Rambut yang sehat biasanya terlihat lembab, terasa lembut dan sangat halus ketika disentuh. Rambut yang terlalu kering, kusam, dan rapuh, tentunya kurang sehat. Hal itu bisa disebabkan karena kandungan minyak alami pada rambut sangat rendah. Minyak alami pada rambut ini berfungsi untuk mengunci kelembaban, sehingga ketika kadar minyak pada rambut berkurang, rambut terlihat kering, kusam, mudah rapuh, dan kehilangan kelembutannya. Berlaku pula sebaliknya, apabila kadar minyak alami ini tercukupi, rambut pun akan menjadi lebih sehat secara alami, serta terlihat lembab sepanjang hari.

Lalu, bagaimana cara membuat rambut tetap terlihat basah dan lembab sepanjang hari? Menjaga kelembaban rambut sebenarnya bukan hal sulit. Anda dapat melakukan beberapa cara alami agar rambut sehat, terlihat lebih lembab dan basah, yaitu sebagai berikut:

Perawatan Rambut yang Tepat dan Benar.

Pertama, Anda harus melakukan penanganan yang tepat untuk rambut Anda, yaitu:

  • Jangan keramas setiap hari.
    Folikel rambut secara rutin dan alami memproduksi minyak alami (lipid), yang dapat membuat rambut terlihat lebih lembab dan berkilau. Keramas setiap hari menggunakan shampoo dapat mengikis dan meluruhkan minyak alami ini, sehingga rambut akan rentan kehilangan kelembaban alaminya. Cukup lakukan keramas sebanyak 2 kali dalam seminggu, kecuali apabila rambut terasa kotor oleh debu dan kotoran.
  • Hindari penggunaan pewarna rambut.
    Pewarna kimiawi untuk rambut biasanya mengandung amonia, yang dapat mengurangi kekuatan helai rambut, karena dapat merusak folikel rambut. Penggunaan pewarna rambut (apalagi terlalu sering), dapat membuat rambut rusak, rapuh, dan tentunya kehilangan kelembaban.
  • Hindari penggunaan pemanas rambut.
    Meski sedang trend, hindari penggunaan alat-alat perawatan rambut yang bersifat menghantarkan panas, seperti hair dryer, flat irons, dan curly irons. Rangsangan panas yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat merusak dan membunuh sel pada helai rambut, sehingga rambut sangat rentan terhadap kerusakan. Kurangi penggunaannya, atau hindari sama sekali, agar rambut sehat secara alami.
  • Potong ujung rambut secara rutin.
    Kerusakan rambut biasanya dimulai pada ujung rambut, sehingga ujung rambut ini harus rutin dipotong agar kerusakan tidak menjalar ke badan helai rambut. Lakukan pemotongan ujung rambut minimal 1 kali setiap 3 atau 4 bulan.

Menggunakan Aloe Vera atau Lida Buaya.

Aloe vera atau lida buaya merupakan bahan yang paling populer digunakan untuk perawatan rambut. Hal ini tentunya karena kandungan lida buaya yang komplit dan sangat berkhasiat untuk membuat rambut sehat secara umum, meningkatkan kilau rambut, membuat rambut tampak lembab dan basah sepanjang hari.

aloe vera untuk rambutCara menggunakannya, cukup mudah. Ambil gel lida buaya, lalu balurkan di sekujur rambut. Lakukan pijatan pada kulit kepala dan sekitar akar rambut, dan terus balurkan hingga ke ujung rambut. Gunakan shower cap atau handuk lembab untuk menutupi rambut, lalu diamkan selama minimal 1 jam. Lalu bilas hingga bersih.

Anda dapat melakukan langkah ini 1 – 2 kali dalam seminggu. Setelah dibilas, lakukan keramas dengan shampoo, lalu akhiri dengan menggunakan conditioner favorit Anda.

 

Rutin mengkonsumsi vitamin dan suplemen makanan.

suplemen omega-3 untuk rambutSejumlah nutrisi, vitamin, dan suplemen makanan dapat membantu meningkatkan kilau rambut serta membuat rambut lebih sehat. Selain itu, juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa suplemen yang bisa membantu meningkatkan kilau rambut, antara lain:

  • Vitamin E,
  • Minyak Omega-3,
  • Minyak ikan fospolipid,

Suplemen tambahan makanan tersebut bisa Anda dapatkan di apotik-apotik ternama di kota Anda.

Perawatan Rambut dengan Minyak Nabati.

Pada malam hari menjelang tidur, lumuri rambut dengan minyak nabati hingga cukup basah, lalu lakukan sedikit pijatan pada kulit kepala. Tutupi dengan shower cap ataupun handuk lembab, lalu tidur dengan shower cap/handuk lembab masih menutupi kepala. Bilas dan keramas pada pagi hari setelah bangun tidur.

minyak alpukat untuk rambutPerawatan rambut dengan minyak nabati ini akan membantu menjaga kadar minyak alami rambut, agar tetap dapat mengunci kelembaban. Cara ini sangat efektif membuat rambut terlihat lembab dan basah sepanjang hari.

Jenis Minyak Nabati untuk Perawatan Rambut.

Jenis minyak nabati yang bisa Anda gunakan pada langkah ini:

  • Minyak zaitun (untuk rambut normal); atau
  • Minyak alpukat (untuk rambut kering); Klik di sini untuk informasi di mana bisa mendapatkan minyak alpukat.

Hot Oil Treatment untuk Rambut.

Cara menjaga kelembaban rambut, yang lainnya adalah dengan perawatan rambut dengan hot oil treatment (perawatan dengan minyak yang dipanaskan). Jenis minyak yang bisa digunakan dalam hot oil treatment ini, antara lain adalah salah satu dari: minyak jarak, minyak kelapa, vco, minyak almond, atau minyak alpukat.

Melakukan hot oil treatment untuk rambut juga cukup mudah, yaitu dengan memanaskan/menghangatkan 2 sendok minyak nabati yang Anda pilih, hingga hangat-hangat kuku. Lalu gunakan untuk melumuri rambut, memijat rambut dan kulit kepala. Gunakan shower cap atau handuk untuk menutupi kepala, diamkan beberapa jam, lalu bilas dan keramas seperti biasa.

Suhu hangat dari minyak akan membantu membuka pori-pori rambut, dan memudahkan rambut untuk menyerap minyak. Namun perlu diingat, cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan terlalu sering, karena dapat mempercepat pertumbuhan uban. Cukup lakukan 1 kali dalam 2 minggu.

Cara perawatan rambut dengan masker rambut.

Cara lainnya untuk merawat rambut Anda agar lembab dan terlihat basah, bisa Anda baca pada beberapa tulisan sebelumnya mengenai cara membuat masker rambut, antara lain:

***

Ternyata membuat rambut terlihat basah dan lembab tidak terlalu sulit, kan? Selamat membaca kembali artikel-artikel di BerbagiSolusi.com, dan semoga tulisan ini bermanfaat.

One thought on “Tips Agar Rambut Terlihat Basah Sepanjang Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website