Sejatinya kacamata adalah lensa tipis untuk guna menormalkan dan mempertajam penglihatan. Pada masa kekinian, selain menjadi alat bantu penglihatan, kacamata sudah menjadi pelengkap gaya. Tidak jarang kacamata sudah menjadi gaya khusus bagi seseorang.

kaca mata plastik

Bukan hal yang tidak biasa lagi jika sekarang kacamata kebanyakan menggunakan lensa plastik. Memilih lensa plastik dengan pertimbangan bahwa lensa plastik tidak mudah pecah dibandingkan dengan lensa kaca. Di satu sisi lensa plastik mempunyai banyak kelebihan dibanding lensa kaca. Namun di sisi lain lensa plastik mempunyai kelemahan yaitu lapisan coatingnya bisa terkelupas dan gampang baret. Oleh karna itu jika mempunyai lensa plastik, harus tahu cara membersihkannya dengan benar. Jika cara membersihkan lensanya salah maka lensa kacamata bisa jadi rusak dan menjadi buram.

TIPS MEMBERSIHKAN KACAMATA LENSA PLASTIK

BerbagiSolusi.Com kali ini akan membagi tips bagaimana merawat dan membersihkan lensa plastik dengan benar agar tetap terjaga.

  • Jangan menggosokan lensa kacamata pada ujung kemeja karena pada dasarnya berbahan katun, polyster dan wool. Kain yang memiliki tekstur yang kasar akan menimbulkan goresan pada kacamata.
  • Jangan membersihkan lensa dalam keadaan kering. Jangan pernah membersihkan lensa tanpa menggunakan air karena bisa membuat lensa menjadi baret. Lensa plastik sangat sensitif dengan hal-hal yang kasar seperti lap yang digunakan untuk mengelapnya.
  • Jangan menggunakan tissue untuk membersihkan lensa kacamata anda. Meskipun tissue terbukti halus tapi tissue tetap dapat menimbulkan goresan pada lensa kacamata berbahan dasar plastik.
  • Gunakan air untuk membilas lensa kacamata plastik. Sebelum mencuci kacamata, basahi lensa terlebih dahulu dengan menggunakan air yang mengalir setelah itu bersihkan dengan sabun cair. Sabun cair membantu untuk menghilangkan debu yang menempel pada lensa. Jangan menggunakan sabun yang mengandung garam dan asam lemak.
  • Bilas kacamata dengan air bersih. Setelah itu keringkan lensa dengan lap bersih dan lembut. Lakukan pengelapan secara satu arah hingga bersih. Gunakan lap yang lembut. Biasanya saat membeli kacamata selalu disertakan lap untuk pembersih kacamata. Gunakan itu.
  • Konsultasikan pada dokter ahli mata sebelum menggunakan spray untuk membersihkan lensa kacamata. Karena setiap kali menyemprot spray tsb, bahan kimia akan ikut terhirup hidung atau malah masuk ke dalam mata.
  • Simpan kacamata pada tempat bersih. Lilitkan dengan kain yang paketan dari kacamata saat anda membelinya pertama kali.

Nah demikianlah tips-tips untuk membersihkan kacamata lensa plastik. Semoga dengan adanya artikel ini, membantu anda merawat lensa kacamata agar tetap awet. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website