SHARE

Mentimun merupakan jenis buah dan sayuran yang paling mudah ditemukan, karena sangat mudah dibudidayakan di berbagai jenis perkebunan di Indonesia. Mentimun biasanya dijadikan panganan seperti lalapan, hingga aneka sayuran yang sangat bergizi. Namun ternyata, mentimun juga sering dijadikan bahan utama untuk merawat kulit, terutama area wajah, karena kandungan nutrisi (vitamin dan mineral) yang terdapat pada mentimun juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit.

cara membuat masker mentimunSalah satu cara memanfaatkan mentimun untuk perawatan kulit adalah dengan menjadikan mentimun sebagai masker wajah alami. Bagaimana cara membuat masker wajah dari mentimun? Apa saja khasiat mentimun untuk kulit dan wajah? Pada artikel kali ini, BerbagiSolusi.com akan bahas tuntas, langkah demi langkah proses pembuatan masker nabati untuk wajah dari mentimun, serta penjelasan mengenai kandungan nutrisi serta khasiat mentimun untuk kulit. Berikut ulasannya:

Kandungan Nutrisi Mentimun yang Baik untuk Kulit.

Mentimun memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik dan berkhasiat untuk kulit. Kandungan nutrisi tersebut, antara lain:

  • Air.
    Sebagian besar dari massa buah mentimun merupakan air, yang tentunya berperan dalam menjaga kelembaban alami kulit serta mencegah kulit mengalami kekeringan dan dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan. Seperti yang kita tahu, kondisi kulit yang mengalami dehidrasi akan rentan iritasi, terkelupas, serta kasar dan tidak nyaman.
  • Vitamin A.
    Tidak hanya baik untuk mata, vitamin A juga baik untuk kulit, terutama dalam proses regenerasi kulit. Khasiat vitamin A untuk kulit antara lain adalah untuk meningkatkan serta mempercepat proses pertumbuhan dan regenerasi sel kulit. Vitamin A juga berperan sebagai antioksidan serta anti-inflamasi, yang bekerja melindungi kulit dari infeksi, pembengkakan, iritasi, dan berbagai gangguan dari luar.
  • Vitamin B1.
    Vitamin B1 berperan untuk memperlancar sirkulasi darah di bawah jaringan kulit, sehingga sel dan jaringan kulit akan mendapatkan suplai nutrisi yang baik, yang dibawa oleh darah.
  • Vitamin C.
    Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang mengikat jaringan kulit. Kolagen berperan untuk menjaga kulit tetap kencang, sehingga terlihat awet muda. Vitamin C juga merupakan agen pencerah kulit alami, serta berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikas bebas penyebab penuaan kulit.
  • Biotin.
    Biotin berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit secara umum. Kulit yang kurang ternutrisi oleh biotin sangat rentan mengalami gangguan dan kelainan kulit, seperti iritasi, eksim, gangguan infeksi jamur, serta peradangan.
  • Potassium.
    Potassium merupakan mineral yang sangat baik untuk kulit. Potassium membantu menjaga kondisi sel kulit agar tetap bekerja dan berfungsi secara normal, serta mencegah kekeringan dan munculnya kerutan di kulit.

Nah, itulah beberapa nutrisi yang terdapat pada mentimun, serta penjelasan khasiatnya untuk kulit. Berikutnya, kita akan membahas mengenai langkah-langkah cara pembuatan masker wajah dari mentimun.

Bagaimana Cara Membuat Masker Wajah dari Mentimun?

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat mentimun untuk kulit, saatnya untuk belajar cara membuat masker wajah dari mentimun yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain menggunakan mentimun, masker wajah alami ini menggunakan kombinasi beberapa bahan alami, untuk mendapatkan khasiat tertentu serta diperuntukkan bagi jenis kulit tertentu.

cara membuat masker mentimun untuk kulit keringBerikut ini beberapa resep membuat masker mentimun yang bisa Anda coba buat di rumah:

Masker Wajah dari Mentimun untuk Kulit Kering.

Bagi pemilik jenis kulit kering, masker mentimun memang sangat tepat digunakan sebagai perawatan alami agar kesehatan tipe kulit kering tetap terjaga. Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang paling baik untuk menyegarkan kulit, terutama kulit kering, serta membuat kulit lebih rileks dan lembab. Kandungan nutrisi dari buah mentimun dapat membantu menghidrasi kulit kering, sehingga terbebas dari gangguan akibat masalah kulit kering.

Selain mentimun, bahan yang juga dapat digunakan untuk membuat masker mentimun khusus untuk kulit kering ini adalah yogurt plain atau yogurt rasa asli. Asam laktat dari yogurt dapat membantu mengangkat kulit mati, dan membuat kulit lebih halus dan lembab. Yogurt juga mengandung antibakteri dan antibiotik alami, yang membantu kulit melawan kuman dan bakteri penyebab munculnya jerawat. Selain itu, masker mentimun dan yogurt ini juga dapat secara perlahan membantu menyamarkan bekas luka dan noda/bercak hitam di wajah.

