SHARE

tidur siang

Apabila anda adalah seorang pekerja yang sangat sibuk dan sangat jarang sekali beristirahat, maka cobalah untuk tidur siang.

Tahukah anda tidur siang memiliki banyak manfaat yang tersembunyi, sempatkanlah anda tidur 10-15 menit pada siang hari. Tidak banyak yang tahu bahwa tidur siang juda dapat memberi manfaat apalagi bagi anda yang berprofesi sebagai seorang pekerja. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tidur siang.

Berikut adalah manfaat tidur siang.

Meningkatkan kosentrasi

Manfaaat tidur siang yang pertama adalah untuk menambah kosentrasi. Hal ini telah di buktikan oleh suatu penelitian yang dilakukan oleh NASA. Dimana penelitian ini membuktikan bahwa pilot mempunyai kosentrasi dan fokus yang lebih tinggi ketika mereka menyempatkan untuk tidur siang selama 40 menit saja

Meningkatkan kinerja otak

Manfaat selanjutnya adaalaah mampu meningkatkaan kinerjaa otak. Kualitas tidur siang yang baik, hal ini dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Iini berarti tidur siang dapat memberikan manfaat yang baik dan positif pada otak.

Ternyata tidur siang selama 90 menit dapat mengurangi rasa lelah secara psikis. Fakta membuktikan bahwa kinerja otak masih tinggi pada orang yang menyempatkan waktunya untuk tidur siang daripada mereka yang tidak sempat tidur siang.

Meningkatkan kreativitas

Para ahli telah meneliti mengapa sebagian orang cenderung bisa memperoleh inspirasi setelah tidur siang. Mereka akhirnya mengetahui bahwa aktivitas otak pada bagian kanan berhubungan dengan kreativitas.

Penelitian lainnya juga membuktikan bahwa tidur siang yang berkualitas akan mendorong seseorang untuk lebih baik menangani masalah yang berkaitan dengan kreativitas.

Menambah produktivitas

Para ahli sepakat bahwa tidur siang dapat mendorong seseorang untuk lebih produktiv. Maka dari itu, tidur siang tidaklah selalu identik dengan kemalasan. Tidur siang dalam waktu singkat dapat meningkatkan kinerja karyawan di bandingkan dengan secangkir kopi.

Meningkatkan semangat

Tidur siang walaupun sebentar saja di ketahui dapat memperbaiki suasana hati. Jika anda merasa lelah, suntuk, dan tidak bersemangat. Maka sebaiknya anda tidur siang untuk untuk menumbuhkan kembali semangat Anda yang hilang.

Meredakan stres

Manfaat selanjutnya adalah tidur siang mampu meredakan stres. Tidur siang ini adalah salah satu alternatif untuk menghilangkan stres.

Sebuah penelitian di tahun 2007 bahkan menunjukan jika tidur siang dapat memberikan efek menenangkn yang hebat. Setelah tidur siang, pikiran akan terasa segar dan hati tenang, andapun lebih riingan menjalani hidup ini.

Itulah beberapa manfaat yang tersimpan di dalam tidur siang.

Jadi, tidur siang tidaklah selalu berkaitan dengan kemalasan, bagi anda yang kurang suka tidur siang cobalah mulai sekarang biasakan tidur siang. Tidur siang dalam beberapa menit saja dapat mengembalikan semangat dan kesegaran badan anda, sehingga anda semakin produktif dalam melakukan suatu pekerjaan kembali. Secara tidak langsung tidur siang memberi manfaat dan dapat membantu anda dalam memulihkan kembali tenaga anda, jadi jangan takut apabila anda sering tidur siang.

Namun tentunya tidur siang tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan badan kita. Dampaknya tidur siangpun baik untuk tubuh dan dapat membantu dalam kesehatan tubuh kita, tubuh menjadi tidak cepat lelah serta membantu juga dalam metabolisme tubuh.

Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita akan manfaat tentang tidur siang, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.