diet dan kesehatanBeragam jenis diet yang di jalani kaum wanita. Namun hanya sedikit yang berhasil untuk menurunkan berat badan. Pola diet yang benar adalah yang memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan itu sendiri. Dan bukan dengan cara mengurangi konsumsi makanan. Konsumsi makanan di lakukan secara rutin tiga kali dalam satu hari. Yang terpenting adalah tetap harus makan pagi bukan tidak makan. Karena dengan tidak makan pagi maka seseorang akan cenderung mengkonsumsi makanan yang berlebihan pada siang hari.

Kandungan gizi nya pun harus tetap di perhatikan. Misalnya lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti empat sehat lima sempurna. Pada beras yang menjadi sumber karbohidrat bisa di ganti dengan beras merah. Kandungan gizi yang terdapat pada beras merah sangat baik untuk program diet. Kandungan gizinya yaitu kaya akan serat, mineral dan vitamin. Namun akan lebih baik jika makanan yang di konsumsi di masak dengan cara yang benar. Dengan memasak makanan menggunakan cara yang benar yaitu tetap mempertahankan kandungan gizi yang di miliki bahan makanan tersebut.

Pola Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut adalah cara untuk tetap mempertahankan kandungan gizi yang terdapat pada makanan yaitu memilih bahan makanan yang segar. Kemudian ketika akan mengolahnya pun jangan terlalu lama. Karena makanan yang di olah terlalu lama akan membuat gizi yang ada di bahan makanan menjadi hilang. Hal lain yang musti di perhatikan diantaranya ketika selesai memasak di anjurkan untuk segara menyantapnya makanan tersebut. Jangan di biarkan terlalu lama. Simpan bahan makanan seperti sayur mayur di dalam lemari pendingin. Khusus untuk susu tempatkan pada botol yang tertutup rapat agar kandungan gizinya tidak rusak. Jika hal tersebut kita perhatikan dan disiplin melaksanankannya. Maka tidaklah susah untuk menjalankan program diet menggunakan pola diet yang benar.

Tips Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut adalah tips diet untuk menurunkan berat badan:

  • Diet yang di awali dengan niat.
    Niat yang kuat dari seseorang yang ingin menjalankan program diet akan sangat menentukan tingkat keberhasilan. Karena dengan adanya niat maka seseorang akan mampu menahan segara godaan yang menyerang.
  • Konsumsi makanan kaya serat.
    Makanan yang di konsumsi mengandung tinggi serat sangat baik bagi proses penyerapan dan pencernaan. Misalnya lebih banyak mengkonsumi apel, blueberry, ikan salmon, ubi, brokoli, kacang merah, bayam dan kacang almon. Makanan seperti ini tinggi akan kandungan vitamin, mineral, protein dll. Hindari mengkonsumsi camilan. Dan juga mengurangi makanan dengan kalori dan kadar gula yang berlebihan.
  • Mengunyah sampai lembut.
    Kunyah makanan yang di konsumsi sampai benar-benar halus dan lembut sebelum di telan. Hal ini bertujuan membantu kerja lambung. Jadi makanan akan mudah di serap dan mudah di buang.
  • Menghindari yang faktor eksternal.
    Yang di maksud faktor eksternal yaitu menghindari konsumsi alkohol, stres, dan junk food. Selain tidak baik untuk kesehatan. Faktor-faktor ini juga akan mengagalkan pola diet sehat.
  • Banyak air putih.
    Minum air putih sangat di sarankan dan juga sangat baik untuk kesehatan. Bisa membantu menghilangkan racun yang ada di dalam  tubuh kita.
  • Rutin olahraga.
    Terkadang kita malas untuk berolah raga. Namun olah raga yang kita kerjakan tidak harus yang berat kita bisa lakukan di rumah seperti jogging, berenang dan yoga. Cukup dengan tiga puluh menit asal rutin di lakukan setiap hari. Itu akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan yang lebih utama program diet sehat.

Demikianlah beberapa tips diet dan cara menurunkan berat badan secara efektif. Selamat beraktivitas, dan semoga bermanfaat. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website