Sebagai pilihan, Anda juga dapat menambahkan sedikit minyak zaitun pada masker mentimun dan yogurt ini, untuk menambah kandungan berkhasiat untuk kulit, yaitu vitamin E. Selain itu, minyak zaitun juga berperan untuk membuat kulit halus dan kencang, serta melembabkan sel kulit mati dan kulit yang terkelupas, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Berikut ini cara membuat masker mentimun dan yogurt untuk kulit kering:

Untuk membuat masker ini, Anda membutuhkan:

  • 1/2 buah mentimun segar.
  • 1 sendok makan yogurt plain.
  • 1 sendok teh minyak zaitun (pilihan).

Langkah pembuatan dan penggunaan masker mentimun untuk kulit kering ini, adalah sebagai berikut:

  1. Cuci buah mentimun, tidak perlu dikupas kulitnya.
  2. Gunakan blender untuk menghaluskan dan mencampur semua bahan.
  3. Basuh wajah menggunakan air hangat agar pori-pori kulit lebih terbuka, sehingga membantu pembersihan kulit yang lebih baik.
  4. Balurkan sedikit demi sedikit campuran masker yang sudah dibuat, ke seluruh area kulit wajah, kecuali sekitar mata. Pijat lembut kulit dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit.
  5. Setelah 15 menit, basuh dan bilas wajah dengan air hangat tersebih dahulu hingga semua bahan luruh. Akhiri dengan membasuh wajah dengan air dingin atau air biasa, agar pori-pori kulit kembali menutup.

Lakukan secara rutin 2 kali seminggu, untuk menjaga kulit kering Anda tetap sehat dan terawat.

Tips tambahan:

  • Masker yang sudah Anda buat juga dapat digunakan untuk membersihkan area kulit lainnya, seperti leher, pundak dan sekitar dada.
  • Hindari penggunaan yogurt aneka rasa, karena kandungan bahan kimia tertentu dapat menyebabkan gangguan pada kulit Anda.

Resep Masker Mentimun untuk Anti Aging dan Mengencangkan Kulit.

Setelah resep masker mentimun untuk kulit kering, resep masker berikutnya adalah untuk mengencangkan kulit serta menghilangkan tanda-tanda penuaan kulit. Masker alami dari mentimun dapat berkhasiat untuk mengatasi masalah kerutan dan garis-garis halus di kulit, serta masalah bercak dan perubahan warna pada sejumlah area kulit yang diakibatkan oleh penambahan usia. Untuk membuat masker dengan khasiat tersebut, bahan yang dapat Anda gunakan antara lain adalah mentimun dengan campuran aloe vera serta air perasan lemon dan air mawar,

cara membuat masker mentimun untuk kencangkan kulitAloe vera atau lida buaya merupakan bahan alami yang dapat mendinginkan kulit, sekaligus mencegah kulit mengalami penuaan dini. Aloe vera juga berperan membantu mengatasi sejumlah kondisi kulit, seperti kulit kering dan terkelupas, iritasi akibat panas matahari, dan sejumlah masalah lainnya. Selain itu, aloe vera juga membantu melembabkan kulit, serta membantu menyamarkan dan menghilangkan kerutan akibat penuaan.

Sementara itu, air perasan jeruk lemon merupakan asam alami, yang berperan mengecilkan pori-pori kulit. Kandungan jeruk lemon juga berperan sebagai pencerah kulit alami, serta menyamarkan noda hitam dan bekas luka jerawat. Juga memiliki kandungan antibakteri, yang membantu menetralisir bakteri dan jamur, yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai gangguan di kulit.

Bahan lainnya, yaitu air mawar, merupakan anti-oksidan alami serta mengandung sejumlah vitamin yang membantu memelihara kesehatan kulit.

Bahan-bahan masker.

Untuk membuat masker mentimun untuk anti-aging ini, bahan yang dibutuhkan, antara lain:

  • 1/2 buah mentimun organik, bersihkan lalu kupas kulitnya.
  • 1 sendok makan gel aloe vera.
  • 1/2 sendok teh air perasan jeruk lemon.
  • 1/2 sendok teh air mawar (pilihan).

Langkah membuat masker dan cara penggunaannya.

Setelah semua bahan disiapkan, langkah membuat masker mentimun untuk mengencangkan kulit ini, sama seperti pada resep sebelumnya: gunakan blender untuk melumatkan dan mencampur semua bahan, lalu masker siap digunakan.

Cara yang benar menggunakan masker mentimun juga sama seperti pada resep sebelumnya: setelah masker selesai dibuat, basuh wajah dengan air hangat, lalu balurkan dan pijat kulit wajah dengan masker mentimun. Diamkan 15 menit, lalu basuh dengan air hangat, lalu diakhiri dengan air dingin.

***

Demikianlah 2 resep masker wajah dari buah mentimun yang dapat Anda coba praktikkan di rumah. Selamat mencoba. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mencoba menggunakan minyak alpukat untuk mengatasi kulit kering. Baca pula resep masker nabati untuk kulit kering lainnya pada artikel sebelumnya di BerbagiSolusi.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here