SHARE

Banjir adalah sebuah fenomena alam yang tidak dapat diprediksi oleh siapa pun dan tidak diharapkan oleh semua orang. Di Indonesia, banjir sudah menjadi hal biasa karena setiap tahun sebagian besar wilayah yang ada di Indonesia selalu menjadi langganan banjir. Bencana alam, seperti banjir itu tentunya merugikan orang banyak. Seseorang bisa kehilangan harta bendanya akibat banjir.

Selain itu, kerugian lain yang didapat adalah kondisi rumah yang mengalami banyak kerusakan. Dan yang tidak dapat dihindari pasca banjir adalah  membuat barang-barang di dalam rumah  terendam, kotor atau bahkan jadi rusak. Selain itu, rumah yang terkena banjir sangat rawan terhadap bersarangnya wabah penyakit. Dengan tindakan yang tepat, maka penyakit dapat terhindarkan. Olehnya itu sebisa mungkin setelah banjir berlalu, rumah harus segera dibersihkan. Dalam artikel kali ini berbagisolusi.com akan berbagi tips membersihkan rumah pasca banjir. Simak yah!

banjir

Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Berikut ini beberapa tips membersihkan rumah pasca banjir :

  • Jangan lupa mematikan aliran listrik di area yang ingin dibersihkan. Aliran listrik yang masih menyala dapat membahayakan nyawa Anda jika ternyata masih ada air yang tergenang. Hal ini harus dilakukan pertama kali dikarenakan kekhawatiran tersetrum listrik lewat genangan air yang masih ada di beberapa bagian rumah.
  • Untuk membersihkan semua kotoran pasca banjir sebaiknya selalu menggunakan sarung tangan, alas kaki dan juga masker. Hal ini agar tubuh tidak terkontaminasi kuman dan penyakit yang terbawa dari banjir yang melanda.
  • Setelah banjir surut ada beberapa bagian rumah yang masih tergenang air. Anda perlu menyedot air tersebut agar tidak timbul sarang penyakit. Setelah itu semprot rumah dengan selang berisi air bersih agar lumpur banjir tersapu dengan baik.
  • Agar udara segar masuk ke dalam rumah semua ventilasi dan lubang udara sebaiknya dibuka. Biarkan udara pengap dan berbau dalam rumah mengalir ke luar dan digantikan dengan udara baru yang lebih segar. Udara yang masuk juga bisa mencegah timbulnya jamur.
  • Setelah membersihkan seluruh ruangan maka cairan desinfektan juga harus disemprotkan agar jamur dan kuman tidak berkembang biak .
  • Membersihkan sofa dan karpet yang terkena banjir membutuhkan perhatian khusus. Jika memungkinkan, kita bisa menggunakan jasa binatu profesional. Jika tidak, sofa dan karpet harus dilakukan secara hati-hati agar rusak.
  • Benda yang basah sebaiknya juga segera dikeringkan agar tidak berjamur dan meninggalkan noda permanen. Biasanya hal ini terjadi pada barang-barang yang mudah basah seperti pakaian, selimut, handuk, bahan kain. Cuci segera perabotan tersebut dengan sebelumnya direndam pada air panas untuk mengangkat kotoran dan mematikan bakteri.
  • Rebus Peralatan Makan. Penyakit pencernaan paling mudah terjangkit pasca banjir. Agar terhindar, rebuslah peralatan makan yang terbuat dari logam selama 5 – 10 menit, atau setidaknya disiram menggunakan air mendidih.

Nah itulah beberapa tips membersihkan rumah pasca banjir. Semoga bermanfaat dan selamat bersih-bersih!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.