masker kulit berminyakBeberapa orang memang memiliki jenis kulit yang tidak begitu cocok ketika harus menggunakan scrub, apalagi kulit yang berminyak, tapi tentunya ada scrub wajah untuk kulit berminyak yang aman untuk dibuat dan digunakan di rumah. Resep untuk membuat scrubnya tidak sulit dan dijamin natural karena bahan-bahan yang digunakan pun alami, tidak seperti produk kecantikan di luar sana yang mengandung bahan kimia berbahaya. Tidak perlu takut scrub ini akan malah membuat kulit berjerawat, karena ini justru merupakan solusi untuk pencegahan jerawat.

Memiliki kulit yang berminyak memang menjadi masalah bagi sebagian orang karena minyak yang berlebih itu sangat mengganggu, belum lagi jerawat yang tentu akan lebih mudah muncul; itulah sebabnya resep scrub wajah untuk kulit berminyak tersedia di sini. Tidak perlu takut akan efek sampingnya karena resep ini terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah didapat dan tidak seperti produk kecantikan lain yang mengandung bahan kimia, scrub buatan rumah ini dijamin oke dan lebih aman.

Tidak perlu membeli produk scrub wajah untuk kulit berminyak lagi sekarang. Cek beberapa resep scrub ini yang pasti cocok untuk perawatan kulit di rumah.

Facial Scrub Pembersih Wajah Berminyak, Menggunakan Madu, Yogurt dan Oatmeal

masker oatmeal madu dan yogurtBahan-bahan yang diperlukan dan harus disiapkan adalah:

  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh yogurt
  • 1 sendok makan oatmeal.

Cara membuatnya sangat mudah karena ketiga bahan bisa langsung dicampur dengan rata dalam sebuah mangkuk atau baskom kecil. Ketika sudah jadi dan ingin menggunakannya, pastikan jari-jari sudah dicuci bersih, ambil adonan masker dan aplikasikan ke kulit wajah, mulai dari dagu hingga ke dahi Anda.

Baca pula: Cara Memutihkan Kulit dengan Lulur Bengkoang.

Tidak perlu terburu-buru mencuci wajah, karena memang Anda harus menunggunya paling tidak dua hingga tiga menit sebelum membilas dengan air hangat. Jangan lupa gunakan air dingin untuk ketika akan menutup pori-pori kulit. Gunakan handuk yang lembut dan usapkan perlahan untuk mengelap dan mengeringkan wajah.

Mengapa Menggunakan Madu, Yogurt dan Oatmeal Sebagai Bahan Utama?

Ada banyak bahan alami yang bisa Anda temukan di luar sana, lalu mengapa harus ketiga bahan ini yang dicampur dan digunakan untuk scrub? Kenyataannya, ketiga bahan tersebut selain alami, mereka juga dapat melawan jerawat, jadi pasti aman untuk digunakan oleh mereka yang memiliki kulit berminyak serta ada jerawat di wajah. Scrub buatan rumah ini tidak susah dalam pembuatannya; untuk pencegahan jerawat, pastikan bahwa wajah selalu dicuci dengan bersih supaya kotoran yang menempel pada pori-pori bisa dibuang.

  • Madu.
    Madu tidak hanya enak dan nikmat sebagai campuran minuman atau makanan, tapi madu juga bisa diaplikasikan ke kulit yang akan bekerja melawan bakteri dan jerawat sebab memiliki kandungan antiseptik dan anti-bakterial; selain itu madu juga bisa berfungsi untuk melembabkan kulit berminyak.
  • Yogurt.
    Yogurt
    pun juga sama, tidak hanya enak untuk jadi menu sarapan atau baik untuk diet, bahan satu ini mengandung asam laktat yang akan membantu Anda membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, membersihkan minyak berlebih pada wajah dan mengangkat noda-noda pada wajah yang mengganggu; dengan yogurt jerawat menyebalkan tidak akan lagi membuat percaya diri hilang.
  • Oatmeal.
    Untuk Oatmeal sendiri memang dikenal sebagai makanan yang menyehatkan yang sering ditemui dalam daftar menu diet dan bahkan baik bagi jantung; selain itu oatmeal juga bagus untuk menyegarkan kulit, menutrisinya dan menghilangkan bakteri serta sebum yang berlebihan pada pori-pori.

Scrub Wajah untuk Melembabkan Kulit Berminyak

masker madu lemon dan baking soda

Bahan yang Harus Dipersiapkan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain adalah:

  • 1 sendok makan madu
  • 1/2 sendok teh jus lemon
  • 1/2 sendok teh baking soda.

