Membentuk pola makan sehat kepada anak adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karna usia balita merupakan masa terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental seorang anak. Makanan  bergizi salah satu yang bisa menunjang tumbuh kembang si kecil. Anak perlu dibiasakan mengenal menu makanan sehat agar pola makannya tetap terjaga dengan baik kelak besar nanti. Berikut ini berbagisolusi.com akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membiasakan pola makan sehat di dalam keluarga Anda sehingga bisa membentuk pola makan sehat kepada anak. Simak yah!

Tips Membentuk Pola Makan Sehat Kepada Anak

Berikut beberapa tips membentuk pola makan sehat kepada anak :

pola makan sehat pada anak

  • Beri latihan cukup agar keterampilan anak dalam hal makan bisa terus berkembang, beri banyak kesempatan baginya untuk berlatih. Walaupun akan memakan waktu lebih lama, biarkan anak makan sendiri dan jangan terlalu sering menyuapinya.
  • Pilihkan peralatan makan dengan warna-warna dan gambar-gambar yang menarik baginya, agar ia bersemangat untuk makan sendiri. Sekarang banyak sekali dijual di pasaran berbagai alat makan yang menarik untuk anak. Dampingi si kecil dalam kegiatan makannya sehingga ketika ia salah memegang sendok, Anda bisa mengoreksinya.
  • Agar anak terbiasa mengkomsumsi makanan sehat, biasakan memberikan pujian padanya ketika ia menghabiskan susunya atau ketika ia menolak tawaran permen dari temannya. Dengan memberikan pujian, akan lebih efektif  daripada harus dimarahi.
  • Pentingnya menerapkan disiplin kepada anak. Sama halnya dengan penanaman kebiasaan-kebiasaan baik lainnya, untuk membiasakan pola makan sehat kepada anak juga dibutuhkan disiplin. Disiplin didefinisikan sebagai serangkaian aturan-aturan, ganjaran-ganjaran dan hukuman-hukuman yang ditujukan untuk membentuk kontrol diri anak. Meningkatkan dilakukannya berbagai perilaku yang diharapkan dari anak dan mengurangi dilakukannya berbagai perilaku yang tidak diharapkan dari anak.
  • Agar pola makan sehat bisa terbentuk pada diri anak, orang tua harus seia sekata dalam menerapkan disiplin ini. Misalnya kalau mama sudah membuat aturan, permen hanya boleh dimakan di akhir minggu saja, maka papa harus juga menerapkan aturan yang sama.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, diharapkan anak memiliki pola makan sehat sampai ke masa dewasanya kelak. Masa dewasa adalah masa di mana kontrol dari orang tua sudah berkurang dan anak harus bisa mengontrol dirinya sendiri. Demikianlah tips membentuk pola makan sehat kepada anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website