Spa merupakan salah satu alternatif atau cara yang ditempuh wanita agar dapat merelaksasikan serta memanjakan segenap tubuh dan fikiran untuk sejenak, dari banyaknya aktifitas dan kesibukkan yang melelahkan. Namun, bagi sebagian wanita memilih untuk tidak melakukannya karena spa dianggap membuang-buang uang dikarenakan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan agar mendapatkan spa yang maksimal. Selain itu juga, Anda harus repot-repot mengunjungi salon atau pun klinik kecantikan yang menyediakan spa, apalagi ketika tempat yang Anda kunjungi tersebut lagi banyaknya orang yang mengantri, itu hal yang membosankan.

Namun, Anda ingin melakukan spa sendiri di rumah, akan tetapi Anda tidak tahu langkah-langkah untuk melakukan spa sendiri di rumah, karena Anda berfikir melakukan Spa akan lebih menyenangkan jika Anda melakukannya sendiri di rumah tanpa harus repot-repot kesana kemari. Anda dapat mencoba beberapa step-step spa yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah yaitu sebagai berikut:

Melakukan Gerakan Yoga Sederhana

Melakukan gerakan yoga yaitu melakukan beberapa gerakan yoga yang bisa menenangkan hati dan fikiran Anda terlebih dahulu, supaya rasa semangat yang ada dalam diri Anda bisa kembali lagi. Salah satu gerakan yoga yang dapat Anda ambil dan lakukan dengan ringan yaitu pejamkan mata Anda, biarkan suasana disekitar Anda seakan-akan memudar dan menghilang, lalu hiruplah udara sedalam-dalamnya dengan diiringi mengangkat tangan Anda dari bawah menuju atas secara perlahan-lahan, lalu buang napas Anda dengan diiringi turunnya tangan dari atas ke bawah. Lakukan hal tersebut sebanyak tiga kali.

Anda juga dapat melakukan gerakan yoga yang bisa meregangkan otot-otot kaku Anda, bisa dengan memutar-mutar badan ataupun membungkukkan badan, dan dengan gerakan-gerakan ringan sampai keringat terasa ingin menampakkan dirinya.

Membersihkan Badan

Step kedua yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan badan Anda agar badan Anda lebih bersih dan segar, setelah melakukan beberapa gerakan yoga tadi.

Agar terasa seperti di spa Anda bisa mengkombinasikan mandi air hangat dengan campuran aroma bunga (bunga mawar dll) dan penambahan aroma-aroma jeruk. Penambahan 6-8 potongan dari kulit jeruk ataupun lemon yang ketika bereaksi dengan air hangat akan mengeluarkan aroma asam sitrat yang alami dan beberapa potongan kelopak bunga kedalam air dapat merevitalisasi dan menenangkan Anda.

Steam Facial

Membersihkan wajah ala spa, bisa dengan melakukan steam facial yaitu dengan merebus air serta penambahan beberapa perasan buah lemon segar atau penambahan tetesan minyak esensial yang dapat membuka pori-pori di kulit Anda. Membiarkan uap air dari hasil rebusan tadi mengenai wajah Anda, dengan meletakkan handuk dibagian atas kepala agar uapnya berkonsentrasi pada wajah Anda. Lakukanlah hal tersebut sampai uapnya benar-benar hilang.

Uap yang mengenai wajah tadi dapat melunakkan kulit-kulit wajah Anda, sehingga Anda dapat melakukan perapian pada bulu-bulu wajah Anda, terutama bagian alis Anda. Hindari melakukan pencabutan pada bulu alis Anda, karena selain dapat menyebabkan iritasi, bulu alis tidak bisa sepenuhnya melindungi mata Anda.

Menggunakan Masker Wajah Alami

Membuat masker wajah dengan bahan yang sederhana namun alami serta bernutrisi untuk kulit wajah, bisa dilakukan di rumah sendiri, tanpa harus membayar mahal. Salah satu Masker alami yang dapat melembabkan kulit dan membuatnya halus yaitu campuran buah alpukat dengan 1 sedok makan krim kental tawar. Sedangkan jika Anda menginginkan sel-sel kulit mati di wajah Anda terakat, Anda dapat membuat masker dengan campuran antara beras yang disangrai sampai sedikit beraroma gosong dengan daging buah asam yang telah dibakar, yang digiling halus dan ditambahkan sedikit air.

Agar lebih efisien, Anda juga dapat menggunakan masker alami siap pakai, seperti Masker Organik Bengkoang.

Perawatan Rambut

Pada step ini Anda bisa juga melakukan perawatan rambut dengan cara yang paling efektif, paling efisien serta paling sederhana untuk melembabkan rambut dan membuatnya bernutrisi, sehingga rambut Anda terlihat sehat dan terpelihara dengan baik.

Langkah sederhananya, Anda bisa mengoleskan beberapa pilihan minyak alami yang dilarutkan dengan menggunakan air hangat. Tinggal tergantung pada apa yang akan Anda pilih dari beberapa minyak yang ada yaitu bisa dari minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jarak, minyak almond manis atau minyak argan dan minyak kemiri. Minyak-minyak tersebut bisa membantu dalam menyuburkan rambut dan kulit kepala Anda.

Melembabkan Kulit

Melembabkan kulit tubuh Anda sangat penting dilakukan, mengingat kelembaban kulit dapat berkurang tiap harinya. Dengan melakukan spa ini nutrisi dan kelembaban kulit Anda bisa teratasi dengan cepat.

Anda bisa membuat resep sendiri agar spa di rumah lebih terasa lebih afdol. Salah satu campuran yang dapat dicoba yaitu dari bahan ¾ cangkir air mawar, 2 sendok makan shea butter, 3 sendok makan lilin lebah, dan ¾ cangkir minyak zaitun.

Perawatan Kaki dan Kuku

Melakukan pedicure tidak kalah penting dari step-step yang lain, dengan melakukan pedicure dapat memberikan sedikit kenyamanan beristirahat pada kaki, karena hampir setiap saat kaki Anda harus bekerja keras. Maka dari itu, lakukan perendaman pada kaki Anda kurang lebih 5-6 menit dalam baskom yang berisi larutan garam dengan air hangat. Selain itu, bisa dengan campuran krim kaki ringan atau dengan setetes shea butter dan sedikit tetesan minyak esensial mawar. Tahap terakhir, Anda bisa membersihkan cela-cela kuku dan kaki Anda.

Perawatan Tangan

Selain melakukan pedicure, cara yang harus dilkukan agar spa yang kita lakukan terasa lengkap yaitu manicure. Menicure ini dapat dimulai dari mengosok-gosok pelembab atau lotion, memijat tangan dan sedikit lakukan peregangan pada jari-jari Anda, agar jari tidak terasa kaku. Selain itu, bisa menggunakan ampas kopi atau gula dan minyak zaitun, agar kulit kasar yang di tangan Anda dapat menghilang.

Nah, gimana? Simplekan? Kalau untuk kecantikan, tidak harus mahal-mahal dan repot-repot, yang terpenting Anda ada keinginan untuk merawat tubuh Anda walaupun dengan cara yang sederhana. Jangan lupa lakukan spa ini dalam seminggu sekali ya! Dijamin TOP deh…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website