Tips memilih dan menggunakan soflens tentunya dibutuhkan oleh beberapa orang yang baru saja tertarik untuk mengenakan soflens. Soflens adalah alternatif yang baik bagi yang tidak ingin menggunakan kacamata lagi, tapi tentu ada beberapa risiko yang harus siap ditanggung apabila pemilihan dan penggunaan kontak lens dengan tidak tepat. Tips memilih dan menggunakan soflens berikut ini penting untuk disimak untuk membantu kita menemukan soflens yang tepat dan menjauhkan kita dari iritasi pada mata.

tips memilih soflens

Tips Memilih dan Menggunakan Soflens Secara Tepat

Mari kita lihat apa saja langkah yang perlu diperhatikan ketika memilih soflens yang aman dipakai.

  • Menyesuaikannya dengan minus mata kita adalah penting apabila penggunaan soflens memang untuk mendukung kesehata mata yang menderita minus.
  • Memerhatikan diameter soflens juga hendaklah dilakukan karena setiap orang memiliki ukuran bola mata yang berbeda-beda. Jadi, cara memilih dan cara menggunakan soflens bagi pemula perlu diawali dari diameter yang benar lebih dulu.
  • Memperhatikan ketipisan dan kadar airnya juga penting apalagi kalau ingin menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Semakin tipis dan tinggi kadar air sebuah soflens, tentu akan makin nyaman juga sewaktu dikenakan.
  • Memilih warna yang tepat, seperti soflens warna coklat atau hitam pasti sangat cocok bagi Anda yang memang tujuannya adalah untuk kesehatan mata dan sebagai pengganti kacamata. Namun, apabila hanya untuk tujuan dekoratif, tentunya ada berbagai warna yang bisa ditemukan di luar sana.
  • Mengecek kadaluarsa dari soflens supaya bisa mencegah mata iritasi. Itulah pentingnya mengetahui cara memilih dan cara menggunakan soflens untuk pemula; bila memilih yang kadaluarsa, parahnya selaput mata kita bisa rusak.

Cara Memakai Soflens dengan Benar.

Setelah memilih dan membelinya, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara penggunaan soflens yang benar-benar tepat supaya mata Anda tidak terancam iritasi atau rusak.
cara memakai soflens

  • Cucilah tangan lebih dulu sebelum memakai soflens dan gunakan sabun antiseptik supaya segala kuman dan bakteri tidak tersisa dan menempel pada soflens.
  • Jangan memasang soflens sesaat setelah Anda memakai body lotion karena akan ada zat-zat kimia yang bisa saja menempel di soflens sehingga mata menjadi sakit.
  • Sebelum memegang soflens pun, pastikan tangan sudah kering benar-benar setelah mencuci tangan.
  • Pastikan bahwa ketika tidak digunakan, soflens terus berada di dalam cairan khusus soflens, alias terendam di sana. Tidak hanya cara memakai soflens yang baik dan benar saja yang perlu diperhatikan, peletakannya pun kudu tepat.
  • Sebelum memasangnya pada mata, kedua sisi soflens bisa digosok dengan cairan pembersih yang didesain khusus untuk soflens, namun lakukan dengan hati-hati.
  • Sebelum memakainya, pastikan bahwa soflens tidak dalam keadan sobek atau tidak terdapat kotoran di sana.
  • Tidak hanya kebersihan tangan, kebersihan kuku pun perlu diperhatikan dan ada baiknya memotongnya lebih dulu sebelum memakai soflens. Soflens bisa tergores karena terkena kuku.
  • Tips memilih dan menggunakan soflens yang terakhir adalah pastikan kelopak mata bawahlah yang ditarik dengan jari tengah Anda, sedangkan soflens yang akan dipasang bisa diletakkan pada jari telunjuk. Arahkan bola mata kea rah atas dan barulah soflens bisa dipasang. Kalau sudah terasa menempel, mata harus segera dikedip-kedipkan supaya menggerakkan soflens ke kornea mata.

Risiko Penggunaan Soflens

Setelah mengetahui beberapa tips memilih dan menggunakan soflens, pastikan juga Anda sudah tahu akan beberapa risiko yang dapat terjadi selama menggunakan soflens.

Soflens pecah di dalam mata.

Hal ini sangat mungkin apabila Anda tidur sambil mengenakannya. Soflens yang pecah juga bisa terjadi karena kada air dan oksigen yang kurang. Untuk menghindari bahaya satu ini, keluarkan dulu soflens apabila hendak tidur, dan saat akan melepaskan maupun menggunakannya pun teteskan tetes mata khusus.

Soflens terlalu ketat atau malah terlalu longgar.

Waspadalah akan hypoxia atau keadaan di mana soflens bisa terlalu ketat atau longgar saat dikenakan. Untuk itulah penting mengetahui tips memilih dan menggunakan soflens supaya saat memilih, kita bisa mendapatkan ukuran soflens yang benar-benar sesuai dengan keadaan mata kita. Bila kandungan air mata kita banyak, coba kenakan soflens yang kadar airnya lebih rendah, atau sebaliknya.

Mata merah atau iritasi.

Kondisi ini merupakan kondisi paling umum terjadi pada pengguna soflens, entah itu dikarenakan penggunaan terlalu lama atau memang pemakaiannya kurang tepat. Penting juga memastikan bahwa soflens bebas debu dan tangan serta kuku juga wajib tetap steril saat memasangkan kontak lens tersebut.

***

Semoga informasi risiko pemakaian soflens berikut tips memilih dan menggunakan soflens di atas bisa membantu, khususnya bagi para pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website