Langkah Pembuatan Facial Scrub.

Cara membuatnya tidak membutuhkan waktu yang lama karena ketiga bahan tersebut tinggal dicampur merata di sebuah baskom atau mangkuk. Untuk menggunakannya, pastikan tangan sudah dicuci bersih; gunakan jari-jari Anda untuk mengoleskan adonan scrub alami tersebut ke wajah hingga rata. Setelah dua hingga tiga menit, wajah boleh dibersihkan dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Baca Pula: Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Memutihkan Kulit.

Alasan mengapa madu menjadi salah satu bahan yang digunakan di sini adalah karena madu mampu menghilangkan sebum berlebihan dan akan membuat kulit menjadi bersih tanpa jerawat; kulit yang berminyak pun juga akan dilembabkan. Jus lemon adalah yang paling oke untuk kulit berminyak dan sangat mampu melawan jerawat dengan zat-zat natural yang terkandung di dalamnya. Baking soda bukan hanya bahan penting yang akan Anda butuhkan ketika membuat kue, tapi juga bisa membersihkan kulit dari sebum, polusi serta kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori; jerawat pun bisa dicegah dengan baking soda.

Scrub Madu dan Gula Merah untuk Mengangkat Sel-sel Kulit Mati pada Kulit Berminyak

masker madu dan gula merah untuk kulit berminyak

Bahan Masker (scrub)

Bahan-bahan penting yang harus digunakan di sini adalah:

  • 1 sendok teh minyak zaitun
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok makan gula merah.

Cara Membuat Masker.

Cara membuatnya sama seperti resep scrub sebelumnya, hanya tinggal mencampur ketiga bahan bersama dalam sebuah mangkuk sampai benar-benar merata (menggunakan sendok juga bisa untuk mencampurnya). Jika adonan sudah tercampur rata, cuci tangan dan mulai aplikasikan ke wajah mulai dari dagu sampai ke dahi secara perlahan dan merata. Tunggu dua menit sebelum membilasnya dengan air hangat sebersih-bersihnya dan akhiri dengan membilas dengan air dingin, keringkan kulit wajah dengan handuk yang lembut.

Baca pula: Cara Membuat Masker Madu untuk Kulit Wajah.

Mengapa sekali lagi madu jadi salah satu bahan yang digunakan bahkan untuk pengangkat sel kulit mati? Karena memang madu sangat berguna untuk membunuh bakteri serta menghilangkan sebum yang biasanya terdapat pada permukaan kulit berminyak. Selain itu, minyak zaitun juga tidak hanya berguna ketika Anda akan memasak saja, tapi pori-pori akan mudah membuka dengan bahan ini sehingga kulit bisa dibersihkan dengan simpel dan membuang minyak jahat dari kulit. Gula merah juga ternyata adalah bahan alami tepat yang dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah serta melembabkan wajah secara alami karena bahan ini juga dikenal sebagai humektan natural.

Ketika membuat scrub buatan rumah ini, perhatikan teksturnya baik-baik dan usahakan agar tidak terlalu kental dan kering karena bisa jadi malah membahayakan wajah; jangan ragu untuk menambahkan madu sedikit demi sedikit hingga adonan scrub tidak terlalu kental. Tidak perlu membeli gula merah jika tidak punya, gula putih juga berfungsi sama, hanya saja kalau memiliki kulit yang sensitif ada baiknya jika memilih menggunakan gula merah. Untuk resep scrub wajah untuk kulit berminyak yang pertama, ingat bahwa terlalu banyak jus lemon dapat membakar kulit, jadi perhatikan dan ikuti sesuai takaran yang ada.

Tips Pembuatan dan Pemakaian Scrub Wajah Alami.

Dalam penggunaan scrub buatan rumah ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Seperti biasa, kuncirlah rambut sebelum membersihkan wajah dengan scrub dari madu, yogurt dan oatmeal ini; jauhkan rambut dari wajah sehingga tidak mengganggu proses mencuci wajah.
  2. Sebelum mencuci wajah dengan scrub, bukalah pori-pori dengan menguapkan wajah.
  3. Dalam praktik pembuatan scrub ini, bisa jadi cairan terlalu kental dan kering yang tentunya tidak sesuai aturan. Kalau hal ini terjadi, tambahkan madu atau yogurt; jangan biarkan oatmeal terlalu banyak karena minyak alami pada wajah akan hilang oleh karenanya, dan malah bisa menimbulkan jerawat lebih banyak serta produksi minyak berlebih.

Nah, demikianlah beberapa resep masker wajah dan scrub wajah (facial scrub) untuk kulit berminyak. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website