alami yang anda impikan.

Selamat mencoba. Baca pula artikel menarik lainnya pada topik Perawatan Kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here