SHARE

BerbagiSolusi.com – Hari pernikahan adalah hari yang sakral dan berbahagia bagi  sebuah pasangan. Setiap perencanaan menjelang hari pernikahan membutuhkan persiapan dan  waktu yang cukup. Segala jenis kebutuhan seperti  baju pengantin, tempat, cathering harus dipilih dan di beli dengan tepat dan baik. Namun, hal  yang tidak kalah pentingnya  juga adalah pemilihan cincin kawin.

Cincin kawin adalah cincin yang menggambarkan ikatan dari pasangan suami dan istri  tersebut. Biasanya berbentuk couple atau pasangan. Oleh karena itu, cincin kawin sangat penting perananya dalam pernikahan dan harus dipilih dengan benar dan tidak boleh asal.

Pasti akan timbul pertanyaan dari calon suami dan istri, bagaimana cara memilih dan membeli cincin kawin yang tepat? Nah, kalian tidak perlu khawatir,  kami punya 6 tips bagaimana membeli dan memilih cincin kawin yang tepat. Simak informasinya secara lengkap ya.

Sesuaikan dengan budget

Hal pertama yang harus diperhatikaan dalam memilih dan membeli cincin kawin adalah dengan memperhatikan budget yang anda miliki. Pilihlan cincin kawin yang sesuai dengan keinginan dan jumlah budget anda. Karena tidak semua  cincin kawin yang sesuai dengan keinginan anda memiliki harga yang sangat mahal.

Selain itu, Pasangan juga harus memperhatikan pembiayaan kebutuhan yang lain seperti baju pengantin, tempat, dan chatering. Agar semuanya dapat dipersiapkan dengan baik.

Tentukan bahan, material serta kadarnya

Hal lain yang harus diperhatikan bagi calon suami dan istri dalam memilih cincin kawin  adalah menentukan bahan, material serta kadar dari cincin kawin yang didinginkan. Apabila anda memilki budget yang kurang, anda bisa membeli cincin kawin yang menggunakan material campuran emas dan perak. Sehingga, walaupun lebih murah namun tetap berkelas.

Pastikan ukuran cincin

Ukuran cincin harus diperhatikan dalam memilih cincin kawin yang diinginkan.  Bagi pasangan baik calon  suami dan istri tidak boleh mengira ukuran jari masing-masing. Karena, akan berakibat fatal yaitu cincin yang dibeli tersebut tidak dapat digunakan dan terpaksa harus memesan ulang. Dan itu sangat merugikan anda.

Caranya: ukurlah jari pasangan anda menggunakan kertas kecil. Lalu, hitunglah panjang kertas tersebut menggunakan penggaris.

Diskusikan desain dan model cincin

Sebelum anda membeli cincin kawin, anda dan pasangan harus mendiskusikan desain dan model cincin yang diinginkan. Biasanya laki-laki cendrung memilih cincin sendiri sebagai kejutan untuk pasangannya. Namun, tidak jarang juga pasangan kurang menyukainya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendiskusikan desain dan model cincin yang nanti kalian pilih.

Penjual profesional dan terpercaya

Cara memilih cincin kawin selanjutnya adalah dengan membeli cincin kawin ke tempat penjual professional dan terpercaya. Karena tidak jarang banyak penjual yang membuat cincin tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan. Apalagi, anda membuat desain cincin anda sendiri.

Pesan jauh-jauh hari sebelum hari H

Bila anda membeli cincin, anda harus memesan jauh-jauh sebelum hari H. apalagi, ditambah dengan anda membuat desain cincin anda sendiri sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu juga, anda mempunyai keuntungan lain  yaitu anda bisa memilh dengan leluasa dan dapat memilih pilihan-pilhan yang lain sehingga waktu anda  tidak terganggu dengan persiapan lainnya.

Nah, itulah 6 tips bagaimana memilih dan membeli cincin kawin yang tepat. Karena pernikahan adalah sesuatu yang sakral , maka semua persiapan menjelang pernikahan harus baik dan tepat termasuk dalam membeli cincin kawin.

Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here