Kebaya sudah menjadi pakaian wajib wanita Indonesia.  Bahan-bahan kebaya biasanya terbuat dari lace, organdi, tulle hingga sutra serta diperindah dengan taburan payet-payet dan manik yang berkilau sehingga membuat kebaya butuh perawatan khusus agar bisa berumur panjang dan tetap cantik ketika dikenakan.

Tentu Anda tak ingin kelimpungan saat mau mengenakan kebaya ternyata manik-manik dan payet sudah tidak lagi berada di tempatnya. Bentuk kebaya pun sudah berubah akibat terlalu lama digantung. Agar kebaya Anda tetap cantik, rawatlahlah dengan baik. Tidak perlu biaya mahal, cukup dengan cara sederhana. Berbagisolusi.com akan berbagi tipsnya yah. Yuk di simak!

Kebaya

Cara Merawat Kebaya Agar Selalu Awet.

Kebaya Tidak Perlu Sering Dicuci.

Biasanya kebaya dikenakan hanya beberapa jam saja saat Anda menghadiri undangan atau acara tertentu. Setelah selesai Anda pakai, langsung angin-anginkan saja agar tidak berbau. Tetapi jika kebaya Anda kenakan seharian atau dalam waktu yang cukup lama, wajib dicuci agar keringat Anda tidak menempel dan membuat kebaya berbau keringat. Jika kebaya Anda terbuat dari bahan lace atau tulle untuk mencucinya akan lebih baik jika membawanya ke dry clean. Jika memilih untuk mencuci sendiri, cucilah dengan tangan. Gunakan detergen yang lembut kemudian rendamlah beberapa saat, jangan terlalu lama. Jika ada noda yang menempel, kuceklah sebentar saja, tidak perlu disikat.

Perhatikan Cara Menjemur Kebaya yang Baik.

Kebaya kesayangan yang Anda cuci setelah dibilas tidak perlu diperas. Jangan pernah menjemur kebaya di bawah sinar matahari langsung. Karena akan membuat warna kebaya cepat memudar. Cukup jemur di tempat teduh dan angin-anginkan saja. Gunakan tali yang tersedia saat menjemur kebaya agar tidak merusak bentuknya apalagi yang berbahan berat dan banyak menggunakan payet serta aplikasi lainnya.

Simpan Kebaya dengan Lipatan yang Rapi.

Jika kebaya Anda terbuat dari bahan yang banyak payet-payet dan maniknya, jangan digantung saat menyimpannya. Payet dan manik akan membuat kebaya lebih berat jadi sebaiknya dilipat saja. Perhatikan letak payet dan manik saat melipatnya agar bentuk kebaya tidak berubah dan payet tidak lepas. Beri kertas di tempat yang banyak payetnya misalnya di sekitar lengan agar tidak merusak sisi yang lain. Gunakan kotak untuk menyimpan khusus kebaya yang butuh perhatian ekstra. Untuk bahan yang ringan atau sutra, boleh digantung namun tetap perhatikan letak bahu. Sesuaikan dengan gantungan agar jika digantung dalam waktu lama bentuknya tidak berubah dan tetap cantik saat Anda pakai. Biasanya kebaya akan jarang digunakan, maka jangan lupa sesekali untuk mengeluarkan dari lemari dan mengangin-anginkan agar kebaya tidak berbau dan berumur panjang.

Nah itulah beberapa tips merawat kebaya agar tahan lama dan berumur panjang. Semoga artikelnya bermanfaat yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website